Comscore Tracker

10 Film Horor Underrated Terbaik Sepuluh Tahun Terakhir, Sudah Nonton?

Gak begitu terkenal, tapi layak banget buat ditonton

Sepuluh tahun terakhir ini telah banyak rumah produksi yang mengeluarkan film-film luar biasa bergenre horor. Tidak sedikit pula film-film bergenre horor yang mendapat sorotan ekstra dan menjadi viral di mana-mana.

Tapi, gak cuma film-film super viral dan terkenal, film underrated atau underappreciated juga banyak yang menyajikan kualitas cerita apik, lho. Nah, berikut ini ada rekomendasi 10 film horor underrated terbaik sepuluh tahun terakhir. Keluaran 2013-2022, semuanya layak banget buat kamu tonton.

1. Afflicted (2013)

https://www.youtube.com/embed/ZWQfdR3cGVk

Afflicted adalah film bergenre horor-thriller yang dirilis pertama kali pada tahun 2013 di TIFF (Toronto International Film Festival). Film ini disutradarai, ditulis, dan diperankan oleh Derek Lee, Clif Prowse.

Berasal dari Kanada, film Afflicted yang mengusung konsep found footage ini bercerita tentang dua teman yakni Derek dan Clif yang melakukan perjalanan bersama untuk merekam travel web series mereka. Namun suatu hal justru menimpa Derek yang membuat perjalanan mereka berubah total. Apa yang sebenarnya terjadi?

2. Rec 4: Apocalypse (2014)

https://www.youtube.com/embed/0ZUNR1zxRYE

Rec 4: Apocalypse merupakan bagian dari film series Rec yang terdiri dari REC (2007), Rec 2 (2009), dan Rec 3: Genesis (2012). Film bergenre horor-thriller asal Spanyol ini dibuat oleh sutradara Jaume Balaguero.

Rec 4: Apocalypse diawali dengan kisah tim pasukan khusus yang dikirim untuk menyelamatkan seorang reporter bernama Angela (Manuela Velasco) yang terjebak di bangunan apartemen. Menjadi sekuel terakhir dari seri film REC, film Rec 4: Apocalypse ini recommended dan seram abis, lho!

3. Howl (2015)

https://www.youtube.com/embed/gzHO_3j6uZw

Film Howl berfokus pada sekelompok orang yang terjebak di dalam kereta setelah kereta tersebut tergelincir menabrak rusa. Lebih buruk lagi, bahaya dari manusia serigala telah menunggu dan mengawasi mereka.

Howl dibintangi oleh Ed Speelers, Sean Pertwee, Holly Weston, dan masih banyak lagi. Film keluaran tahun 2015 ini bergenre horor-fantasi yang sanggup bikin kamu merinding. Cukup banjir darah juga, nih.

4. Southbound (2016)

https://www.youtube.com/embed/skNeUjtjD6Y

Berjenis film antologi, Southbound yang bergenre horor-thriller ini terdiri dari lima segmen cerita misterius dan menegangkan. Film ini sendiri perdana dirilis pada bulan September 2015.

Southbound yang diarahkan oleh empat sutradara ini mengisahkan perihal lima cerita berbeda yang saling bersinggungan. Lima segmen tersebut yakni The Way Out, Siren, The Accident, Jailbreak, dan The Way In. Semua segmen cerita di film ini dijamin seru dan bikin penasaran, deh.

5. The Mimic (2017)

https://www.youtube.com/embed/d6p-XXamvAU

Berasal dari Korea Selatan, film The Mimic yang terbilang underrated alias harusnya bisa mendapat sorotan lebih ini juga gak boleh kamu lewatin, ya. The Mimic yang dirilis pada tahun 2017 mendapuk Yum Jung Ah, Park Hyuk Kwon, dan Park Jin Heo sebagai pemainnya.

The Mimic mengangkat kisah 'Jangsanbeom', makhluk mitos yang dipercaya dapat meniru suara manusia. The Mimic sendiri berfokus pada pasangan Hee Yeon dan Min Ho yang memutuskan pindah ke rumah di dekat gua 'Jangsanbeom'.

Baca Juga: Film Horor Terbaik 2022: Review Film Qorin dan Film Inang

6. Summer of 84 (2018)

https://www.youtube.com/embed/vkalLfx229o

Berlatar tahun 80-an, film Summer of 84 berkisah mengenai empat anak laki-laki yang mencoba memecahkan misteri di balik hilangnya anak-anak di kota mereka. Davey (Graham Vercherw) pun mencurigai bahwa tetangganya yang bernama Wayne Mackey (Rich Sommer) adalah pelaku dibalik lusinan pembunuhan di kotanya tersebut.

Film ini didistribusikan pertama kali pada tahun 2018 oleh Gunpowder & Sky, Brightlight Pictures. Summer of 84 sendiri disutradarai oleh François Simard, Anouk Whissell, dan Yoann-Karl Whissell.

7. The Platform (2019)

https://www.youtube.com/embed/RlfooqeZcdY

The Platform adalah film keluaran tahun 2019 yang berasal dari Spanyol. Film bergenre fiksi ilmiah-thriller-horor ini mendapuk Iván Massagué, Antonia San Juan, Zorion Eguileor, dan Emilio Buale sebagai pemerannya.

Disutradarai oleh Galder Gaztelu-Urrutia, film yang punya nama lain El hoyo ini menceritakan tentang Goreng (Iván Massagué) yang masuk ke sel "Vertical Self-Management Center" hanya dengan membawa buku. Di sel berbentuk menara ini, makanan akan disajikan dari lantai paling atas ke lantai paling bawah.

Ketegangan pun mulai muncul ketika penghuni lantai atas secara rakus mengambil makanan yang disajikan, membuat lantai di bawah mereka menderita.

8. Relic (2020)

https://www.youtube.com/embed/_sHbiv7J1xg

Bergenre psikologikal horor-drama, Relic yang dirilis pada tahun 2020 ini gak kalah misterius dan bikin deg-degan, lho. Film ini diarahkan oleh Natalie Erika James.

Relic berfokus pada nenek bernama Edna (Robyn Nevin) yang dikabarkan menghilang sehingga sang anak, Kay (Emily Mortimer) dan cucunya, Sam (Bella Heathcote) pergi bersama polisi ke rumah Edna yang berlokasi di dekat hutan. Edna yang menghilang tiba-tiba pulang dengan kondisi mengherankan.

Semenjak hari itu, Kay pun merasa ada yang aneh dari Edna. Lantas, apa yang sebenarnya terjadi? 

9. The 8th Night (2021)

https://www.youtube.com/embed/DbYu4-XYNss

The 8th Night yang berasal dari Korea Selatan ini mengikuti kisah perjalanan Park Jin Soo (Lee Sung Min) dan Cheong-seok (Nam Dan Reum) untuk mencegah bersatunya mata merah dan hitam dari sesosok monster yang dapat menyebabkan bumi menjadi neraka. Dalam perjalanannya tersebut, Cheong-seok bertemu dengan Ae Ran (Kim Yoo Jung)

Punya alur cerita menegangkan, film The 8th Night yang disutradarai oleh Kim Tae Hyung ini dirilis perdana pada Juli 2021. Kamu bisa menonton film ini dengan mudah di Netflix, ya.

10. Pearl (2022)

https://www.youtube.com/embed/5YJ6sVFMdzA

Terakhir, ada film keluaran September 2022 hasil distribusi A24, nih. Pearl yang dibintangi oleh Mia Goth dan disutradarai oleh Ti West ini bergenre horor-jagal.

Pearl mengambil latar di tahun 1918 ketika pandemi influenza berlangsung. Film ini pun menyorot karakter bernama Pearl, seorang gadis yang harus terperangkap di pertanian keluarganya untuk mengurus sang ayah yang sakit. Penuh kejutan dan adegan sadis berdarah, film Pearl patut kamu masukkan watchlist, nih.

Sepuluh film yang terbilang underrated atau underappreciated di atas faktanya layak banget untuk ditonton dan mendapat apresiasi lebih darimu, lho.

Selain punya cerita seru, deretan film di atas pun bikin penasaran dan seram semua. Btw, dari rekomendasi di atas kamu sudah pernah nonton film yang mana aja?

Baca Juga: 10 Film Horor yang Dibintangi Shareefa Daanish, Ratu Horor Indonesia

Afrilia L Photo Verified Writer Afrilia L

Why struggle? just turn off your lights, go dreaming, do it like a pisces.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya