Comscore Tracker

Rekomendasi 5 Film Dokumenter Bertema Kerusakan Lingkungan Alam

Yuk, nonton biar makin cinta lingkungan

Tak perlu melalui penelitian ilmiah atau membaca jurnal maupun artikel tentang kerusakan lingkungan, kamu bisa dengan sendirinya mengamati perubahan yang terjadi di sekitarmu. Mulai dari sampah yang menggunung hingga langit malam yang kini sepi tanpa bintang.

Jika kamu ingin mengetahui tentang kerusakan lingkungan lebih lanjut di seluruh belahan dunia, kamu bisa menonton lima film dokumenter berikut ini yang menyajikan informasi berdasarkan yang terjadi di lapangan tentang rusaknya lingkungan.

1. Sexy Killers

https://www.youtube.com/embed/qlB7vg4I-To

Film dokumenter buatan Watchdoc ini sempat menuai kontoroversi karena dirilis menjelang pemilu 2019 dan berisikan informasi kerusakan lingkungan yang menyeret petinggi negara termasuk kedua pasangan capres-cawapres.

Sexy Killers menyampaikan pesan tentang penggunaan bahan bakar konvensional seperti BBM tak hanya membuat polusi udara dengan asap yang dihasilkannya tetapi juga dalam pembuatannya yang membuat lingkungan tercemar bahkan dampaknya dirasakan oleh masyarakat sekitar.

Watchdoc juga mengunggah bagian video yang terpotong dari Sexy Killers yakni kemajuan di Eropa yang mulai memanfaatkan energi terbaru yang terbukti tidak menimbulkan polusi sama sekali. Menariknya, pemerintah di negeri sana mendukung masyarakatnya untuk memakai energi ramah lingkungan.

2. Get Exinantion

https://www.youtube.com/embed/MwxyrLUdcss

Film dokumenter ini menyoroti perburuan dan perdagangan hewan seperti hiu dan pari secara berlebihan untuk obat-obatan maupun untuk menunjukkan status sosial yang membuat beberapa hewan tersebut terancam punah. 

Menariknya, beberapa orang dalam film dokumenter ini mengajak masyarakat untuk menjaga kelangsungan hidup makhluk lain dan lingkungan dengan cara menampilkan tayangan hologram di berbagai gedung pencakar langit.

Baca Juga: 5 Film Korea Tentang Depresi ini Bikin Kamu Berempati 

3. Trashed

https://www.youtube.com/embed/5z2s_klZkFg

Sesuai judul filmnya, Trashed mengangkat isu konsumerisme masyarakat dunia yang cenderung meninggalkan sampah yang sulit diuraikan oleh tanah seperti plastik makanan, sedotan/pipet atau kantong belanja. 

Film dokumenter ini menyajikan fakta mencengangkan yakni setiap tahun bumi harus menanggung 58 miliar sampah gelas sekali pakai, belum termasuk sampah elektronik maupun sampah rumah tangga lainnya dan hampir semuanya tidak didaur ulang kembali.

4. Chasing Ice

https://www.youtube.com/embed/HqknAn_3QpI

Dengan mengangkat isu perubahan iklim secara global, film dokumenter ini memberikan bukti jika suhu dunia semakin meningkat ditandai dengan banyaknya gunung es di kutub yang mencair dan mengakibatkan naiknya permukaan air laut.

Jika hal ini terus terjadi, bukan hal yang mustahil jika di masa depan air laut yang terus meninggi tersebut mengakibatkan kepunahan makhluk hidup jika tidak ada usaha pencegahan maupun penanggulangan yang dilakukan sejak dini.

5. Blackfish

https://www.youtube.com/embed/fLOeH-Oq_1Y

Bermula dari kasus penyerangan hewan pertunjukan yang menyerang manusia, film dokumenter ini menyoroti eksploitasi hewan laut seperti paus pembunuh yang ditangkap secara berlebihan untuk tujuan hiburan dan edukasi.

Blackfish menyajikan proses penangkapan hewan laut yang tidak patut dicontoh, bagaimana oknum tertentu mengajarinya hingga proses menunjukkannya ke publik yang pastinya malah meraih sorak gempita dan tepuk tangan.

Inti dari semua film dokumenter di atas adalah mari kita semua menjaga lingkungan dan mahluk lain dari kerusakan maupun kepunahan untuk kebaikan diri kita sendiri dan anak-cucu kita di masa yang akan datang.

Nah, dari kelima film dokumenter diatas, yang mana sudah kamu tonton ? bagaimana juga pendapatmu setelah menonton film tersebut ? yuk bagikan pendapatmu di kolom komentar.

Baca Juga: 6 Film Horor Brazil yang Ceritanya Mengerikan, Sudah Nonton?

Irvin Photo Community Writer Irvin

Love what you do

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You