Comscore Tracker

7 Film Tahun 2000-an dengan Soundtrack Paling Memorable

Bikin terngiang-ngiang di kepala #IDNTimesHype

Selain cerita yang memikat, sinematografi yang apik, dan kualitas akting dari para pemain, elemen suara juga merupakan salah satu faktor yang sangat krusial dari kesuksesan sebuah film. Berbagai ajang penghargaan film juga selalu memberikan apresiasi kepada para seniman di balik soundtrack dan scoring di film.

Bahkan, terkadang kita mampu mengingat sebuah film yang telah dirilis cukup lama lewat lagu yang menjadi soundtrack di film tersebut. Contohnya ketika mendengarkan lagu 'My Heart Will Go On' yang dinyanyikan oleh Celine Dion itu, hal pertama yang terbesit di pikiran kita pasti film Titanic.

Berikut ini kami paparkan beberapa film yang rilis di tahun 2000-an dengan soundtrack paling memorable. Selain berhasil menciptakan branding, serta menggiring mood dan suasana pada film, penyisipan soundtrack pada film-film ini juga dinilai cerdik karena mampu menambah ketajaman scene.

1. Malena (2000)

https://www.youtube.com/embed/HN-YqWQ3PEE

Malena adalah film komedi drama dewasa asal Italia yang dirilis pada tahun 2000. Berlatar pada saat perang dunia ke-2 di Sisilia, Italia, film ini menceritakan seorang remaja bernama Renato yang menyukai perempuan dewasa tercantik di kota bernama Malena.

Suami Malena dikabarkan gugur di medan perang dan ia harus bertahan seorang diri di kota yang seluruh penduduk perempuan di kota itu mengucilkannya karena takut kecantikannya akan menarik hati suami-suami mereka.

Soundtrack Malena dibuat oleh komposer pemenang Academy Award dan berbagai penghargaan lainnya, Ennio Morricone. Morrinocone tidak hanya dapat menggambarkan kesedihan dan rasa kesepian Malena, tapi juga mengekspresikan perasaan tulus dari si tokoh utama.

2. Shrek (2001)

https://www.youtube.com/embed/em9lziI07M4

Dua lagu karya band Amerika Serikat, Smashmouth memberi faktor yang krusial untuk film Shrek yang rilis pada tahun 2001. Pada bagian opening scene, pengenalan tokoh Shrek dihadirkan dengan morning rountine sang tokoh utama yang diiringi oleh lagu 'All Star'. Perpaduan animasi, cerita, dan lagu menjadikan adegan tersebut sangat ikonik pada zamannya.

Di bagian ending, lagu Smashmouth yang berjudul 'I am believer'  muncul dan memberi efek dramatis karena dinyanyikan oleh salah satu tokoh utama bernama Donkey. Kita seakan sedang ikut berpesta-pora dengan seluruh tokoh dalam film, lalu mengantar kedua tokoh utama pada momen happily ever after mereka. 

Baca Juga: 15 Soundtrack Film Disney Jadul Terbaik Sepanjang Masa, Legendaris! 

3. Lord of the Rings: Fellowship of the Ring (2001)

https://www.youtube.com/embed/0L-Zqr0eyDg

Tidak bisa dipungkiri kalau franchise The Lord of the Rings'dan Harry Potter berhasil mendominasi dunia perfilman di tahun 2000-an. Tapi, The Lord of the Rings cukup unggul dalam segi penempatan original soundtrack. Lantunan orkestra yang diiringi dengan nyanyian paduan suara menghasilkan kesan misterius dan berhasil menghipnotis penonton sekaligus para juri di ajang Academy Awards.

Berkat soundtrack tersebut, adegan saat Arwen menyelamatkan Frodo dari kejaran Nazgul menjadi sangat epik dan menambahkan kesan teror dalam benak penonton hingga hari ini.

4. Kill Bill: Volume 1 (2003)

https://www.youtube.com/embed/W6bT7Y-WfoY

Hampir seluruh elemen termasuk soundtrack yang ada pada Kill Bill: Volume 1 dibuat dengan sangat baik dan mendapat pengakuan positif dari kritikus film. Namun, dua sountrack-nya yakni 'Woo Hoo' dan 'Bang Bang' yang dinyanyikan oleh Nancy Sinatra adalah elemen yang paling standout dan monumental.

5. Pirate of the Caribbean (2003)

https://www.youtube.com/embed/naQr0uTrH_s

Penggemar Pirates of the Caribbean mungkin masih bersedih berkat hengkangnya Johnny Depp dari franschise yang membesarkan namanya ini.

Meski ditinggalkan oleh salah satu pemeran karakter yang paling ikonik sepanjang masa itu, sekuel lanjutan dari franchise ini masih sangat layak dinantikan lantaran elemen musik scoring dan soundtrack masih dikerjakan oleh studio yang sama dengan seri-seri Pirates of the Caribbean sebelumnya.  

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Ruelle, Musisi yang Lagunya Kerap Dijadikan Soundtrack

6. Harry Potter Series (2001-2011)

https://www.youtube.com/embed/VyHV0BRtdxo

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Harry Potter Series, franschise film yang mendominasi pasar industri perfilman Hollywood di era 2000-an tak boleh ketinggalan dari daftar ini.

Theme song yang muncul di setiap opening scene film yang dibintangi oleh Daniel Radcliffe ini memang sangat memorable dan selalu terngiang-ngiang di benak para penonton hingga hari ini.

7. Fast and Farious: Tokyo Drift (2006)

https://www.youtube.com/embed/pbYMReX2ci4

Banyak yang menanggap bahwa Fast and Farious: Tokyo Drift adalah salah satu seri film terbaik dari franchise ini. Selain cerita yang seru dan setting unik berlatarkan gemerlap kota Tokyo, film ini juga memiliki soundtrack yang memorable dan cukup sukses pada masanya.

Tidak tanggung-tanggung, film ini menggaet seniman hip-hop asal Yokohama bernama Teriyaki Boyz untuk mengisi soundtrack film. Meski liriknya dinyanyikan oleh penyanyi perempuan misterius dengan "broken english", lagu ini sangat populer dan masih didengarkan oleh para penggemar hingga hari ini.

Itulah ketujuh soundtrack film tahun 2000-an yang paling memorable. Kalau versi kamu sendiri film apa saja yang memiliki soundtrack memorable?

Baca Juga: 10 Potret Memesona Mahalini Raharja, Penyanyi Soundtrack Ikatan Cinta

Lina Yasmin Photo Verified Writer Lina Yasmin

Pembaca novel jika sedang mood. Pemakan segala (yang halal), dan petidur ulung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya