Comscore Tracker

Down Swan: Film Keluarga Penuh Inspirasi Mengenai Down Sydrome

Banyak pelajaran yang bisa diambil loh

Buat kalian yang bingung untuk mengajak nonton film bertema keluarga, bisa menonton film Down Swan yang akan tayang serentak di seluruh bioskop Indonesia pada 23 Mei 2019. Film bertema keluarga ini mempunyai banyak pelajaran yang bisa kamu petik, terutaman tentang down syndrome.

IDN Times berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan Putri Ayudya dan Arina Dhisya mengenai film ini. Bagaimana keseruannya? Yuk simak berikut ini!

1. Sinopsis film Down Swan

Down Swan: Film Keluarga Penuh Inspirasi Mengenai Down Sydromeinstagram.com/filmdownswan

Down Swan sendiri menceritakan tentang dua pasangan muda yang sedang menanti kelahiran sang buah hati yakni, Bisma (Ario Wahab) dan Mitha (Putri Ayudya). Namun, saat memeriksakan kandungan mereka mendapatkan kabar yang sangat mengejutkan di mana dokter mengatakan bahwa anak yang ada pada kandungan Mitha memiliki kecenderungan Down Syndrome. Tentu hal ini cukup susah diterima khususnya sang Ibu, Mitha.

Sang buah hati pun lahir dan tumbuh menjadi gadis yang lucu bernama Nadia (Arina Dhisya). Mitha masih susah untuk menerima kenyataan sang anak tumbuh mempunyai Down Syndrome. Terlebih saat Nadia mempunyai cita-cita sebagai balerina, di mana itu adalah salah satu seni kesukaan sang ibu.

2. Melakukan workshop untuk mendalami peran

Down Swan: Film Keluarga Penuh Inspirasi Mengenai Down SydromeIDN Times/Jihaan Risviani Tabriiz

Putri dan Dhisya mengatakan untuk mendalami karakter sebagai anak Down Syndrome dan Ibu yang memiliki anak Down Syndrome, mereka harus mengikuti workshop. Bahkan Dhisya mengikuti workshop hingga sebulan. Selain itu, Putri mengatakan bahwa ia menggunakan seluruh pengalaman pribadinya khususnya saat ia berperan sebagai ibu pada film-film sebelumnya untuk mendalami karakter.

Karena waktu yang mepet, Putri tidak sempat melakukan wawancara langsung dengan ibu-ibu yang memiliki anak Down Syndrome. Wah salut ya guys untuk mereka berdua! demi sebuah film, mereka benar-benar serius dalam pendalaman karakter.

Baca Juga: 10 Film yang Tunjukkan Betapa Sulitnya Jadi Orang Dewasa

3. Menambah pengetahuan tentang Down Syndrome

Down Swan: Film Keluarga Penuh Inspirasi Mengenai Down SydromeIDN Times/Jihaan Risviani Tabriiz

Dhisya mengatakan ia sangat senang saat dihubungi untuk memainkan film ini. Selain itu, ini adalah tantangan yang cukup besar di mana ia harus memerankan seseorang yang memiliki latar belakang Down Syndrome. Artis cilik ini mengatakan bahwa karena workshop bersama anak Down Syndrome, ia menjadi sangat dekat dengan mereka bahkan sampai mereka menganggap Dhisya sebagai adiknya. Wah, gemas ya!

Fyi, walaupun syuting yang padat, Dhisya tetap bisa mengimbangi antara sekolah dengan syutingnya. Hal tersebut dibuktikan dengan ia mendapatkan ranking dua di sekolah. Keren banget kan guys!

4. Nilai-nilai yang ingin disampaikan melalui film ini

Down Swan: Film Keluarga Penuh Inspirasi Mengenai Down SydromeIDN Times/Jihaan Risviani Tabriiz

Putri mengatakan bahwa melalui film ini, banyak nilai-nilai yang bisa diambil oleh para penonton bahkan para cast nya sendiri.

"Yang pertama, bahwa kita jadi tahu setiap orang punya perjuangannya sendiri-sendiri. Kita jadi tahu bahwa Down Syndrome punya dunianya sendiri. Tapi buat mereka juga orang normal mempunyai dunianya sendiri," ujar Putri.

Ia melanjutkan bahwa film ini juga memuat pesan bahwa semua orang berbeda dan semua orang istimewa. Film ini tentunya didedikasikan untuk para orang tua yang memiliki anak-anak berkebutuhan khusus, khususnya Down Syndrome bahwa mereka tidak sendirian.

Siapa nih yang udah siap untuk menonton film ini? Jangan lupa catat tanggalnya ya!

https://www.youtube.com/embed/t77cpI9gqEw

Baca Juga: Kisahkan Anak Perbatasan NTT-Timor Leste, 4 Fakta Rumah Merah Putih  

Topic:

  • Jihaan Risviani
  • Erina Wardoyo

Just For You