Comscore Tracker

5 Anime Bertema Youkai Paling Seru dan Kocak yang Wajib Ditonton!

Seram sih, tapi berhasil mengocok perut

Youkai atau biasa juga disebut ayakashi merupakan sebutan bagi orang Jepang untuk makhluk iblis, siluman, roh jahat, dan setan. Mereka punya kekuatan supranatural dan biasanya berwujud monster. Youkai pun banyak digunakan sebagai karakter dalam anime agar cerita semakin seru dan menarik. Mulai dari membahas kehidupan youkai di dunia mereka sampai pertarungan manusia melawan youkai.

Alih-alih menyeramkan, beberapa anime bertema youkai berikut justru berhasil mengundang tawa meski jalan cerita sebenarnya serius dan menegangkan. Penasaran? Yuk simak!

1. Gugure! Kokkuri-san

5 Anime Bertema Youkai Paling Seru dan Kocak yang Wajib Ditonton!sojapan.jp

Gugure! Kokkuri-san merupakan anime musim dingin yang diadaptasi dari manga karya Midori Endo. Anime yang tayang tahun 2014 ini diproduksi oleh salah satu studio tertua di Jepang, TMS Entertainment.

Di awal episode pertama kamu mungkin bakal mengira anime ini punya cerita dark karena ada seorang anak kecil tanpa ekspresi bernama Kohima Ichimatsu yang tinggal sendirian. Tapi, semua berubah ketika suatu saat Kohina memainkan permainan mistis untuk memanggil roh rubah bernama Kokkuri-san. Awalnya, Kokkuri-san berniat jahat kepada Kohima, tapi kemudian ia memutuskan untuk merawatnya setelah tahu kondisi gadis itu sangat memprihatinkan.

Berbagai kejadian yang datang dari para youkai, juga roh Inugami dan Shiragaki membuat anime ini jauh dari kesan seram. Meski penuh dengan lawakan segar, anime ini juga banyak mengandung pesan moral seperti anjuran untuk menghormati orangtua dan menjaga hubungan persahabatan.

Sementara itu Gugure! Kokkuri-san mendapat rating MyAnimeList sebesar 7,6.

2. Noragami

5 Anime Bertema Youkai Paling Seru dan Kocak yang Wajib Ditonton!kaorinusantara.id

Noragami tayang pada musim dingin tahun 2014. Anime ini merupakan adaptasi dari manga karya Adachitoka dan digarap oleh studio Bones.

Noragami bercerita tentang Yato, seorang dewa miskin yang bermimpi punya kuil megah dan disembah banyak orang. Untuk mewujudkan mimpinya, Yato melakukan pekerjaan apa saja meski hanya dibayar 5 yen.

Ketika sedang menjalankan pekerjaan, Yato hampir tertabrak truk dan diselamatkan oleh gadis SMA bernama Iki Hiyori. Sejak saat itu, mereka tidak luput dari berbagai kejadian aneh yang melibatkan youkai, terlebih setelah Yato menemukan senjata baru bernama Yukine.

Meski banyak adegan pertarungan melawan youkai, namun kelakuan Yato dan dewa lainnya yang menggelitik membuat cerita Noragami sayang untuk dilewatkan. Untuk melanjutkan ceritanya, anime ini mendapatkan season kedua dengan judul Noragami Aragoto yang tayang tahun 2015. Tentu saja, ceritanya juga tidak kalah seru dan kocak.

Noragami mendapat rating MyAnimeList sebesar 8,1.

3. Hoozuki no Reitetsu

5 Anime Bertema Youkai Paling Seru dan Kocak yang Wajib Ditonton!manga.tokyo

Anime yang diadaptasi dari manga karya Natsumi Eguchi ini cukup antimainstream. Pasalnya, anime Hoozuki no Reitetsu bercerita seputar kehidupan di neraka. Anime ini tayang pada musim dingin tahun 2014 untuk season pertama, sementara season kedua tayang pada musim gugur tahun 2017.

Hoozuki, seorang iblis yang menjadi sekretaris raja neraka. Sifatnya yang tenang dan amat sadis begitu dikagumi sekaligus ditakuti oleh penghuni neraka. Meski begitu, Hoozuki penyayang binatang, lho. Berkat ia, kehidupan neraka pun dapat berjalan dengan baik dan efisien.

Karena bercerita kehidupan di neraka, banyak karakter youkai yang diangkat dari berbagai mitologi. Seperti Karasu Tengu sang penunggu gunung Jepang, tiga hewan Momotaro, Hakutaku dari Tiongkok, dan Satan dari Eropa. Kelakuan mereka dan para penghuni neraka membuat cerita anime berbalut dark comedy ini menjadi jauh dari kesan suram. Dan juga, anime ini mengingatkan kita untuk menghindari perbuatan dosa agar tidak terjerumus ke neraka.

Hoozuki no Reitetsu sendiri mendapat rating MyAnimeList sebesar 7.8.

Baca Juga: 5 Anime Romance dengan Drama Paling Rumit, Saling Tikung Menikung

4. Kekkaishi

5 Anime Bertema Youkai Paling Seru dan Kocak yang Wajib Ditonton!amazon.com

Kekkaishi merupakan anime adaptasi dari manga karya Ierou Tanabe yang tayang pada musim gugur tahun 2006. Kekkaishi bercerita tentang usaha Yoshimori Sumimura menjadi penerus kekkaishi yang hebat. Kekkaishi sendiri adalah orang-orang yang bisa menciptakan perisai untuk menghancurkan siluman.

Tiap malam Yoshimori membasmi siluman jahat bersama Madarao, siluman anjing milik keluarganya. Cerita makin seru ketika Yoshimori bekerja sama dengan Tokine Yukimura, yang juga ditemani siluman anjing genit bernama Hakubi. Bumbu komedi ringan dari tingkah lucu Yoshimori dan karakter lainnya membuat anime ini sayang untuk dilewatkan.

Sementara itu, Kekkaishi mendapat rating MyAnimeList sebesar 7,7.

5. Natsume Yuujinchou

5 Anime Bertema Youkai Paling Seru dan Kocak yang Wajib Ditonton!akibanation.com

Bosan dengan anime yang penuh dengan pertarungan mengerikan? Kamu musti nonton Natsume Yuujinchou yang mulai tayang tahun 2008. Anime ini sudah punya 6 season lho, bahkan mendapatkan versi movie-nya yang tayang tahun 2018 dengan judul Natsume Yuujinchou: Utsusemi ni Musubu.

Natsume Yuujincou bercerita tentang siswa SMA yatim piatu bernama Takahasi Natsume. Ia hidup di desa bersama paman dan bibinya, serta kucing gendut bernama Nyanko-sensei atau Madara yang merupakan roh rubah raksasa. Natsume memegang buku ajaib peninggalan sang nenek. Dari buku itu lah, setiap hari ada saja siluman yang mengganggu hidupnya dan meminta untuk dikembalikan namanya.

Anime ini memang punya cerita unik dan segar. Banyaknya siluman yang pernah terlibat dengan nenek Natsume masing-masing datang dan punya cerita sendiri. Ditambah tingkah menggemaskan Nyanko-sensei dalam melindungi Natsume dan buku ajaibnya, tidak heran kalau banyak anime lovers yang menantikan season selanjutnya.
Nonton anime ini dijamin bikin harimu jadi tenang dan seru, deh.

Natsume Yuujinchou sendiri mendapat rating MyAnimeList sebesar 8,4.

Nah, itu lah beberapa anime bertema youkai dengan cerita seru dan kocak. Sayang banget lho, buat dilewatkan.

Baca Juga: 5 Anime Fantasi Berdasarkan Sejarah Zaman Sengoku Jepang

Langgeng Irma Photo Verified Writer Langgeng Irma

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya