Comscore Tracker

5 Fakta Mini Serial 'Dopesick', Kisahkan Bencana Farmasi

Bencana farmasi paling mengerikan di Amerika

Dopesick adalah sebuah mini serial original yang diproduksi oleh platform Hulu. Meskipun belum begitu terkenal di Indonesia, serial ini sukses mencuri perhatian penggemar film dan series khususnya di Amerika Serikat. Hal ini dibuktikan dengan rating tinggi yang diperoleh Dopesick di IMDb, yakni sebesar 8,5/10.

Kabar baik bagi para pengguna platform Disney+ Hotstar, karena Dopesick akan segera tayang di platform kesayangan kamu itu, lho. Wah, siapa yang sudah gak sabar, nih? Untuk itu, sebelum menonton serialnya, ada baiknya kita mengetahui dulu beberapa fakta tentang serial bergenre drama ini, berikut ulasannya.

1. Sinopsis

5 Fakta Mini Serial 'Dopesick', Kisahkan Bencana Farmasiadegan dalam Dopesick (dok. Hulu/Dopesick)

Sebagai Dokter, Dr. Samuel Finnix harus sangat berhati-hati saat meresepkan obat. Namun, siapa sangka satu resep obat yang ia berikan kepada pasiennya mampu mengundang bencana farmasi paling mengerikan di Amerika.

Suatu ketika Dr. Samuel meresepkan sebuah obat bernama OxyContin kepada pasiennya. Purdue yang merupakan perusahaan dari OxyContin sendiri mengklaim bahwa obat ini tidak memiliki efek samping kecanduan.

Namun, pernyataan mereka berbeda dengan faktanya. Obat tersebut ternyata sangat adiktif dan menyebabkan banyak orang kecanduan. Bahkan kecanduan tersebut menyebabkan kerusakan di seluruh penjuru negeri.

2. Memberikan edukasi mengenai bahaya kecanduan obat-obatan

5 Fakta Mini Serial 'Dopesick', Kisahkan Bencana Farmasiilustrasi obat OxyContin (dok. Hulu/Dopesick)

Bukan hanya menyajikan cerita menarik dan menegangkan, Dopesick juga secara tidak langsung memberikan edukasi mengenai bahaya kecanduan obat-obatan. Jenis obat yang mengandung bahan adiktif akan sangat berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi terus-menerus.

Dalam mini serial yang nantinya berjumlah delapan episode ini juga digambarkan bagaimana rusaknya kehidupan saat seseorang mulai kecanduan obat-obatan. Kecanduan dapat menyebabkan overdosis hingga meningkatnya tindak kejahatan yang merugikan diri sendiri serta orang lain.

3. Terinspirasi dari kisah nyata

5 Fakta Mini Serial 'Dopesick', Kisahkan Bencana Farmasiadegan dalam Dopesick (dok. Hulu/Dopesick)

Siapa sangka, mini serial dengan cerita jenius ini ternyata terinspirasi dari kisah nyata di Amerika Serikat. Dopesick merupakan adaptasi dari sebuah buku non-fiksi berjudul Dopesick: Dealers, Doctors and the Drug Company that Addicted America yang ditulis oleh Beth Macy dan dirilis pada tahun 2018. Buku ini merupakan karya terbaik Beth Macy yang sukses memperoleh predikat Bestselling Book.

Dilansir The Cinema Holic, Beth Macy yang berprofesi sebagai jurnalis menghabiskan dua dekade untuk menulis buku ini. Cerita dalam buku tersebut datang dari kasus meningkatnya kecanduan heroin di pinggiran kota kelas menengah ke atas di dekat rumah Beth Macy.

Ia juga mengaku tertarik untuk menyelidiki dampak narkoba pada peningkatan kejahatan, overdosis, serta angka kematian, lalu menumpahkan hasilnya tersebut pada sebuah tulisan.

Baca Juga: 7 Serial Original Lokal Disney+ Hotstar 2021-2022, Ada Tira Bumilangit

4. Diramaikan aksi bintang Hollywood papan atas

5 Fakta Mini Serial 'Dopesick', Kisahkan Bencana FarmasiWill Poulter berperan sebagai Billy Cutler (dok. Hulu/Dopesick)

Dibintangi oleh aktor senior Michael Keaton, Dopesick tentunya menjadi serial yang sangat sayang jika dilewatkan. Aktor yang dikenal sebagai Bruce Wayne atau Batman ini akan berperan sebagai Dr. Samuel Finnix. Memegang peranan penting, Keaton mengaku jika ia sempat terkejut dengan fakta dalam serial ini yang mengemukakan bahwa epidemi opioid dapat menyebar dengan begitu mudah dan cepat. Tentunya ini menjadi hal dan pengetahuan baru bagi aktor kelahiran tahun 1951 itu.

Sementara itu aktor sekaligus produser, Peter Sarsgaard berperan sebagai Rick Mountcastle, yaitu seorang pengacara yang nantinya akan melawan Purdue Pharma. Meskipun cerita yang disuguhkan cukup berat, namun Sarsgaard menyebutkan bahwa serial ini tetap mampu menjadi sebuah tayangan yang menghibur.

Aktor kenamaan lainnya juga bisa kamu jumpai di serial yang diproduseri oleh Danny Strong ini. Seperti Michael Stuhlbarg sebagai Richard Sackler, Will Poulter sebagai Billy Cutler, John Hoogenakker sebagai Randy Ramseyer dan masih banyak lagi.

5. Jadwal tayang dan trailer

https://www.youtube.com/embed/EzrLrUG2QVk

Dopesick sudah tayang lebih dulu di platform Hulu pada 13 Oktober yang lalu. Sementara itu, Disney+ Hotstar Indonesia mengumumumkan melalui akun Instagram resmi mereka bahwa Dopesick akan tayang mulai 12 November mendatang.

Dari trailernya, Dopesick menyampaikan sedikit spoiler cerita tentang kelicikan beberapa oknum di dunia farmasi. Cerita tersebut semakin menarik karena didukung oleh ambient sound yang menegangkan. Untuk kamu yang semakin penasaran dengan Dopesick, kamu bisa tonton trailer Dopesick di atas, ya.

Pengguna platform Disney+ Hotstar pasti semakin gak sabar untuk segera menyaksikan Dopesick, kan? Selain Dopesick, serial atau film apa lagi yang sedang kamu tunggu penayangannya di Disney+ Hotstar, nih? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 7 Serial Original Lokal Disney+ Hotstar 2021-2022, Ada Tira Bumilangit

Jihan Khoerunnisa Photo Verified Writer Jihan Khoerunnisa

Boleh jadi satu langkah yang kamu ambil hari ini, dapat mengubah dunia di hari esok✨

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya