Comscore Tracker

8 Film Besutan Pixar yang Menemani Hidup Tahun 2000-anmu 

#2000an Mana favoritmu?

Pixar adalah sebuah perusahaan film kartun yang sangat sukses di jagat perfilman dunia. Beberapa filmnya pun masuk dalam penghargaan bergengsi khususnya Oscar. Tahun 2000an adalah tahun produktif Pixar menerbitkan film kartun berkualitas. Film-film tersebut selain menghibur semua orang terdapat juga pesan-pesan yang berguna. Apa saja film besutan Pixar yang sukses tayang di tahun 2000an?

1. Monster Inc. (2001)

8 Film Besutan Pixar yang Menemani Hidup Tahun 2000-anmu Slashfilm

Monster Inc. adalah sebuah perusahaan listrik yang terdapat di Monstropolis. Untuk mendapatkan energi tersebut, pekerja harus mengumpulkan teriak ketakutan anak-anak. Dalam menakuti anak tersebut, para monster tidak boleh tersentuh sekalipun mainannya. Namun itu semua berubah sejak kedatangan seorang gadis bernama Boo. Ia muncul di sebuah pintu yang belum ditutup ke perusahaan tersebut. Ketika Sullivan melihatnya, Sullivan yang dikenal penakut anak-anak yang handal tergerak hatinya. Sullivan yang iba kepada Boo diketahui oleh sahabtanya, Mike. Sayangnya, rasa iba Sullivan ini dibalas dengan aksi Randall yang telah mengetahui perbuatan. Dengan segera, Sullivan dan Mike harus mengembalikan Boo ke kamar tidur supaya tidak diculik oleh Randall dan Henry J. Waternoose III, pemilik perusahaan tersebut yang berusaha menculik Boo dan anak-anak lainnya demi menyelamatkan perusahaan.

2. Finding Nemo (2003)

8 Film Besutan Pixar yang Menemani Hidup Tahun 2000-anmu Bustle.com

Nemo adalah anak ikan badut yang ditinggali ibunya sejak lahir. Karena Nemo anak satu-satunya, Marlyn sangat protektif padanya. Ia tidak mengijinkam anaknya jauh di hadapannya. Bahkan saat sekolah pun, sang ayah selalu ditemaninya. Dari keprotektifan sang ayah, Nemo pun ingin kabur. Pada saat kabur, ia ditangkap oleh seorang penyelam dan ditempatkan di sebuah akuarium yang berada di Australia. Karena tidak melihat keberadaan sang anak, Marlyn pun sangat kuatir. Ia mencari anaknya sepanjang lautan. Di perjalanannya, ia bertemu dengan seekor ikan regal tang biru pelupa bernama Dory dan mereka pun bersama-sama mencari Nemo yang mereka tahu berada di Australia melalui kaca mata penyelam yang menculik Nemo.

3. The Incredibles (2004)

8 Film Besutan Pixar yang Menemani Hidup Tahun 2000-anmu nme.com

Bob Parr (Mr. Incredible) dan istrinya Helen (Elastigirl) dulunya merupakan super hero yang terkenal di Metroville. Karena tuntutan seseorang yang pernah diselamatkan Bob Parr, lantas Bob Parr dan istrinya harus menjalani kehidupan normal. Yang diselamatkan Bob Parr ini ingin bunuh diri pada saat diselamatkan. Lima belas tahun kemudian, Bob Parr dan istrinya menjalani kehidupan manusia normal. Mereka memiliki tiga anak yakni Violet, Dash, dan Jack. Untuk memenuhi kebutuhan keluarga, Jack pun bekerja di sebuah perusahaan asuransi. Terbesit ingin menjadi super hero kembali namun akhirnya bisa kembali tercapai setelah direkrut seseorang bernama Mirage untuk membasmi robot buas yang mirip tripod, Omnidroid, di pulau terpencil Nomanisan tanpa sepengetahuan keluarga. Ternyata, pemilik robot buas tersebut adalah mantan penggemar Bob, Syndrome. Sebagai mantan penggemar, Syndrome pun berusaha menghancurkan kehidupan rumah tangga Bob. Karema aksi Syndrome tersebut, Helen dan dua anaknya yang memiliki kekuatan super menghadang tindakan Syndrome yang menghancurkan Metro Ville. Sementara Jack diasuh dan ternyata juga diam-diam memiliki kekuatan super.

4. Cars (2006)

8 Film Besutan Pixar yang Menemani Hidup Tahun 2000-anmu AZ Daily Sun

Pada ajang Piala Piston ada tiga pembalap yang akan memperebutkannya yakni Strip "The King" Weathers yang akan segera pensiun, Hicks Chick yang dikenal runner up yang licik, dan Lightning McQueen si pembalap baru yang sombong. Bagi McQueen, penentuan ini akan meninggalkan kontraknya dengan “Rust-Eze”, produk cairan perawatan karat mobil tua dan akan bergabung dengan Dinoco, sponsor yang lebih bergengsi. Untuk itu, McQueen melakukan segala cara supaya bisa memenangkan ajang itu yakni menyuruh mobil trailer bernama Mack tidak tidur dalam perjalananan. Nasib naas pun diterima mereka dan McQueen terdampar di sebuah desa yang dikenal sebagai Rute 66. Di desa tersebut. McQueen harus mengabdi selama seminggu untuk memperbaiki jalanan yang tidak sengaja dirusaknya. Di tempat tersebut, McQueen pun berubah drastis terlebih lagi ia bertemu dengan dokter bernama Doc yang pernah menjuarai Piala Piston tiga tahun berturut-turut di tahun 50-an. Sang dokter sangat mengerti akan McQueen menjelaskan mengapa ia keluar dari ajang tersebut. McQueen pun tersadar dan termotivasi untuk membangun rute 66. Pada saat ia ditemukan oleh Mack dan beberapa wartawan, McQueen pun dibawa ke ajang dan sangat berat meninggalkan Rute 66. Berkat semangat Doc, McQueen pun kembali balapan dengan meninggalkan rasa sombongnya.

Baca Juga: 7 Pelajaran Hidup Sederhana Ini Bisa Kita Petik dari Film-film Pixar

5. Ratatouille (2007)

8 Film Besutan Pixar yang Menemani Hidup Tahun 2000-anmu Nytimes.com

Remy merupakan seekor tikus yang sangat berambisi menjadi seorang koki. Itu digemarinya karena gorong-gorong tempat tinggalnya ternyata sebuah restoran yang memiliki chef terkenal bernama Auguste Gusteau. Meski dikenal hewan menjijikan, Remy tetap mengasah kemampuan memasaknya terlebih lagi ia bertemu dengan Linguini, seorang asisten koki yang dulunya merupakan seorang tukang sampah.

6. Wall-E (2008)

8 Film Besutan Pixar yang Menemani Hidup Tahun 2000-anmu Nytimes.vom

Keadaan bumi sudah tidak memungkinkan lagi untuk ditinggalkan. Untuk itu, Wall-E yang merupakan robot ditugaskan untuk membersihkan sisa sampah yang ada di bumi. Sayangnya, di bumi ia tidak memiliki teman. Temannya sendiri adalah seekor kecoa. Sampai akhirnya, robot bernama EVE yang merupakan robot pengintai datang ke bumi. Mereka pun bahu-membahu membersihkan bumi. Dari tugas memelihara bumi ini, mereka pun saling jatuh cinta. Bukti dari itu adalah mengejar EVE dari sekapan orang yang mengambilnya.

7. Up (2009)

8 Film Besutan Pixar yang Menemani Hidup Tahun 2000-anmu Imdb/Up (Film)

Carl memiliki impian pergi ke Paradise Falls untuk bertemu dengan Charles Muntz, idolanya. Ternyata, ada seorang gadis bernama Ellie juga yang memiliki impiam bersamanya. Mereka pun saling berteman. Hingga sampai dewasa, mereka pun menikah dan masih memiliki keinginan ke sana. Sayangnya sampai mereka tua, mereka tidak bisa pergi ke sana. Ada-ada saja rintangan yang mereka hadapi sampai akhirnya Ellie pun meninggal. Tidak ada lagi kesempatan bersama untuk mengunjungi Paradise Falls tersebut. Setelah kematian Ellie, rumah Carl pun akan digusur dan ia pun akan dipindahkan ke panti jompo. Sebelum menuju ke panti jompo, Carl pun berpamitan. Dan tak sadar setelah berpamitan, rumahnya ditarik balon helium. Ia pun memenuhi permintaan almarhumah sang istri. Dalam berpetualangan, ia bersama anak pramuka bernama Russel dan anjingnya bernama Dug.

8. Toy Story 3 (2010)

8 Film Besutan Pixar yang Menemani Hidup Tahun 2000-anmu abc7.com

Andy telah beranjak dewasa. Kecuali Woody, semua mainan milik Andy akan disumbangkan ke tempat penitipan anak. Karena hal tersebut, banyak mainan yang salah sangka dengan Andy. Sampai ke tempat penitipan tersebut, Woody dan teman-teman disambut baik oleh Lotso, ketua mainan di tempat penitipan tersebut. Namun ternyata, Lotso justru membawa mereka ke kelas senior. Ia memiliki akal licik supaya mainan pemberian Andy itu cepat rusak. Yang mengetahui rencana ini adalah Woody dan ia pun bersama teman-teman berusaha untuk lepas dari jeratan Lotso dan anggotanya.

Walau filmnya ditujukan untuk anak-anak, nyatanya segala usia dapat menontonnya. Filmnya menghibur dan memberikan pesan adalah salah satu andalan Pixar dalam memproduksi film. Ditambah lagi kualitas kartunnya pun tidak pernah berubah sejak Toy Story tayang.

Baca Juga: 8 Adegan di Film Pixar yang Sukses Bikin Kamu Berurai Air Mata

Kristi Ani Photo Verified Writer Kristi Ani

Kepo yah?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya