Comscore Tracker

Tak Hanya "The Flu", Ini 5 Film Korea Bertema Virus Mematikan

Bikin penasaran 

Setelah maraknya berita mengenai virus COVID-19 atau yang lebih dikenal dengan virus corona di berbagai belahan dunia, salah satu film Korea besutan sutradara Kim Sung Su, The Flu kembali ramai diperbincangkan karena diperkirakan mirip dengan apa yang sedang terjadi di China saat ini.

Namun, ternyata tak hanya The Flu, salah satu negara penghasil banyak film box office itu memiliki beberapa film bertema tentang virus mematikan. Penasaran? Berikut 5 film bertema virus mematikan yang bisa kamu tonton. Dijamin bikin kamu berdebar.

1. The Flu (2013)

https://www.youtube.com/embed/gt8HD_Ma7o4

Film ini menceritakan mengenai penyebaran virus mematikan yang menjalar lewat udara dan menginfeksi warga Bundang, Korea Selatan. Virus tersebut menyerang warga dan menyebabkan mereka mengalami batuk parah. Mereka yang terinfeksi akan meregeng nyawa dalam 36 hari.

Penyakit tersebut awalnya menyebar dari perdagangan manusia illegal yang dikirim melalui laut dengan menggunakan container hingga sampai menyerang penduduk daerah Bundang. Penyebaran yang cepat membuat pemerintah melakukan isolasi terhadap warga yang telah terinfeksi agar tidak semakin menyebar. Isolasi ini menyebabkan kekacauan yang sangat besar di kota tersebut melibatkan pihak militer dan warga yang terinfeksi menginginkan pergi dari wilayah tersebut. Selain itu, di bunker yang aman, para politisi, pakar klinis internasional, dan ahli taktik militer mencoba mengembangkan strategi penahanan.

Cerita di film ini dianggap yang paling mendekati dalam penggambaran situasi penyebaran virus COVID-19. Film ini bahkan kembali booming sejak virus COVID-19 menjadi trending di dunia. Gimana? Kamu semakin penasarankan dengan film ini?

2. Deranged (2012)

https://www.youtube.com/embed/A4NjPVRuSEw

Deranged berkisah tentang karakter Jae-hyuk dan Jae-pil yang terlibat dalam misteri kematian orang-orang dengan cara yang mengerikan. Kematian ini dimulai dari munculnya rekaman CCTV dimana orang-orang melompat ke dalam air dan kemudian menenggelamkan dirinya dengan sengaja.

Kondisi ini membuat kondisi menjadi rusuh dan mengerikan. Penyelidikan akan wabah ini yang kemudian menjadi bencana nasional dimana hampir semua orang bisa saja dipastikan akan melakukan upaya bunuh diri dengan melompat ke dalam air dan menenggelamkan dirinya.

Ternyata, kematian ini disebabkan oleh cacing yang ada di sungai dan perairan lainnya. Saat musim panas, banyak orang yang menghabiskan waktu untuk bermain di sungai dan pantai untuk menyegarkan badan. Di sini lah petaka bermula. Orang-orang yang sudah terlanjur terinfeksi penyakit ini seolah berubah menjadi zombie. Mereka berbondong-bondong untuk mencari air untuk diminum.

Bagaimanakah Jae-hyuk dapat menyelamatkan keluarganya yang ternyata juga terjangkit penyakit tersebut? Apakah penyakit ini bisa benar-benar disembuhkan pada akhirnya?

3. Exit (2019)

https://www.youtube.com/embed/E9HIl3Kz7Vs

Film Exit menceritakan tentang Yong Nam (Jo Jung Seok), seorang pengangguran yang hendak merayakan ulang tahun ibunya di sebuah aula konvensi. Kemudian ia bertemu dengan Ui Joo (Yoona), anggota panjat tebing yang sempat ia taksir saat masa kuliah hingga sekarang. Ternyata Ui Joo bekerja sebagai asisten manajer di gedung pertemuan tersebut.

Tiba-tiba gas mematikan menyebar ke seluruh area di dalam gedung, Yong Nam dan Ui Joo berjuang untuk bertahan hidup dan keluar dari bencana keracunan gas, dengan keterampilan yang dimiliki mereka sebagai atlit panjat tebing. 

Film tragedi yang dibumbui dengan komedi ini dijamin mampu membuat kamu tegang dan tertawa di saat bersamaan.

Baca Juga: 8 Film Luar yang Akan Tayang Maret 2020, Ada Film Korea

4. Train To Busan (2016)

https://www.youtube.com/embed/pyWuHv2-Abk

Film ini bercerita mengenai penyebaran virus yang menyebabkan korbannya menjadi zombie dan menyerang semua orang yang belum terinfeksi virus tersebut. Penumpang kereta jurusan Busan harus menerima kenyataan bahwa ternyata salah satu dari penumpang kereta tersebut terinfeksi virus dan menggigit lainnya sehingga kereta tersebut berubah menjadi medan penyebaran virus yang sangat cepat.

Perjuangan mereka yang menegangkan dalam usaha menyelamatkan diri dibumbui dengan pengorbanan-pengorbanan yang dilakukan, membuat kisah ini penuh drama yang mampu membuat perasaan kamu serasa diaduk-aduk. Film ini menjadi tontonan yang wajib masuk ke list kamu nih!

5. The Virus (2013)

Tak Hanya The Flu, Ini 5 Film Korea Bertema Virus Mematikanasianwiki.com

Meski bukan termasuk kedalam kategori film, drama serial ini bisa kamu jadikan pilihan juga. Drama ini menceritakan perjuangan tim CDC (Contagious Disease Crisis) dalam menemukan cara mengatasi masalah yang ditimbulkan sebuah virus misterius yang mematikan di Seoul. Virus tersebut telah memakan banyak korban dan penyebarannya masih tak terkendali karena salah satu orang yang membawa virus tersebut dalam tubuhnya masih berkeliaran.

Misteri asal muasalnya virus tersebut dan bagaimana cara mengatasi masalah yang ditimbulkannya menjadi fokus utama drama ini. Dijamin kamu akan merasakan ketegangan di setiap episodenya.

Jadi, film mana dulu nih yang jadi pilihanmu akhir pekan ini?

Baca Juga: Review: Film Korea Ashfall, Kenapa Harus Tonton Film Ini?

Ocha Rozalina Photo Writer Ocha Rozalina

"Lebih mudah menulis tentang jatuh cinta ketimbang mengalaminya sendiri."- Christian Simamora, Burn Baby Burn

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya