Comscore Tracker

Ketika 99 DJ Terbaik Tanah Air Berkumpul, Rekor MURI Pecah! 

Keren!

Jakarta, IDN Times – Finalice, puncak dari rangkaian program ICEPERIENCE International Clubbing Experience (ICE) 2018, akhirnya digelar kembali di Kuningan City, pada Sabtu (1/9). Perhelatan ke-2 bagi para musisi dan penggemar electronic dance music (EDM) ini menyuarakan #localicemovement, sebuah gerakan untuk mendukung kiprah musisi-musisi EDM lokal Indonesia agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan bisa go international. 

Seperti apa keseruannya? 
 

1. Pukau ribuan penggemar

Ketika 99 DJ Terbaik Tanah Air Berkumpul, Rekor MURI Pecah! DJ

Finalice yang digagas oleh Iceperience.id berkolaborasi dengan DanceSignal ini menghadirkan 99 all star Indonesian DJs dari beragam genre EDM. Penampilan DJ-DJ lokal Tanah Air ini mampu memukau ribuan penggila EDM yang hadir di Finalice. Sebut saja nama-nama tenar seperti Winky, Yasmin, Jevin Julian, Osvaldo Rio, NEV, Javabass Sound System, Riri Mestica, Anton Wirjono, P Double, Angger Dimas, Stan, Midnight Quickie, Marquee, House Cartel, Weird Genius, Sheila Marcia dan masih banyak lagi. 

“Finalice pada malam ini menjadi apresiasi dan dukungan kita terhadap semua DJ dan industri EDM Indonesia agar semakin berkembang. Kita bangga bahwa di Finalice, 100% musisi yang tampil adalah DJ Indonesia yang talentanya tidak kalah dengan musisi internasional” tutur Sigit Diapsoputra dari Iceperience.id. 

Menurut Sigit Diapsoputra ini akan menjadi kesempatan langka bagi musisi EDM Indonesia.“ Jadi ICE 2018 program tidak hanya memberikan pertunjukan music EDM, tetapi memiliki misi di belakangnya yaitu untuk membangun industri EDM Indonesia dengan meng-updrade penikmat dan pelaku industri EDM ke level tertinggi melalui experience, networking dan knowledge,” paparnya. 

Baca Juga: Finalice, Persembahan untuk Musisi EDM Tanah Air  

2. Tema Neon sebagai dekorasi utama dan pecahnya rekor MURI

Ketika 99 DJ Terbaik Tanah Air Berkumpul, Rekor MURI Pecah! Dok. IDN Times

Yang berbeda dan menarik dari Event Finalice 2018 adalah konsep pertunjukannya yang mengambil tema neon sebagai dekorasi utama atau elemen penting di semua area pertunjukan. Karena itu, Finalice tahun ini disebut The Biggest Neon Party at Mall. Finalice bahkan juga mendapatkan penghargaan dari MURI atas catatan rekor party terbesar di dalam mall dengan jumlah DJ lokal terbanyak sepanjang sejarah pertunjukan EDM di Indonesia. 

Konsep neon tersebut diaplikasikan ke dalam desain 9 stages dan area penonton, untuk mengakomodir para performer yang jumlahnya 99 (all star Indonesian DJs) maka area pertunjukan di bagi menjadi 9 area dengan penamaan khusus. Yaitu Blue District, Orange District, Red District, Yellow District, Rainbow District, White District, Green District, Purple District, dan terakhir Main Stage. 

Pembagian area dan penentuan warna tersebut  berdasarkan 9 genre yaitu house, R&B x trance, bigroom, drum & bass, techno, deep progressive, breakbeat, dan classic. Misalnya Jevin Julian dan Putri Una yang kental dengan nuansa electro house perform di Orange District. Sementara Yasmin dan Justeen yang konsisten dengan karakter techno tampil di Red District, sedangkan Sheila Marcia dan Winky Wiryawan dengan genre mashup / drum & bass perform di Rainbow District. 

3. Pemenang DJ Battle diberangkatkan ke Amsterdam

Ketika 99 DJ Terbaik Tanah Air Berkumpul, Rekor MURI Pecah! Dok. IDN Times

DJ Akhda dari DanceSignal merasa bangga dengan rekan-rekannya sesama musisi EDM Indonesia yang tampil di Finalice. Menurut Akhda, bukan perkara mudah mempersatukan dan mengakomodir DJ-DJ top Indonesia untuk bermain dalam satu venue. “Tapi hari ini di Finalice kita lihat bahwa mereka semua bisa menyatu, menyuarakan #localicemovement untuk kemajuan industri EDM kita<” ujar Akhda. 

Dalam Finalice diumumkan para pemenang dari kompetisi yang sudah berjalan dalam program iceperience ICE 2018. Yaitu pemenang DJ Battle (Jakarta & Bandung), Clubbers of The Year (Jakarta & Bandung), pemenang kompetisi online remix dan juga pengumuman nominasi awarding Paranoia Awards 2018. 

Para pemenang tersebut siap diberangkatkan ke Amsterdam Dance Event (ADE) 2018 sebagai bentuk apresiasi dari Iceperience.id untuk industri EDM di Indonesia. 

Berikut ini para pemenang dari rangkaian program Iceperience ICE 2018:

•    Top 100 DJ Indonesia (Nasional) Jyap 

•    DJ Battle Competitions (Jakarta) Nirmana 

•    DJ Battle Competitions (Bandung) Robstee 

•    Clubbers of The Year (Jakarta) Febby 

•    Clubbers of The Year (Bandung) Ica 

 

Baca Juga: Khusus Pemula! 10 Alternatif Software untuk Produser EDM

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya