Comscore Tracker

Cerita di 5 Anime Legendaris Ini Terinspirasi dari Kisah Nyata

Mulai dari kisah pribadi hingga sejarah nasional

Mungkin kamu berpikir cerita yang disajikan dalam anime murni berasal dari imajinasi sang penulis naskah atau animator. Mengingat kebanyakan anime menyajikan cerita fantasi dan fiktif yang jika dipikir tidak mungkin terjadi di dunia manusia. Eits, jika begitu, maka kamu salah besar.

Sama halnya dengan film yang tidak jarang mengangkat dari kisah nyata, anime pun demikian. Beberapa anime populer berikut rupanya terinspirasi dari kisah nyata, lho. Mulai dari kisah pribadi sang pencipta naskah sampai mengambil sejarah nasional. Ceritanya tersebut pun berhasil menyentuh para penonton dan menjadi anime legendaris. Penasaran apa saja? Yuk, simak.

1. Grave of the Fireflies

https://www.youtube.com/embed/4vPeTSRd580

Akiyuki Nosaka menulis sebuah novel berjudul Grave of The Fireflies sebagai bentuk penyesalan dan kenangan atas meninggalnya adik perempuannya karena kekurangan gizi saat masa-masa akhir Perang Dunia II.

Novel itu pun kemudian diadaptasi anime dengan judul yang sama oleh Studio Ghibli dan tayang tahun 1988. Sementara live action-nya tayang tahun 2006 sebagai peringatan ke-60 tahun berakhirnya Perang Dunia II. Grave of The Fireflies pun menjadi anime bertema perang terbaik, menerima banyak penghargaan juga kritikan positif.

Ber-setting di Kobe, Seita dan Setsuko adalah kakak beradik yang selamat dari serangan bom dari Amerika. Mereka kemudian mengungsi ke rumah bibinya setelah ibunya meninggal. Karena bibinya selalu marah-marah, mereka pun pergi ke tempat perlindungan lain. Sayangnya, harta yang Seita miliki tidak cukup untuk membuat mereka bertahan hidup.

Anime Grave of The Fireflies sendiri mendapat rating tinggi di MyAnimeList sebesar 8,5.

2. Barefoot Gen

https://www.youtube.com/embed/5Ir1LriQtrA

Keiji Nakazawa menuangkan kenangan masa kecilnya sebagai korban selamat atas tragedi Hiroshima tahun 1945 ke dalam manga berjudul Hadashi no Gen, juga beberapa novel dengan judul serupa, yang kemudian diadaptasi anime oleh studio Madhouse. Anime Barefoot Gen season pertama tayang tahun 1983, sementara season kedua menyusul pada tahun 1986.

Bercerita tentang seorang bocah laki-laki bernama Gen yang tinggal bersama keluarganya yang harmonis. Meski begitu mereka hidup dalam kesulitan, terutama makanan. Ayah Gen mengungkapkan kepada keluarganya jika ia kecewa terhadap pemerintah Jepang yang terlibat dalam Perang Dunia II. Ketika bom nuklir dijatuhkan, keluarga Gen pun segera mengungsi ke luar kota dan berusaha agar tetap bertahan hidup.

Anime Barefoot Gen menunjukan secara gamblang bagaimana situasi ketika tragedi Hiroshima dan sisi lain kehidupan para korban selamat. Anime perang ini pun mendapat rating MyAnimeList sebesar 7,84.

3. Bakuman

https://www.youtube.com/embed/KB7QDax8PtY

Tayang pada musim gugur 2010, Bakuman diproduksi oleh studio J.C. Staff. Anime ini sudah mencapai season ketiga dan mendapat adaptasi live action yang tayang tahun 2015.

Anime Bakuman terinspirasi dari kehidupan Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata ketika menggarap manga Death Note. Mereka menyulap kisah mereka sendiri sebagai mangaka menjadi serial manga berjudul Bakuman yang kemudian diadaptasi anime. Bahkan beberapa karakter benar-benar nyata, seperti kepala tim departemen editor dan para editornya.

Bakuman bercerita tentang Mashiro Moritaka, seorang siswa SMP yang tidak pandai menggambar namun bercita-cita menjadi mangaka. Mashiro pun meminta Akito Takagi untuk mengilustrasikan imajinasinya. Meski awalnya menolak, Akito pun setuju setelah tahu kalau cewek yang disukainya bercita-cita menjadi seiyuu atau pengisi suara karakter anime. Akhirnya, Mashiro dan Akito pun mulai bekerja keras membuat manga. Bakuman menyajikan kisah suka duka menjadi mengaka terkenal hingga karyanya dapat diadaptasi menjadi anime.

Anime ini pun mendapat rating MyAnimeList sebesar 8,28.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Anime untuk Kamu yang Jatuh Cinta dalam Diam

4. My Neighbor Totoro

https://www.youtube.com/embed/92a7Hj0ijLs

My Neighbor Totoro juga merupakan anime besutan studio anime klasik terkemuka di Jepang, Studio Ghibli. Anime ini tayang tahun 1988.

My Neighbor Totoro bercerita tentang kehidupan Satsuki dan Mei di desa. Mereka pindah ke desa bersama ayahnya agar bisa lebih dekat dengan ibunya yang tengah dirawat di rumah sakit. Suatu hari, Mei melihat makhluk ajaib bernama Totoro yang tinggal di hutan dekat rumah mereka. Mei yang kesepian karena sering ditinggal sang ayah untuk urusan pekerjaan di kota, pun mulai tertarik dengan Totoro. Petualangan magis antara Mei, Satsuki, dan Totoro pun mengalir dengan gembira.

Dalam buku Hayao Miyazaki: Master of Japanese Animation, disebutkan bahwa ibu Miyazaki mengidap penyakit spinal tuberculosis. Ia harus dirawat di rumah sakit sejak 1947 hingga 1955 sebelum akhirnya bisa dirawat intensif di rumah. Sementara itu, banyak penonton meyakini ibu Mei yang dirawat di rumah sakit memiliki diagnosis yang sama dengan ibu Miyazaki.

Anime legendaris ini pun mendapat rating tinggi di MyAnimeList sebesar 8,42.

5. Battle of Surabaya

https://www.youtube.com/embed/hC6nHa-Rzr4

Siapa bilang Indonesia tidak punya anime? Battle of Surabaya yang digarap oleh MSV Pictures selama 3 tahun tayang serentak di biosop pada 20 Agustus 2015. Battle of Surabaya pun menjadi anime bertema perang pertama karya anak bangsa, yang mana terinspirasi dari Peristiwa 10 November. Beberapa tokoh pahlawan nyata turut dihadirkan untuk menambah dalamnya alur cerita.

Battle of Surabaya bercerita tentang Musa, seorang tukang semir sepatu yang kemudian mendapat tugas menjadi kurir pengantar surat-surat rahasia. Ia bersama dua sahabatnya, Yumna dan Danu, melancarkan misi tersebut guna membantu perjuangan arek-arek Suroboyo melawan penjajah. Aksi mereka tidak selalu berjalan mulus, karena Musa harus berhadapan dengan konflik keluarga sampai dikejar-kejar tentara sekutu.

MSV Pictures juga berhasil menggandeng Walt Disney Pictures dalam pendistribusian internasional. Hal itu membuat anime lokal ini mendapat banyak penghargaan, seperti Best Animation Feature dalam ajang Hollywood International Moving Pictures Film Festival pada 2019.

Sementara itu, Battle of Surabaya berhasil mendapat rating IMDb sebesar 7,1.

Itu lah beberapa anime legendaris yang ternyata ceritanya terinspirasi dari kisah nyata. Menurut kamu, mana yang paling menyentuh? 

Baca Juga: Bikin Tegang, 5 Anime Genre Thriller ini Gak Boleh Kamu Lewatkan!

Langgeng Irma Photo Verified Writer Langgeng Irma

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya