5 Artis Indonesia Berperan sebagai Tunanetra di Film, Totalitas Abis!

Ada Reza Rahadian hingga terbaru Onadio Leonardo

Menjadi seorang pemain film memang diperlukan selalu totalitas dan terus mengeksplorasi karakter baru yang belum pernah mereka coba sebelumnya. Salah satunya adalah berperan sebagai penyandang tunanetra.

Memerankan karakter menantang, deretan pemain film di bawah ini sukses menghidupkan karakter tunanetra di film yang mereka bintangi. Berikut ini lima aktor dan aktris yang berperan sebagai tunanetra di film.

1. Tora Sudiro

5 Artis Indonesia Berperan sebagai Tunanetra di Film, Totalitas Abis!Tora Sudiro di film Kacaunya Dunia Persilatan (doc. SAS Films/Kacaunya Dunia Persilatan)

Tora Sudiro berperan sebagai orang buta dalam film Kacaunya Dunia Persilatan pada tahun 2015 lalu. Dalam film ini Tora berperan sebagai pendekar Si Buta dari Gua buat Elu. Ia adalah seorang pendekar yang mengalami kebutaan.

Dalam film ini, Tora harus melakoni adegan laga sambil menutup matanya. Hal ini membuat Tora khawatir kalau-kalau tanpa sengaja mencederai lawan mainnya.

2. Reza Rahadian

5 Artis Indonesia Berperan sebagai Tunanetra di Film, Totalitas Abis!Reza Rahadian di film The Gift (doc. Seven Sunday Films/The Gift)

Selanjutnya ada Reza Rahadian yang juga berperan sebagai orang tunanetra di film The Gift. Dalam film besutan Hanung Bramantyo yang tayang pada tahun 2018 ini, Reza berperan sebagai tokoh bernama Harun.

Karakter Harun digambarkan sebagai pemuda yang mengalami kebutaan akibat kecelakaan. Selain kehilangan penglihatannya, Harun juga mengalami lonjakan emosi yang tidak stabil akibat kecelakaan yang dialaminya itu.

Baca Juga: 7 Potret Artis Indonesia yang Pernah Tampil Bak Barbie di Dunia Nyata

3. Alex Abbad

5 Artis Indonesia Berperan sebagai Tunanetra di Film, Totalitas Abis!Alex Abbad di film Asih (doc. MD Pictures/Asih)

Dalam film horor, Asih yang tayang pada tahun 2018 lalu, Alex Abbad berperan sebagai tokoh Abah. Abah adalah seorang paranormal buta dengan pakaian yang khas.

Abah tidak bisa melihat kehidupan dunia nyata, tapi mampu melihat dunia makhluk gaib. Selama proses syuting, mata Alex harus ditutup dengan silikon yang dibuat menyerupai bekas luka.

4. Caitlin Halderman

5 Artis Indonesia Berperan sebagai Tunanetra di Film, Totalitas Abis!Caitlin Halderman di film Ivanna (doc. MD Pictures/Ivanna)

Tidak hanya aktor, berikut ini ada aktris Indonesia yang juga pernah berperan sebagai orang penyandang tunanetra. Dia adalah Caitlin Halderman yang berperan sebagai Ambar dalam film Ivanna.

Dalam film horor tahun 2022 ini, Ambar adalah seorang gadis yang memiliki keterbatasan dalam penglihatan. Namun, dirinya bisa melihat penampakan aneh sejak matanya dioperasi.

5. Onadio Leonardo

5 Artis Indonesia Berperan sebagai Tunanetra di Film, Totalitas Abis!Onadio Leonardo di film Why Do You Love Me (doc. Falcon Pictures/Why Do You Love Me)

Terbaru ada Onadio Leonardo, musisi yang baru saja mulai aktif di industri perfilman ini juga tampil sebagai seorang tunanetra untuk film terbarunya, Why Do You Love Me. Dalam film produksi terbaru Falcon Pictures ini, Onad berperan sebagai Miko.

Miko adalah penderita retinitis pigmentosa yang membuatnya buta total. Film Why Do You Love Me sudah tayang di bioskop Indonesia pada 29 Juni 2023 lalu.

Menyuguhkan penampilan berbeda, kelima aktor dan aktris di atas memang sangat jempolan dan patut diapresiasi, deh. Menurut kamu siapa yang paling menjiwai karakternya, nih?

Baca Juga: 5 Film Indonesia dengan Karakter Ibu Tunggal, The Real Wonder Women!

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya