Comscore Tracker

Masuk Box Office, Black Panther Catatkan Pendapatan 1 Miliar USD

Apa hanya mimin aja yang belum nonton ya? Gak ada yang nemenin sih *kode

Film superhero Marvel, Black Panther mencatatkan sejarah. Belum sebulan tayang di bioskop, film dengan latar belakang negara fiksi di Afrika, Wakanda itu menghasilkan lebih dari satu miliar USD (£794m) di bioskop seluruh dunia.

Film ini dibintangi Chadwick Boseman sebagai Black Panther, seorang penguasa Wakanda, negara fiksi Afrika dengan teknologi paling maju di bumi. Pemenang Oscar Lupita Nyong'o, Michael B Jordan dan Daniel Kaluuya ikut memainkan peran kunci, dengan bintang The Hobbit Martin Freeman sebagai agen CIA Everett Ross.

1. Film ini mematahkan stigma yang menyebutkan film orang hitam tidak bisa bersinar di box office

Masuk Box Office, Black Panther Catatkan Pendapatan 1 Miliar USDforbes.com

Dikutip dari BBC, Forbes dan The Verge, film ini mendapat respons baik dan menuai pujian karena merupakan film yang diperankan oleh mayoritas orang kulit hitam. Termasuk sang sutradara, Ryan Coogler. Analis Box office, Jeff Bock mengatakan Black Panther mematahkan stigma yang selama ini melekat jika film orang hitam tidak bisa menembus box office atau mencatatkan rekor.

2. Black Panther berhasil bertengger di peringkat pertama Box Office selama empat minggu berturut-turut

Masuk Box Office, Black Panther Catatkan Pendapatan 1 Miliar USDbbc.com

Berdasarkan perkiraan penjualan tiket Disney, film tersebut meraup 1 miliar USD pada hari ke 26 peluncurannya. Situs informasi film IMDB mengatakan 32 film telah mencetak satu miliar box office.

Termasuk James Bond 2012, reboot 2017 Beauty and the Beast yang dibintangi oleh Emma Watson, dan Frozen. Prestasi ini terbantu dengan debut yang luar biasa di Tiongkok dengan meraup 66,5 USD hanya dalam waktu tiga hari.

Tanda-tanda kesuksesan Black Panther sebenarnya sudah nampak sejak awal. Black Panther mendapat respons dua kali lipat dari jumlah yang telah diperkirakan pada akhir pekan pertamanya di AS dan Kanada.

Kesuksesan Black Panther ini membuatnya menjadi film Marvel pertama yang bertengger di peringkat pertama box office selama empat minggu berturut-turut.

3. Di Inggris, kesuksesan film ini mengalahkan film Iron Man, Captain Amerika dan Thor

Masuk Box Office, Black Panther Catatkan Pendapatan 1 Miliar USDrottentomatoes.com

Tidak lama setelah Black Panther dirilis, sang sutradara, Ryan Coogler mengucapkan terimakasih kepada fans dan pendukung mereka. Ia tidak menyangka film besutannya mampu meledak di pasaran.

Di Inggris, Black Panther lebih berjaya ketimbang film superhero marvel lainnya seperti Iron Man, Thor dan Captain America. Black Panther berhasil menghasilkan uang £35,4 juta di Inggris dalam tiga minggu.

Dari 18 film Marvel yang dirilis sampai saat ini, hanya dua yang menghasilkan lebih banyak uang dari Black Phanter di Inggris. Pertama Avengers Age Of Ultron yang berhasil meraup £ 40,4 juta dan The Avengers yang meraup £ 40.3 juta.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya