Comscore Tracker

5 Anime Ini Bisa Bikin Penontonnya Kena Mental, Berhati-hatilah!

Nonton anime ini bukannya terhibur, malah ikut stres

Sebuah tayangan biasanya menjadi media hiburan bagi penontonnya setelah penat menjalani kegiatan seharian. Namun, tak sedikit juga tontonan yang justru tak menghibur sang penontonnya dan malah memengaruhi kondisi pikiran serta mental penonton secara negatif.

Kasus seperti ini tak jarang dirasakan oleh para penggemar serial anime. Itu karena tak sedikit serial anime dengan cerita yang kelam dan menghadirkan filosofi ekstrem, seperti tujuh anime ini. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Made in Abyss (2017)

https://www.youtube.com/embed/kqBNQEUI8dM

Lucu dan menggemaskan adalah dua hal yang mungkin terpikirkan oleh banyak orang saat pertama kali melihat desain karakter Made in Abyss. Walaupun memiliki desain layaknya karakter chibi, serial produksi Kinema Citrus ini tak segan menyajikan adegan yang mengerikan.

Bagaimana setiap karakter berpikir hal mengerikan tersebut terlihat biasa membuat serial ini semakin menakutkan. Besar kemungkinannya, kondisi pikiran dan mental penonton serial ini dapat terganggu oleh beberapa adegan mengerikan di dalamnya.

2. Psycho-Pass (2012)

https://www.youtube.com/embed/b_A_wsT5WQE

Psycho-Pass adalah sebuah serial yang berkisah mengenai terciptanya teknologi canggih dan sebuah senjata bernama Dominator yang bisa mendeteksi koefisien kejahatan seseorang. Teknologi tersebut dapat mengukur seberapa besar kemungkinan seseorang melakukan kejahatan.

Sebenarnya, serial musim gugur 2012 ini begitu seru karena punya cerita tak pasaran. Meskipun begitu, penonton perlu berhati-hati sebab Psycho-Pass menghadirkan beberapa adegan sadis yang bukan hanya mengerikan, tapi juga menguras emosi. Belum lagi, beberapa konsep berpikir dalam serial ini mungkin saja berpengaruh juga pada pola berpikir penontonnya.

Baca Juga: 10 Anime Sedih Terbaik yang Menyayat Hati, Siap-Siap Tisu!

3. Attack on Titan (2013)

https://www.youtube.com/embed/KKzmOh4SuBc

Walaupun punya cerita seru dan penggemar yang tak terhitung jumlahnya, Attack on Titan juga punya sisi gelap yang salah satunya memengaruhi kondisi mental penontonnya. Perasaan emosi, sedih, hingga stres mungkin pernah dirasakan oleh penonton serial adaptasi manga dengan judul yang sama ini.

Bagaimana tidak, penulis dari serial ini tak segan membunuh karakter dalam cerita yang mungkin sudah terikat dengan penonton. Tak hanya itu, konsep berpikir para karakter mengenai kehidupan dan segala problematika di dalamnya juga tak begitu ramah untuk dimaknai. Meskipun begitu, Attack on Titan juga punya banyak nilai positif yang bisa diambil, kok.

4. To Your Eternity (2021)

https://www.youtube.com/embed/0PvIu-Fx-YA

Punya cerita yang unik dan berhasil menguras air mata, To Your Eternity jadi serial anime terbaik sepanjang 2021 versi penulis. Meskipun begitu, serial berjumlah 20 episode ini menghadirkan cerita mengenai semesta yang sulit dicerna.

Tak jarang, selepas menyaksikan serial ini, tidak sedikit penonton yang mengaku langsung kepikiran mengenai semesta. Mengingat filsafat mengenai semesta bukan hal yang ringan untuk dimaknai, serial ini menjadi cukup berat dan dapat memicu stres.

5. Death Note (2006)

https://www.youtube.com/embed/NlJZ-YgAt-c

Siapa tak kenal Death Note? Serial anime yang umurnya sudah lebih dari 1 dekade ini punya kisah yang menarik dan tak biasa. Anime ini bercerita mengenai seorang siswa SMA bernama Light Yagami atau dikenal dengan nama samarannya, Kira. Ia menemukan sebuah buku bernama Death Note.

Death Note dapat membunuh siapa pun yang namanya ditulis dalam buku tersebut. Mengetahui hal tersebut, Kira menuliskan nama-nama kriminal untuk membuat mereka terbunuh. Serial anime ini menghadirkan konsep berpikir yang mungkin tak biasa bagi orang awam, seperti bagaimana seseorang menganggap dirinya Tuhan hingga filosofi alam semesta yang mungkin dapat menggoyahkan mental, bahkan keyakinan seseorang jika diresapi terlalu dalam.

Serial anime bikin kena mental tadi merupakan beberapa contoh yang bisa kamu saksikan. Rupanya, kebanyakan bukan berasal dari serial anime gore, ya, melainkan serial anime dengan filosofi yang ekstrem. Bagaimana menurutmu? Jika ingin menambah judul anime lain, kamu boleh tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: [REVIEW] Summertime Render—Anime Misteri yang Bikin Frustrasi 

Jihan Khoerunnisa Photo Verified Writer Jihan Khoerunnisa

Boleh jadi satu langkah yang kamu ambil hari ini, dapat mengubah dunia di hari esok✨

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya