Akankah 7 Grup KPop Ini Berhasil Lewati 'Kutukan 7 Tahun' di 2019?

Tak terasa mereka telah berusia 7 tahun sejak debut!

Penggemar KPop pasti sudah tak asing dengan istilah 'Kutukan 7 Tahun'. Istilah ini tercipta karena banyaknya grup KPop yang akhirnya bubar setelah 7 tahun debut, seperti SISTAR, 4MINUTE, 2NE1 dan RAINBOW.

Mengapa 7 tahun? Hal ini mungkin berhubungan dengan standar kontrak yang dikeluarkan oleh Fair Trade Commision dimana kontrak perjanjian terpanjang yang dapat dimiliki idola dengan sebuah agensi di Korea Selatan adalah 7 tahun.

Setelah itu, para idola dan agensi akan kembali berdiskusi mengenai kelanjutan kontrak tersebut. Ada yang memilih memperpanjang kontrak itu kembali, ada yang memilih hengkang dari suatu grup jika member lain tetap memperpanjang kontrak, dan ada juga yang memutuskan untuk bersama-sama membubarkan grup dan menapaki karir solo masing-masing.

Dan tanpa terasa, 7 grup KPop berikut ini akan memasuki usia ketujuh tahun setelah debut. Penggemar tentu berharap cemas mereka akan tetap bersatu dan bisa mengeluarkan lagu-lagu hits sebagaimana biasanya. Siapa saja? Yuk, cek daftarnya di bawah ini!

1. EXO

https://www.youtube.com/embed/KH6ZwnqZ7Wo

Grup asuhan SM Entertainment ini berhasil membuat dunia KPop terguncang saat mereka merilis music video debutnya yang berjudul Mama pada 7 April 2012, meski sebelumnya mereka telah merilis music video predebut mereka yang bertajuk History.

Popularitas mereka pun langsung meroket saat itu dan mereka berhasil meraih penghargaan Best New Comer atau Rookie Award di berbagai ajang penghargaan musik besar di Korea Selatan.

Dan tahun ini mereka akan genap berusia 7 tahun. Selama hampir 7 tahun berkarier di dunia musik KPop, EXO sudah banyak menorehkan berbagai prestasi mulai dari lagunya yang selalu memuncaki berbagai chart tangga lagu, kemenangan di berbagai ajang penghargaan bergengsi, hingga konser dengan jumlah penonton yang fantastis. Punya fandom yang sangat kuat, tentu EXO diharapkan akan tetap dapat eksis ke depannya.

2. AOA

https://www.youtube.com/embed/e5KOIrBcwj8

Girl group yang digawangi Seolhyun cs ini merilis music video untuk debut mereka pada 29 Juli 2012 silam. Dan tak terasa tahun ini AOA akan menginjak usia yang ketujuh sejak debut. Meskipun awalnya debut dengan 7 anggota, namun salah satu membernya yang merupakan salah satu vokal utama yaitu Choa memilih hengkang dari grup karena alasan kesehatan.

Ditinggal salah satu anggotanya, AOA tetap merilis lagu baru dan eksis tampil di berbagai acara musik di Korea Selatan. Bahkan tahun lalu AOA diundang tampil di Closing Ceremony Asian Paragames 2018 di Jakarta. Wah, semoga AOA tetap dapat tampil full team ya ke depannya.

Baca Juga: Berikut 5 Boygrup KPop yang Patut Ditunggu Debutnya di Tahun 2019

3. B.A.P

https://www.youtube.com/embed/5tLooPlf2Sw

Grup yang digawangi Zelo dkk ini merilis music video debut mereka yang bertajuk Warrior pada 25 Januari 2012. Dan sebentar lagi mereka akan genap berusia 7 tahun sejak debut. Namun pada 19 Agustus 2018 kontrak leader mereka yaitu Bang Yongguk resmi berakhir dengan agensi yang menaungi mereka yaitu TS Entertainment, dan Yongguk memilih untuk tidak memperpanjang kontraknya dan keluar dari grupnya.  

Sepanjang tahun 2018, B.A.P tidak merilis satu lagupun dan hal ini membuat para penggemar harap-harap cemas dengan status grup yang satu ini. Semoga saja B.A.P dapat tetap aktif dan tampil di dunia musik KPop ya.

4. BTOB

https://www.youtube.com/embed/FmuHZa6DQOc

Grup dengan member yang sangat kocak dan lucu ini sangat dicintai para penggemarnya bukan hanya karena kelucuannya tapi juga dengan kemampuan dan talenta yang dimiliki setiap member. BTOB debut dengan lagu yang sangat easy listening yaitu Insane dan merilis music video secara resmi pada 21 Maret 2012.

Tahun ini, grup yang digawangi oleh Yook Sung Jae dkk ini akan genap berusia 7 tahun. Selama 7 tahun perjalanan karirnya, BTOB telah berhasil merilis berbagai lagu dengan berbagai macam konsep. Dan para penggemar tentunya berharap BTOB akan tetap dapat bersama dan merilis lagu-lagu baru ke depannya.

5. NU'EST

https://www.youtube.com/embed/gyXy0m-4bvE

Debut di awal tahun 2012, awalnya NU'EST terbilang sebagai salah satu grup pendatang baru yang cukup populer saat itu. Namun seiring berjalannya waktu, karir mereka meredup hingga akhirnya empat member mereka muncul di ajang survival Produce 101 Season 2. Kemunculan mereka di acara ini akhirnya menjadi titik terang yang membuat mereka bersinar kembali.

Meskpin yang menang dan debut dari acara ini hanyalah Hwang Min Hyun, namun member NU'EST yang lain kembali ke dunia KPop melalui sub-unit yang bernama NU'EST W. Dan tahun ini akan menjadi tahun ketujuh NU'EST sejak debut sekaligus kembalinya Hwang Min Hyun ke grup NU'EST. Para penggemar tentu berharap mereka akan tetap aktif promosi sebagai full team.

6. EXID

https://www.youtube.com/embed/enrUVf_JTz8

Mengalami pergantian member hingga akhirnya aktif dengan 5 member tetap yang sekarang, EXID sukses menjadi salah satu girl group yang sangat populer dan punya image yang khas. Terutama lagu mereka UP & DOWN yang pernah menjadi hits pada tahun 2014 bukan hanya di Korea Selatan tapi juga di berbagai negara lain.

Solji yang merupakan salah satu vokal utama grup ini pernah hiatus dari grup karena masalah kesehatan, namun akhirnya kembali aktif pada comeback terbaru mereka yang bertajuk I Love You pada 21 November 2018 kemarin.

Debut pada bulan Februari 2012, maka tahun ini akan menjadi tahun ketujuh grup ini sejak debut. Dan semoga saja EXID tetap dapat promosi sebagai full team kedepannya ya.

7. VIXX

https://www.youtube.com/embed/pT0rl2luupY

Boy group yang selalu tampil dengan berbagai konsep berbeda ini debut pada 23 Mei 2012 dengan lagu Hero. Dan tahun ini akan menjadi tahun ketujuh mereka sejak debut. Grup yang digawangi oleh Leo dkk ini juga dikenal dengan konsep music video-nya yang sangat aesthetic. Punya member dengan vokal yang mumpuni, penggemar tentu berharap grup ini akan dapat tetap aktif sebagai full member di hari yang akan datang.

Itulah tadi 7 grup KPop yang akan menghadapi tahun ketujuh pada tahun ini. Para penggemar tentu sangat berharap mereka akan tetap tampil full member dan melanjutkan karir mereka bersama-sama.

Baca Juga: Memasuki Tahun Ketujuh, Apakah 7 Grup KPop Ini Akan Terkena 'Kutukan 7'?

Leo Simatupang Photo Verified Writer Leo Simatupang

ORA ET LABORA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya