Comscore Tracker

Ada DO EXO, 8 Idol KPop yang Masuk Daftar Korean Actors 200

Tacyeon 2PM hingga Yoona SNSD #waktunyakorea #IDNTimesHype

Korean Actors 200 adalah kampanye yang diadakan oleh KOFIC atau Korean Film Council. Kampanye ini bertujuan untuk mempromosikan aktor Korea Selatan ke Seluruh dunia. Korean Actors 200 berisi 200 aktor yang terdiri dari 100 aktor pria dan 100 aktor wanita. Dimulai dari tanggal 15 Maret 2021, daftar Korean Actors 200 dirilis setiap seminggu sekali dengan 20 aktor setiap minggunya.

Pemilihan Korean Actors 200 mempertimbangkan aktor yang sukses besar dalam beberapa dekade terakhir, aktor yang mendapatkan penghargaan dari festival film di Korea atau di luar negeri serta aktor yang berkontribusi besar dalam film indie atau berpartisipasi dalam proyek internasional. Pemilihan para aktor ini juga dipilih karena dianggap paling mewakili industri masa kini dan masa depan film Korea Selatan. 

Dari 200 aktor yang masuk dalam daftar Korean Actors 200, terdapat delapan idol KPop yang masuk dalam daftar tersebut. Berikut ini idol KPop yang masuk dalam Korean Actors 200. Yuk, simak bersama!

1. Siwan ZE:A

Ada DO EXO, 8 Idol KPop yang Masuk Daftar Korean Actors 200Yim Siwan (instagram.com/plumactors)

Pria bernama lengkap Im Si Wan ini adalah mantan anggota dari boy group ZE:A. Ia memulai debutnya sebagai aktor dengan membintangi drama Korea yang berjudul Moon Embracing the Sun (2012).

Sebelum mendapatkan peran utama di drama tersebut, ia terlebih dahulu berperan sebagai kameo di beberapa KDrama. Si Wan dapat memerankan berbagai macam peran, mulai dari pegawai kantoran di Misaeng hingga seorang atlet di Run On.

Di industri film, ia sukses membintangi beberapa judul film, seperti The Attorney (2013) dan One line (2017). Siwan akan kembali berakting di film terbarunya sebagai pelari maraton di film yang berjudul Boston 1947.

2. D.O. EXO

Ada DO EXO, 8 Idol KPop yang Masuk Daftar Korean Actors 200Do Kyung Soo (instagram.com/smtown)

D.O. EXO memulai debut aktingnya pada tahun 2014, ia mendapatkan peran sebagai pemain pendukung di film Cart. Di tahun yang sama, ia dipercaya untuk ikut membintangi KDrama yang berjudul It's Okay, That's Love. Berkat aktingnya di drama tersebut, ia mendapatkan penghargaan pertamanya di 2014 Seoul International Youth Film Festival dalam kategori Best Young Actor.

Setelah mendapatkan penghargaan pertamanya, D.O. EXO banyak membintangi film dan drama yang semakin melambungkan namanya di dunia seni peran Korea Selatan. Di projek filmnya mendatang, D.O.EXO akan membintangi dua film sekaligus, yaitu The Moon dan The Secret The Unspeakable.

3. Yoona SNSD  

Ada DO EXO, 8 Idol KPop yang Masuk Daftar Korean Actors 200Im Yoon Ah (instagram.com/smtown)

Im Yoon Ah adalah salah satu anggota dari girl group Girls Genration atau SNSD. Gadis berusia 31 tahun ini, memulai debut aktingnya  di tahun 2007 lewat peran kecil di drama Two Outs in the Ninth Inning. Setelah itu, ia banyak membintangi drama seperti, You Are My Destiny (2008) hingga Hush (2020).

Di industri film, Yoona beberapa kali membintangi film hits Korea yaitu Confidential Assignment (2017) dan Exit (2019). Untuk projek film mendatang, ia akan membintangi film yang berjudul Happy New Year dan Confidential Assignment 2: International.

Baca Juga: Tak Hanya Idol KPop, 20 Aktor di Bawah Naungan YG Entertainment

4. Taecyeon 2PM

Ada DO EXO, 8 Idol KPop yang Masuk Daftar Korean Actors 200Ok Taecyeon (instagram.com/taecyeonokay)

Pada 2010, Taecyeon memulai debut aktingnya di drama Cinderella's Sister bersama Moon Geun Young dan Chun Jung Myung. Setelah sukses membintangi drama Dream High (2011), ia sukses mendapatkan popularitas berkat kemampuan aktingnya. Terbaru, Taecyeon membintangi drama Vincenzo, dimana ia berperan sebagai tokoh antagonis yang bernama Jang Han Seok. 

Tak hanya sukses di drama, ia juga sukses membintangi film Korea, seperti Marriage Blue (2013) dan House of the Disappeared (2017). Lewat film House of the Disappeared (2017), Taecyeon memenangkan penghargaan Popularity Award dalam ajang 2017 Korean Film Shining Star Awards.

5. Lee Joon MBLAQ

Ada DO EXO, 8 Idol KPop yang Masuk Daftar Korean Actors 200Lee Joon (instagram.com/praintpc_official)

Lee Joon adalah salah satu anggota MBLAQ yang debut pada tahun 2009. Saat bekerja sebagai penyanyi, Lee Joon mewujudkan impiannya sebagai aktor dengan berperan sebagai Raizo versi muda di film Hollywood Ninja Assassin (2009).  

Pada tahun 2015, Lee Joon berperan sebagai Oh Young dalam film yang berjudul Rough Play (2013). Berkat akting memukaunya di film ini, ia mendapatkan penghargaan Best New Aktor di 2014 Wildflower Film Awards. The Piper (2015), Seoul Station (2015) dan Luck Key (2016) adalah film yang dibintangi pria berumur 33 tahun ini.

6. Sooyoung SNSD 

Ada DO EXO, 8 Idol KPop yang Masuk Daftar Korean Actors 200Choi Sooyoung (instagram.com/Sooyoungchoi)

Satu lagi anggota girl group Girl Generation yang masuk dalam list ini, Choi Sooyoung. Sooyoung memulai karier aktingnya pada tahun 2007 dengan peran kecil dan penampilan khusus sebagai cameo di berbagai drama Korea.

Pada 2012, Sooyoung mendapatkan peran utama pertamanya dalam drama tvN yang berjudul The Third Hospital. Sejak saat itu, ia mendapatkan peran besar di beberapa drama, termasuk drama yang baru berakhir Run on dan web series, So I Married the Anti-fan.

Pada 2019, Sooyoung membintangi film Korea-Jepang berjudul Memories of a Dead End. Ia juga ikut tampil dalam film bergenre crime komedi yang berjudul Girl Cops. Beradu akting dengan Teo Yoo, Sooyoung tampil dengan akting memukau di film Komedi romantis New Year Blues (2021).

7. Junho 2PM

Ada DO EXO, 8 Idol KPop yang Masuk Daftar Korean Actors 200Lee Junho (instagram.com/le2jh)

Mengikuti jejak Taecyeon 2PM, Lee Junho adalah member kedua 2PM yang masuk dalam daftar ini. Junho memulai debut aktingnya lewat film action thriller Cold Eyes. Beradu akting dengan bintang top Korea seperti Sol Kyung Gu, Jung Woo Sung, dan Han Hyo Joo, Junho membuat penonton terkesan dengan aktingnya.

Pada 2017, Junho membintangi drama hit office comedy drama, Good Manager. Dia mendapatkan pujian berkat peran antagonisnya sebagai direktur keuangan yang arogan. Lewat drama Good Manajer, Lee Junho mendapatkan penghargaan Best New Actor di 2017 KBS Drama Awards.

Twenty (2015) dan Homme Fatale (2019) adalah beberapa film Korea yang dibintanginya. Tak hanya film Korea, Junho juga pernah membintangi film Jepang yang berjudul Rose and Tulip yang tayang pada 2019. 

8. Sohee Wonder Girls

Ada DO EXO, 8 Idol KPop yang Masuk Daftar Korean Actors 200An Sohee (instagram.com/ssoheean)

Jauh sebelum debut bersama Wonder Girls di tahun 2007, Ahn Sohee sudah memulai debut aktingnya ketika masih berumur 12 tahun. Lewat film pendek The Synesthesia For Overtone Construction, Sohee resmi memulai kariernya sebagai artis pada tahun 2004. Sohee telah banyak memerankan peran berbeda di drama dan film di sepanjang kariernya, termasuk komedi, drama, dan horor. 

Beberapa perannya yang paling menonjol adalah dalam film Train to Busan dan komedi drama Welcome to Waikiki 2. Dalam Jecheon International Music & Film Festival Awards, ia mendapatkan penghargaan Star Award lewat aktingnya di film Single Rider (2017).

Itulah deretan idol KPop yang masuk dalam daftar Korean Actor 200. Tak hanya berbakat dalam dunia tarik suara, mereka juga berbakat dalam dunia seni peran. Dari kedelapan aktor di atas, siapa yang menjadi aktor idolamu, nih?

Baca Juga: 10 Idol KPop yang Pernah Jadi Aktor Cilik, Bertalenta Sejak Kecil!

Khairunnisa Lit Photo Verified Writer Khairunnisa Lit

Penyuka chocolate

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya