Comscore Tracker

6 Musisi Indonesia Ini Raih Penghargaan Internasional, Karyanya Keren!

Patut bangga dengan musisi yang mengharumkan nama Indonesia

Musisi Indonesia kini karyanya semakin diperhitungkan. Gak heran jika nama mereka sudah sejajar dengan musisi-musisi top lainnya.

Berbagai penghargaan terhadap karya mereka telah diraih. Bukan hanya dari dalam negeri, tetapi penghargaan itu datang dari luar negeri. Berikut deretan musisi Indonesia yang berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam dunia permusikan di kancah internasional.

1. Anggun C. Sasmi

Penyanyi kelahiran 1974 ini memang sudah dikenal dengan go internasionalnya. Di tahun 90-an Anggun memutuskan untuk meninggalkan Indonesia dan pergi ke Eropa untuk memulai karir bermusiknya dari awal lagi. Setelah bertemu dengan salah satu produser asal Prancis, Anggun merilis album internasional pertamanya bertajuk  Au nom de la lune atau Snow on the Sahara yang merupakan versi bahasa Inggrisnya. Album ini dirilis di 33 negara di Asia, Eropa, dan Amerika.

Bakat menyayi yang dimilikinya membawanya kepada beberapa penghargaan. Penghargaan dari kancah Internasional yang diterimanya antara lain, Daf BAMA Music Awards 2017 untuk kategori Best International Asian Act dan Best Female Act, World Music Awards 2014 untuk kategori World's Best Selling Indonesian Artist, dan masih banyak lagi.

Selain menjadi penyanyi, Anggun pernah menjadi juri di beberapa ajang pencarian bakat seperti X-Factor Indonesia, The Voice Indonesia dan Asia’s Got Talent. Bahkan, Ia juga pernah menjadi juri kontes kecantikan di Miss France 2009.

2. Agnez Mo

Maret 2019 lalu merupakan bulan yang berkesan bagi Agnez Mo. Penghargaan bergengsi iHeartRadio Music Awards 2019 diterimanya untuk kategori Social Star Award. Dalam kategori ini Agnezmo mengalahkan 9 orang yang juga masuk ke dalam nominasi ini, seperti Tana Mongeau, Danielle Bregoli, Queen Naija, Lele Pons, Trixie Mattel, Loren Gray, Mason Ramsey, Dylan Minnette, dan Joji.

Pelantun lagu Long As I Get Paid ini, juga pernah mendapatkan 2 penghargaan di Mnet Asian Music Awards atau dikenal MAMA untuk kategori Best Asian Artist (Indonesia) ditahun 2012 dan 2017. Di tahun 2010, tepatnya di JpopAsia Music Awards, Agnezmo memborong 7 piala sekaligus dengan salah satu kategorinya adalah Best Female Solo.

3. Raisa

6 Musisi Indonesia Ini Raih Penghargaan Internasional, Karyanya Keren!Instagram

Penyanyi kelahiran tahun 1990 ini mengawali karirnya di tahun 2008 sebagai vokalis dari band Andante. Ia mulai dikenal publik melalui single debutnya yang berjudul Serba Salah. Pada tahun 2015, Raisa dipercayakan oleh Disney untuk mengisi soundtrack dari film Cinderella yang berjudul A Dream is a Wish Your Heart Makes  dengan versi Bahasa Indonesia yang berjudul  Mimpi adalah Harapan Hati.

Ia juga mendapat beberapa penghargaan di Indonesia bahkan Internasional. Di Mnet Asian Music Awards,  Raisa pernah mendapat pengahargaan untuk kategori Asian Artist of the Year (Indonesia) di tahun 2014 dan di tahun 2017 Raisa mendapatkan penghargaan untuk kategori Best Composer of the Year untuk duetnya bersama Isyana. Selain itu, Ia juga pernah mendapatkan nominasi di MTV Europe dalam kategori Best Southeast Asian Act.

Baca Juga: 8 Putri Musisi Ini Warisi Bakat Bernyanyi Orangtuanya

4. Sandhy Sondoro

Pada tahun 2018, Sandhy Sandoro membawa pulang penghargaan dari Bravo International Professional Music Awards  yang diadakan di Rusia, untuk kategori The Best Foreign Artist of 2018 of Bravo Music Award. Selain mendapatkan penghargaan, ia juga membawakan salah satu lagunya yang berjudul End of the Rainbow di ajang tersebut.

Ini bukan pertama kalinya Sandhy Sandoro meraih prestasi di Rusia, sebelumnya Sandhy Sandoro pernah memenangkan The Grand Prix Winner of White Nights St. Petersburg 2017 di International Music Festival  White Nights of St. Petersburg.

5. Via Vallen

Tak hanya Sandhy Sandoro yang mendapatkan penghargaan Bravo Awards, Via Vallen pada Maret 2019 lalu juga mendapatkan penghargaan dari ajang bergengsi yang diadakan di Rusia ini.

Dalam postingan Instagramnya, Via Vallen mengungkapkan kebahagiaan dan rasa terima kasihnya. “Thankyou bravo premia for having me and this appreciation. Bravo music dangdut Indonesia ♥,”  Tulis Via Vallen di akun Instagramnya.

6. Burgerkill

6 Musisi Indonesia Ini Raih Penghargaan Internasional, Karyanya Keren!Facebook

Burgerkill adalah band metal yang berasal dari kota Bandung. Nama Burgerkill ini sendiri berasal dari salah satu nama restoran cepat saji. Band yang dibentuk dari tahun 1995 ini sudah mempunyai 5 album.

Pada ajang Metal Hammer Golden Gods Awards 2013, Burgerkill berhasil membawa pulang penghargaan untuk kategori Metal As Fu*k dan mengalahkan musisi metal lainnya seperti Pussy Riot, Jason Newsted, Nergal (Behemoth), dan Sea Shepherd.

Baca Juga: 8 Putri Musisi Ini Warisi Bakat Bernyanyi Orangtuanya

Joshua Christian Hans Photo Community Writer Joshua Christian Hans

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You