Comscore Tracker

8 Kisah Kelam Masa Lalu Robert Downey Jr sebelum Sukses Jadi Iron Man

Pecandu narkoba sampai tinggal di balik jeruji besi

Iron man atau Tony Stark merupakan karakter fiksi superhero MCU yang sukses diperankan oleh aktor Robert Downey Jr. Perannya dalam membawakan karakter Tony Stark si genius ahli teknologi patut diacungi jempol. Hal itu terbukti dari lakonnya yang mampu menghipnotis para penggemar Iron man di berbagai film yang dibintanginya.

Berkat perannya yang cukup kuat menampilkan sosok Iron man, ia berhasil menempati jajaran aktor Hollywood papan atas dan mampu meraup penghasilan yang cukup fantastis dari kesuksesan film marvel yang diperankannya. Sosok Robert Downey Jr. dalam memerankan sang superhero andalan marvel satu ini selalu melekat kuat sebagai Iron man yang tak mampu tergantikan di hati para penggemar.

Namun, siapa sangka sebelum mencapai kesuksesannya seperti saat ini ia pernah melewati masa lalu yang cukup kelam. Berikut ini perjalanan karier Robert Downey Jr. sebelum bergabung di Marvel Studios. 

1. Mengenal obat-obatan terlarang sejak berusia 8 tahun

8 Kisah Kelam Masa Lalu Robert Downey Jr sebelum Sukses Jadi Iron ManHollywood.com

Robert menjalani kehidupan penuh dengan narkoba sejak ia masih kecil, hal itu lantaran dari sang ayah, Robert Downey Sr. yang merupakan seorang pecandu narkoba aktif. Ayahnya lah yang pertama kali mengenalkan Robert pada narkoba, ia mengatakan bahwa itu merupakan cara sang ayah untuk mengungkapkan kasih sayang kepada dirinya.

2. Di usia 15 tahun kedua orang tuanya memutuskan untuk berpisah

8 Kisah Kelam Masa Lalu Robert Downey Jr sebelum Sukses Jadi Iron ManNerdist.com

Di tahun 1970 ia harus dihadapkan pada sebuah kenyataan dimana kedua orang tuanya harus bercerai yang membuatnya semakin merasa terpuruk. Ia memutuskan untuk ikut bersama ayahnya ke California dan melanjutkan pendidikannya di Santa Monica High School. Namun, tidak sampai selesai, ia memutuskan untuk berhenti karena ia akan kembali ke New York untuk merintis kariernya sebagai seorang aktor.

3. Robert beberapa kali gagal dalam menjalin hubungan asmara yang hanya mampu bertahan dalam waktu singkat

8 Kisah Kelam Masa Lalu Robert Downey Jr sebelum Sukses Jadi Iron Manindiewire.com

Robert dikabarkan kerap kali berkencan dengan beberapa artis terkenal namun tidak ada yang bertahan lama. Hubungannya paling lama hanya dengan Sarah Jessica Parker, yang telah terjalin sejak tahun 1984. Namun, pada 1991, ia kembali mengalami kecanduan narkoba yang cukup parah, hal itulah yang membuat Sarah memutuskan untuk meninggalkan Robert.

4. Berhasil meraih nominasi penghargaan Oscar kategori aktor terbaik

8 Kisah Kelam Masa Lalu Robert Downey Jr sebelum Sukses Jadi Iron ManFratellowatches.com

Perannya di fillm Chaplin sebagai Charlie Chaplin berhasil membawanya untuk mendapat penghargaan sebagai aktor terbaik dari Oscar. Tentu saja hal itu merupakan hasil kerja keras dan totalitasnya dalam memerankan film tersebut. Hal itulah yang membuatnya mendapatkan banya tawaran untuk bermain peran di beberapa film Hollywood. 

5. Robert kembali keluar masuk penjara akibat mengonsumsi narkoba

8 Kisah Kelam Masa Lalu Robert Downey Jr sebelum Sukses Jadi Iron ManAltpress.com

Ketertarikannya pada narkoba semakin parah adalah pada tahun 1997 sampai 2001. Ia dijatuhi hukuman penjara selama 12 bulan di California pada 1999 yang akhirnya dibebaskan pada tahun 2000. Tak sampai di situ, istri pertamanya Deborah Falconer bahkan memutuskan untuk meninggalkan Robert karena ia tak tahan lagi dengan kelakuannya yang membuatnya semakin terpuruk.

Baca Juga: 5 Film Terbaik Robert Downey Jr Sebelum Iron Man yang Wajib Ditonton

6. Rutin menjalani rehabilitas dan dinyatakan telah sembuh total

8 Kisah Kelam Masa Lalu Robert Downey Jr sebelum Sukses Jadi Iron ManPopsugar.com

Lelah dengan kehidupannya yang penuh dengan obat-obatan, ia bertekad untuk sembuh dengan menjalani rehabilitas dengan lebih serius. Berkat kegigihannya, akhirnya ia dinyatakan sembuh dan memulai kembali merintis kariernya di dunia entertainment.

7. Banyak studio film yang enggan memberi kesempatan bermain peran

8 Kisah Kelam Masa Lalu Robert Downey Jr sebelum Sukses Jadi Iron ManBustle.com

Kembalinya Robert di dunia hiburan tidaklah menjadi akhir dari penderitaannya, beberapa rumah produksi bahkan sempat menolaknya untuk bermain peran dalam film produksinya. Hal itu dikarenakan kekhawatiran mereka pada kekacauan yang sempat ia sebabkan.

8. Berkat sahabatnya akhirnya ia berhasil bermain di film box office

8 Kisah Kelam Masa Lalu Robert Downey Jr sebelum Sukses Jadi Iron ManChannelnewsasia

Atas bantuan sahabatnyan Mel Gibson ia berhasil mendapatkan peran bermain di film The Singing Detective. Berkat aktingnya di film tersebut, ia mulai mendapatkan banyak tawaran untuk bermain di beberapa film Hollywood terkenal. Akhirnya pada tahun 2008, ia mampu memerankan karakter Iron man dalam Marvel studios.

Itulah kisah perjalanan Robert Downey Jr sebelum bermain peran dalam Iron Man. Hal itu mengajarkan pada kita bahwa kegagalan bukanlah akhir dari kehidupan.

Baca Juga: 5 Peran Robert Downey Jr. Selain Iron Man

Salsabila Iffah Photo Writer Salsabila Iffah

little girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya