Comscore Tracker

5 Film Jepang yang Bikin Kamu Banjir Air Mata, Siapkan Tisu!

Jalan ceritanya menyayat hati dan penuh pesan moral

Menonton film merupakan salah satu cara untuk menyalurkan emosi. Dari sekian banyak genre, drama menjadi pilihan tepat guna mengisi waktu luang bersama keluarga di rumah.

Selain itu, film drama biasanya mengangkat tema tentang isu-isu sosial ataupun nilai kehidupan yang dapat dipetik. Apalagi, genre yang satu ini juga dikemas dengan jalan cerita yang mampu menyayat hati.

Berikut ini lima rekomendasi film Jepang bergenre drama yang bakal bikin kamu banjir air mata. Ada apa saja? Baca sampai habis, ya!

1. Nobody Knows (2004)

5 Film Jepang yang Bikin Kamu Banjir Air Mata, Siapkan Tisu!cuplikan film Nobody Knows (dok. Nobody Knows/Bandai Visual Company)

Diadaptasi dari kisah nyata, Nobody Knows bercerita tentang seorang anak sulung bernama Akira (Yuya Yagira) yang masih berusia 12 tahun. Ia bersama ketiga orang adiknya ditinggalkan oleh ibu kandung mereka sendiri di sebuah apartemen sederhana.

Keempat anak malang tersebut pun harus bertahan hidup dengan mencari sisa makanan dari toko kelontong terdekat. Dihadapkan dengan kehidupan serba kekurangan, Akira berserta ketiga adiknya mencoba untuk tetap bersama dan menjaga satu sama lain.

Bertema slice of life, film Nobody Knows digarap oleh sutradara ternama Jepang bernama Hirokazu Koreeda. Ia merupakan director yang dikenal sering memasukkan isu-isu sosial dalam karyanya. Jadi, jangan heran jika film ini sukses menguras emosi para penontonnya.

2. Voices in The Wind (2020)

5 Film Jepang yang Bikin Kamu Banjir Air Mata, Siapkan Tisu!cuplikan film Voices in The Wind (dok. Broadmedia Studios/Voices in The Wind)

Memutuskan kembali ke kampung halamannya, Haru (Serena Motola) yang kini hidup seorang diri ini merindukan keluarga yang dicintainya. Sebab, bencana tsunami yang terjadi delapan tahun lalu telah menewaskan seluruh anggota keluarganya.

Dalam perjalanan pulangnya, ia menemukan sebuah telepon umum berwarna putih di tengah taman. Menurut kepercayaan warga sekitar, telepon umum tersebut diyakini dapat menghubungkan antara orang yang masih hidup dengan yang telah meninggal.

3. If Cats Disappeared From The World (2016)

5 Film Jepang yang Bikin Kamu Banjir Air Mata, Siapkan Tisu!cuplikan film If Cats Disappeared From The World (dok. Toho Company/If Cats Disappeared From The World)

Divonis hidupnya tak akan lama lagi, seorang pria yang bekerja sebagai tukang pos (Takeru Satoh) ini menderita tumor otak. Hingga suatu saat, muncul sesosok iblis yang menyerupai dirinya dan menawarkan sebuah perjanjian.

Dalam perjanjian tersebut, ia bisa memperpanjang hidupnya asalkan mau menghilangkan suatu hal yang dimilikinya. Mulanya, ia tak merasa keberatan dengan penawaran itu. Sampai suatu saat, ia akhirnya merasakan kehilangan karena kenangannya ikut lenyap.

Baca Juga: 5 Drama Thriller Jepang yang Tak Kalah Menegangkan dari Drakor

4. Forget Me Not (2015)

5 Film Jepang yang Bikin Kamu Banjir Air Mata, Siapkan Tisu!cuplikan film Forget Me Not (dok. Django Films/ Forget Me Not)

Hayama Takashi (Nijiro Murakami) adalah seorang siswa SMA yang jatuh cinta dengan teman sekolahnya, Oribe Azusa (Akari Hayami). Namun, ada suatu misteri aneh yang menimpa Azusa selama ini.

Misteri aneh tersebut yaitu setiap orang yang mengenalnya maka tak lama juga akan melupakannya, termasuk Takashi. Hal inilah yang membuat perempuan itu berusaha kuat dan berjuang keras agar orang-orang dicintainya tak melupakannya.

5. Heavenly Forest (2006)

5 Film Jepang yang Bikin Kamu Banjir Air Mata, Siapkan Tisu!cuplikan film Heavenly Forest (dok. Avex Inc/Heavenly Forest)

Bergenre drama romantis, film Heavenly Forest berkisah tentang kisah cinta antara Makoto (Hiroshi Tamaki) dengan seorang perempuan bernama Shizuru (Aoi Miyazaki). Keduanya pertama kali bertemu ketika masuk universitas.

Dari sinilah mereka mulai dekat dan mengenal satu sama lain. Sayangnya, cinta Shizuru bertepuk sebelah tangan ketika mengetahui Makoto justru menyukai perempuan lainnya. Hal tersebutlah yang membuatnya memilih pergi meninggalkan Makoto.

Kelima film drama Jepang di atas memiliki jalan cerita menarik serta mampu menyayat hati para penonton. Tak lupa juga ada banyak pesan moral yang bisa dipetik. Jika kamu tertarik ingin menontonnya, jangan lupa untuk siapkan tisu, ya!

Baca Juga: 10 Film Jepang Romantis, Bercerita Cinta Masa Sekolah

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh".

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya