Comscore Tracker

Sadar Isu, 5 Film Ernest Prakasa Ini Sindir Masalah Sosial Dekat Kita

Tontonan akhir pekan yang bikin penasaran

Ernest Prakasa berkarier sebagai seorang stand up comedian yang kini aktif di belakang layar, tak hanya sekadar membuat film, Ernest seringkali menyelipkan pesan mendalam di setiap filmnya dengan mengangkat isu-isu di tanah air. Beberapa film yang ada, dirangkum dalam daftar berikut ini. Apa saja?

1. Cek Toko Sebelah

https://www.youtube.com/embed/r9NJveLN3zI

Mendapatkan penghargaan sebagai salah satu film bioskop terpuji pada Festival Film Bandung tahun 2017 membuat Cek Toko Sebelah melengkapi kesuksesannya.

Tidak hanya sekadar memberi humor, film yang dibintangi langsung oleh Ernest ini mengangkat berbagai permasalahan sosial yang terjadi antara hubungan kakak beradik, pesaing bisnis, dan gengsi anak masa kini yang sudah menggantungkan pendidikan setinggi-tingginya namun skeptis membantu usaha keluarga yang notabene masih berada di bawah.

2. Susah Sinyal

https://www.youtube.com/embed/MbZtoOuRpyU

Terkadang kita merasa sudah jadi orangtua yang sempurna bagi anak-anaknya, namun pada kenyataan yang ada, justru kita tak sedikit pun mencapai ekspektasi mereka. 

Hal itu yang terjadi pada Adinia Wirasti yang berperan sebagai orangtua tunggal yang sibuk dengan pekerjaannya, semua urusan sang anak dilimpahkan kepada neneknya sehingga kala sang nenek tiada, sang anak pun merasa dunianya kembali kosong.

Berusaha memperbaiki keadaan, Adinia justru dihadapkan pada pilihan yang berat antara karier dan keluarga.

3. Stip & Pensil

https://www.youtube.com/embed/spIsyTJ0DS8

Stigma anak orang kaya yang sombong dan angkuh jadi poin di mana film ini bercerita, keempat anak paling menonjol di sekolah harus mendapat penindasan atas kerja keras mereka yang dianggap sebagai bentuk penggampangan dari uang yang dimiliki, demi menghapus pandangan tersebut, keempatnya berinisiatif membangun sekolah khusus anak jalanan yang tinggal di pinggiran kota.

Keputusan yang justru mempertaruhkan reputasi mereka ke depannya.

Baca Juga: 10 Momen Seru Pasangan Ernest & Meira Kerja Bareng di Film Imperfect

4. Imperfect

https://www.youtube.com/embed/f4Sc26vQHcU

Jadi salah satu film penutup tahun 2019 paling dinanti, Imperfect coba mengangkat isu-isu body shaming serta definisi cantik di mata individu.

Kisah ini menjadikan Jessica Mila, seorang perempuan bertubuh gemuk yang berjuang ekstra melawan stigma masyarakat tentang bagaimana semestinya perempuan bersolek. Di mana kasus ini menjadi momok menakutkan terutama di ranah media sosial yang mana kita seringkali tak dapat memahami perasaan satu sama lain.

5. Ghost Writer

https://www.youtube.com/embed/hFGOxCTcuiM

Bersama Chand Parwez, kali ini Ernest coba mengangkat tema horor yang dipadukan bersama komedi untuk menyinggung kisah egoisme berbalut isu bunuh diri.

Tentunya, film ini menyajikan pesan tentang bagaimana perasaan seorang anak dan orangtua yang kerap saling menyalahkan. Hubungan kakak dan adik yang sering disalahpahami sebagai bentuk ketidakadilan serta pentingnya diskusi dalam sebuah keluarga.

Itu adalah kelima film Ernest Prakasa yang menyimpan pesan tentang masalah sosial yang santer beredar di masyarakat saat ini, kalau kamu sudah tonton yang mana?

Baca Juga: Rayakan Ultah Bareng, 10 Kekompakan 2 Anak Ernest Prakasa

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya