Comscore Tracker

Wahai Tunas Bangsa, 5 Film Inspiratif Soal Pramuka Ini Wajib Ditonton

Banyak pesan moralnya!

Kepramukaan merupakan suatu proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan keluarga dalam bentuk kegiatan yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan. Saat ini Film bertema pramuka memang kurang diminati oleh generasi muda. Padahal ada beberapa film baik didalam negeri maupun luar negeri yang menyisipkan pesan moral untuk pembangunan karakter generasi bangsa. 

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai film bertema pramuka yang wajib kamu tonton.

1. 759: Boy Scouts of Harlem

https://www.youtube.com/embed/gEd39TMaWmw

Film ini rilis pada tahun 2009 menceritakan tentang empat orang Pramuka dan dua pemimpin Pramuka. Mereka melakukan perjalanan dari Harlem hingga hutan Camp Keowa di Crystal Lake.

Seorang anak pramuka baru, Keith Dozier yang berusia sebelas tahun menghabiskan minggu pertamanya di perkemahan dengan menghadapi tantangan di hutan. Tantangan tersebut seperti tes dermaga di danau yang dalam, makhluk-makhluk malam, menara panjat, ruang makan parau, dan lainnya. Dengan bantuan dari sesama anak Pramuka dan Kepala Pramuka Sowah, Keith dapat menghadapi tantangan dan mendapatkan makna dari arti Pramuka. 

2. Scout Camp

https://www.youtube.com/embed/jsuIzeqgSYw

Film ini rilis pada tahun 2009 menceritakan tentang kepramukaan dengan sudut pandang komedi. York Hayes yang diperankan oleh Shawn Carter mengikuti sebuah perkemahan pramuka dan merasakan langsung bagaimana kehidupan pramuka yang sebenarnya.

York Hayes dapat mempelajari semua ketentuan dan peraturan perkemahan pramuka tersebut. Scout Camp merupakan film positif karena film ini mengajak kita untuk tidak selalu serius melihat pramuka. Namun masih banyak hal yang seru lainnya dalam perkemahan pramuka. 

3. 5 Elang

https://www.youtube.com/embed/gj3r5XDPuac

Film ini rilis pada tahun 2011 menceritakan tentang seorang anak yang bernama Baron. Ia terpaksa mengikuti orangtuanya untuk pindah ke Balik Papan.

Hingga akhirnya Baron harus mengikuti perkemahan pramuka untuk mewakili sekolahnya. Padahal sebenarnya Baron sendiri tidak terlalu menyukai kepramukaan. Dalam kegiatan perekamahan tersebut, Baron harus beregu dengan anak lain yang memiliki karakter dan keahlian yang berbeda-beda. Banyak hal yang terjadi yang akhirnya dapat mengubah cara pandang Baron pada Kepramukaaan.

Baca Juga: Patut Dicontoh! Kwarcab Kutim Kirim 5 Pramuka ke Thailand

4. Hasduk Berpola

https://www.youtube.com/embed/fE6OJzDcCrc

Film ini rilis pada tahun 2013 menceritakan tentang kehidupan keluarga Masnun, veteran pejuang 45 yang hidup tidak jelas di Surabaya yang memutuskan pindah ke kota asalnya, Bojonegoro. Hingga akhirnya kehidupan mereka menjadi semakin terpuruk. Sang cucu, Budi yang berusia 12 tahun tertantang untuk mengalahkan rivalnya, Kemal, yang aktif di kegiatan Pramuka. Tapi karena kondisi keuangan yang tidak memungkinkan, Budi tidak bisa membeli semua perlengkapan kepramukaan.

Film ini mengisahkan bagaimana Budi berjuang memenuhi kewajibannya. Hal ini akhirnya membuat adiknya Bening iba dan rela mengorbankan seprei kesayangannya demi dibuat hasduk untuk kakaknya. Film sederhana penuh pesan moral dan kebangsaan ini ditutup dengan adegan yang menggetarkan sisi nasionalisme kita sebagai bangsa Indonesia. 

5. Laskar Semut Merah

https://www.youtube.com/embed/Q9U1QxcrgZY

Film ini rilis pada tahun 2014 menceritakan tentang persahabatan dan petualangan 5 anak perempuan dalam kegiatan kepramukaan. Mereka menamakan kelompoknya dengan regu Semut Merah.

Dengan perasaan penuh bahagia, mereka tidak menyadari bahwa akan ada yang mengancam mereka. Fim ini merupakan film drama musikal anak-anak. Dengan diringi musik dan lagu yang menakjubkan serta dengan adegan yang seru dan lucu membuat film ini wajib kamu tonton.

Gimana guys tertarik dengan film bertema kepramukaan ini Bukan? Film ini pastinya akan memberikan pesan moral yang baik. Selamat menonton!

Baca Juga: 10 Potret Seragam Pramuka dari Berbagai Negara, Gagah dan Keren!

Ismi Marfuah Photo Verified Writer Ismi Marfuah

Mahasiswa Matematika Unnes 2016 || Temukan aku dalam tulisanku ||

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya