Comscore Tracker

Cerita Cast Keluarga Cemara the Series, Bikin Lagu Saat Break Syuting

Kafin, Widuri, dan Joshia juga alami kesulitan atur waktu

Jakarta, IDN Times - Bermain di versi serial Keluarga Cemara, Kafin Sulthan, Widuri Puteri, dan Joshia Frederico membagikan cerita mereka selama proses syuting kepada IDN Times saat berkunjung ke kantor IDN Media di Jakarta pada Rabu (5/10/2022).

Ternyata gak cuma di layar, chemistry mereka dari balik kamer juga erat, lho. Bekerja bareng sejak film pertama Keluarga Cemara membuat para cast sudah saling dekat satu sama lain, bahkan dengan krunya. Gak heran kalau menurut mereka, suasananya cair banget.

Yuk, simak cerita para cast Keluarga Cemara the Series tersebut di bawah ini!

1. Perkembangan karakter Geng Kampung dan Ara jadi lebih kaya di Keluarga Cemara the Series

Cerita Cast Keluarga Cemara the Series, Bikin Lagu Saat Break SyutingKafin Sulthan, Widuri Puteri, dan Joshia Frederico saat wawancara dengan IDN Times di IDN Media HQ pada Rabu (6/9/2022). (IDN Times/Ines Sela Melia)

Keluarga Cemara the Series fokus pada cerita Geng Kampung. Geng tersebut berisi 5 sekawan anak SMA yang diperankan oleh Adhisty Zara, Kafin Sulthan, Yasamin Jasem, Kawai Labiba, dan Joshia Frederico.

Saat diwawancarai oleh IDN Times, Kafin dan Joshia merasakan adanya perkembangan karakter Geng Kampung yang jadi lebih kaya dalam versi serialnya ini. Sebab, masing-masing kehidupan anggota Geng Kampung turut diceritakan di sini.

"Kehidupan di balik sekolah Geng Kampung itu lebih tereksplor, jadi character development-nya lebih kaya," ujar Kafin Sulthan.

Selain Kafin dan Joshia yang tergabung di Geng Kampung, karakter Ara atau Cemara yang dimainkan oleh Widuri Puteri juga terasa berkembang. Menurut Widuri, Ara jadi lebih bertanggung jawab dan mengerti situasi yang sedang dialami oleh keluarganya.

"Ara jadi lebih bertanggung jawab, karena ada Agil (karakter anak bungsu) dan mengerti situasi, kayak bantu Emak yang buka usaha," pungkas Widuri Puteri.

2. Latar belakang yang saling melengkapi dan kreativitas tanpa batas jadi ciri khas Geng Kampung, lho

Cerita Cast Keluarga Cemara the Series, Bikin Lagu Saat Break SyutingKafin Sulthan dan Joshia Frederico saat wawancara dengan IDN Times di IDN Media HQ pada Rabu (6/9/2022). (IDN Times/Ines Sela Melia)

Setiap persahabatan pasti memiliki ciri khasnya tersendiri. Begitu pula dengan Geng Kampung di Keluarga Cemara the Series.

"Geng Kampung itu punya kreativitas setiap saat. Jadi tiap saat bisa mikirin apa aja gitu," ujar Joshia.

Lain halnya dengan Kafin. Ia melihat latar belakang berbeda dari masing-masing karakter Geng Kampung menjadi ciri khas mereka, lho. Baginya, latar belakang itu justru bisa saling melengkapi satu sama lain.

"Masing-masing anggota Geng Kampung punya latar belakang yang berbeda dan itu yang justru saling melengkapi dalam persahabatan mereka," sambung Kafin.

Baca Juga: Perbedaan Film dan Series Keluarga Cemara, Wajib Diikuti Semuanya!

3. Kafin dan Joshia bagikan nasihat dari para senior dalam berakting

Cerita Cast Keluarga Cemara the Series, Bikin Lagu Saat Break SyutingKafin Sulthan dan Joshia Frederico saat wawancara dengan IDN Times di IDN Media HQ pada Rabu (6/9/2022). (IDN Times/Ines Sela Melia)

Sebagai aktor muda, Kafin dan Joshia juga mendapat saran dari para senior mereka yang juga tergabung dalam Keluarga Cemara the Series. Nasihat-nasihat membangun itu pun menjadi motivasi tersendiri bagi keduanya dalam mengasah kemampuan akting, terutama kala berperan di serial  ini.

Bagi Kafin, nasihat yang paling ia ingat adalah dari Irgi Achmad Fahrezi yang berperan sebagai Ayah Deni di Keluarga Cemara the Series. Irgi memberi saran kepada Kafin untuk mencoba membangun suasana dalam suatu adegan, ketimbang menghafalkan kata per kata dalam dialog di skenario.

Sedangkan menurut Joshia, nasihat dari acting coach Yayu Unru adalah yang paling diingatnya. Kala itu Yayu Unru mengatakan, seorang pelaku seni peran yang baik tidak memanis-maniskan perannya sendiri. Itulah yang akhirnya tertanam dalam pikiran Joshia untuk tetap menjadi diri sendiri, meskipun ada karakter lain yang harus ia perankan.

4. Kafin, Widuri, dan Joshia sempat kesulitan untuk mengatur waktu kuliah atau sekolah dengan syuting, lho

Cerita Cast Keluarga Cemara the Series, Bikin Lagu Saat Break SyutingKafin Sulthan, Widuri Puteri, dan Joshia Frederico saat wawancara eksklusif dengan IDN Times di IDN Media HQ pada Rabu (6/9/2022). (IDN Times/Ines Sela Melia)

Kafin, Widuri, dan Joshia harus memainkan peran ganda dalam kesehariannya. Sebab, mereka tidak hanya menjadi artis, tapi juga tetap menjalankan kewajiban sebagai seorang siswa maupun mahasiswa.

Di balik itu pun mereka sempat mengalami kesulitan untuk mengatur waktu demi pendidikan maupun syuting mereka. Bahkan, Joshia mengaku sampai pindah sekolah, lho.

"Awalnya agak kesulitan, jadi aku convert dari sekolah biasa tiba-tiba homescooling," ucap Joshia.

Widuri juga mengakui bahwa ia sempat alami kebingungan untuk mengatur jadwal syuting dan tugas-tugasnya yang menumpuk. Pindah sekolah pun juga pernah dialami oleh anak kedua pasangan Dwi Sasono dan Widi Mulia ini.

"Tugasnya banyak banget, aku gak tahu harus mulai dari mana. Akhirnya juga aku pindah sekolah dan jadwalku sekarang jadi lebih gampang diatur," sambung Widuri.

Struggle yang dialami Widuri pun juga dialami oleh Kafin. Apalagi ia sekarang sedang menempuh perkuliahan di semester-semester akhir.

"Struggle-nya sama kayak Widuri. Tapi, intinya apa pun yang bisa dilakukan detik ini langsung dikerjakan," tutup Kafin.

5. Kafin dan Joshia suka bikin lagu saat break syuting, lho

Cerita Cast Keluarga Cemara the Series, Bikin Lagu Saat Break SyutingKafin Sulthan dan Joshia Frederico saat wawancara eksklusif dengan IDN Times di IDN Media HQ pada Rabu (6/9/2022). (IDN Times/Ines Sela Melia)

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika seorang artis sedang menunggu take session atau break syuting? Mungkin kamu akan berpikir jika mereka akan tidur, bercanda dengan pemain lain, atau mengisi perut sebelum syuting kembali di mulai.

Namun, hal yang cukup unik justru dilakukan Kafin dan Joshia di sela-sela waktu istirahat syuting mereka, yaitu bikin lagu. Bahkan menurut Kafin, lirik dari lagu yang dirinya dan Joshia kerap kali dipicu oleh kru-kru yang ada di lokasi syuting, lho.

"Bikin lagu dan liriknya banyak di-trigger sama kru-kru di sana. Kita udah bikin grup chat, jadi udah ada kiriman ide-ide buat lirik," ujar Kafin yang diselingi dengan bercanda.

Kafin, Widuri, dan Joshia adalah salah tiga pemeran dari serial Keluarga Cemara the Series. Kalau kamu mau menonton aksi mereka di serial tersebut bisa langsung menyaksikannya di Disney+ Hotstar, ya!

Baca Juga: Keluarga Cemara The Series Angkat Kisah Euis dan Geng Kampung

Topic:

  • Ines Sela Melia
  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya