Comscore Tracker

10 Film Marvel dengan Budget Produksi Termahal

Hitungannya sudah triliun!

Film Marvel dalam satu dekade ini tampak mendominasi persaingan di genre superhero. Tidak heran, karena film-film yang menghidupkan sejumlah karakter ikonik dari komik tersebut dikenal cukup totalitas.

Terlihat dari budget produksi yang dikeluarkan. Tidak segan-segan, angkanya menyentuh triliun! Kira-kira, film Marvel mana yang paling mahal? Penasaran? Yuk, cek daftarnya!   

10. Iron Man 3

https://www.youtube.com/embed/YLorLVa95Xo

Iron Man adalah karakter ikonis yang jadi pembuka dari Marvel Cinematic Universe. Superhero yang bertempur dengan alat serba canggih ini diperankan oleh Robert Downey Jr. dan memiliki total 3 film solo.

Produksi film ke tiga dari Iron Man tercatat menghabiskan dana 200 juta dolar atau sekitar Rp2,9 triliun! Angka ini tidak hanya membuat Iron Man 3 jadi 10 besar film Marvel termahal, namun juga menjadikannya yang paling mahal dari ketiga film solo Iron Man.

Tercatat, film Iron Man pertama menghabiskan 186 juta dolar atau sekitar Rp2,7 triliun sedangkan Iron Man 2 memakan dana 170 juta dolar atau sekitar 2,5 triliun. 

9. Guardians of the Galaxy Vol 2

https://www.youtube.com/embed/wUn05hdkhjM

Film Marvel Cinematic Universe yang menceritakan sepak terjang kelompok yang dipimpin Peter Quill alias Star-Lord ini sudah memiliki 2 film solo. Keduanya pun sukses menuai banyak pujian dari para pecinta film bertema superhero.

Diketahui, Guardians of the Galaxy Vol 2 menghabiskan modal produksi sebesar 200 juta dolar alias Rp2,9 triliun. Sequel yang menampilkan Groot kecil itu lebih mahal 30 juta dolar dibanding film pertamanya yang menghabiskan dana 170 juta dolar atau sekitar Rp2,5 triliun.

8. Black Panther

https://www.youtube.com/embed/xjDjIWPwcPU

Black Panther adalah film Marvel keluaran tahun 2018 yang menampilkan superhero kulit hitam asal negara fiksi, Wakanda. Film ini bercerita tentang berbagai masalah yang datang ketika pengangkatan raja baru Wakanda, T'Challa.

Pembuatan film yang menampilkan berbagai teknologi canggih milik Wakanda tersebut menghabiskan budget produksi sebesar 200 juta dolar atau sekitar Rp2,9 triliun.

Angka tersebut tidak sia-sia, dilansir dari Forbes di tahun 2018, pendapatan kotor film Black Panther merupakan yang tertinggi di antara film-film yang didominasi aktor kulit hitam lainnya. Bahkan, film yang diperankan oleh mendiang Chadwick Boseman ini melampaui film Will Smith berjudul Bad Boys dan Coming to America-nya Eddie Murphy . 

7. Black Widow

https://www.youtube.com/embed/ybji16u608U

Salah satu film MCU phase 4 yang baru saja dirilis 9 Juli 2021 lalu, Black Widow masuk ke jajaran 10 film Marvel dengan budget produksi termahal. Film yang menampilkan Scarlett Johansson sebagai pemeran utamanya ini menghabiskan dana 200 juta dolar atau sekitar Rp2,9 triliun.

Film Black Widow sendiri akan menceritakan sosok Natasha Romanoff (Scarlett Johansson) alias Black Widow yang harus menghadapi sisi terkelam dalam hidupnya ketika berhadapan dengan konspirasi berbahaya yang ternyata punya kaitan dengan masa lalunya

Baca Juga: Ngakak, Gini Hasilnya Kalau 11 Film Marvel jadi Sinetron Indonesia

6. Eternals

https://www.youtube.com/embed/0WVDKZJkGlY

Eternals adalah salah satu judul yang masuk ke daftar phase 4 dari rangkaian film MCU. Film yang akan meperkenalkan karakter-karakter baru dari jagat Marvel ini dijadwalkan rilis tanggal 5 November 2021 mendatang. 

Seperti yang ditulis oleh Screenrant, walau rilis tahun 2021, proses produksi film Eternals sudah rampung 1 tahun sebelum jadwal perilisannya. Tercatat, 200 juta dolar atau sekitar Rp2,9 triliun telah dihabiskan untuk proses produksi tersebut.

Eternals sendiri akan bercerita tentang ras makhluk berkekuatan super yang telah hidup selama ribuan tahun di bumi secara rahasia. Mereka pun akhirnya harus keluar dari persembunyian untuk melindungi bumi dari ancaman musuh umat manusia, the Deviant

5. The Avengers

https://www.youtube.com/embed/eOrNdBpGMv8

The Avengers adalah film pertama Marvel yang menyajikan banyak karakter superhero dalam satu layar. Tentu saja Marvel tidak ingin main-main, mereka mengeluarkan biaya sebesar 225 juta dolar atau setara dengan Rp3,25 triliun untuk membuat film ini terwujud.

Biaya produksi tersebut sepadan dengan kebutuhan mereka untuk menampilkan Iron Man, Captain America, Thor, Hulk, Black Widow dan Hawkeye dalam satu film. Enam karakter tersebut bekerja sama untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh Loki.

4. Captain America: Civil War

https://www.youtube.com/embed/dKrVegVI0Us

Captain America: Civil War adalah salah satu film Marvel yang paling berkesan bagi para penggemar, selain karena menyajikan konflik antar superhero, film ini juga jadi momen kembalinya Spider-Man ke "rumah."

Film ini menghabiskan dana 250 juta dolar atau sekitar Rp3,6 triliun! Angka besar tersebut demi memvisualisasikan perselisihan kubu Captain America yang beranggotakan Bucky Barnes, Hawkeye, Scarlet Witch, dan Falcon melawan pihak Iron Man yang berisi Black Panther, Black Widow, Vision, dan War Machine.

Perpecahan para superhero ini diawali oleh perbedaan pendapat terkait kesepakatan Sokovia yang mewajibkan orang-orang dengan kekuatan istimewa diawasi oleh PBB. Captain America menolak menandatangani, sedangkan Iron Man menyetujuinya. 

3. Avengers: Infinity War

https://www.youtube.com/embed/6ZfuNTqbHE8

Urutan ketiga untuk film Marvel dengan budget produksi termahal adalah Avenger: Infinity War. Film ini merupakan bagian pertama dari dua film yang menceritakan pertempuran para Avengers melawan musuh kuat bernama Thanos.

Perpecahan para superhero yang terjadi di Captain America: Civil War membuat para pelindung bumi tersebut tidak terlalu siap menyambut "tamu" yang datang dari luar angkasa. Alhasil, pertempuran pun semakin memburuk dan tidak berpihak pada mereka.

Produksi film Avenger: Infinity War menguras dana sebesar 300 juta dolar atau sekitar Rp4,3 triliun! Angka tersebut tidak sia-sia, karena film ini mampu mengantongi keuntungan hampir 7 kali lipat dari biaya produksinya.

2. Avengers: Age of Ultron

https://www.youtube.com/embed/tmeOjFno6Do

Urutan kedua adalah Avengers: Age of Ultron, film kedua dari seri Avengers ini menampilkan Ultron sebagai musuh utama. Awalnya, Ultron adalah AI yang dikembangkan oleh Tony Stark dan Bruce Banner, karena terlampau pintar, AI ini memiliki kehendak sendiri dan malah jadi ancaman bagi dunia.

Film yang harus menampilkan Ultron dengan segala kecanggihannya tersebut tercatat memakan biaya produksi 365 juta dolar atau sekitar Rp5,3 triliun! Namun sayang, keuntungan yang diberikan oleh film kedua dari para Avengers ini tidak dapat melampaui film pertamanya.

1. Avengers: Endgame

https://www.youtube.com/embed/TcMBFSGVi1c

Pemuncak dari daftar 10 film Marvel dengan budget termahal adalah Avengers: Endgame yang merupakan bagian kedua dari Avengers: Infinity War. Film ini menceritakan kelanjutan nasib para Avengers terkait invasi yang dilakukan Thanos dan pasukannya.

Film yang menampilkan pertempuran masif dan dramatis ini dibuat dengan budget produksi sebesar 400 juta dolar atau sekitar Rp5,8 triliun! Bukan hanya di antara film Marvel, angka tersebut juga membuat Avengers: Endgame menjadi film dengan budget termahal di tahun 2019.

Itulah 10 film Marvel Cinematic Universe dengan budget produksi paling mahal. Ternyata bukan aksi para superhero-nya saja yang fantastis, modalnya pun tak kalah bikin melongo!

Baca Juga: Ngakak, Gini Hasilnya Kalau 11 Film Marvel jadi Sinetron Indonesia

Luthfi Alimughni Photo Verified Writer Luthfi Alimughni

Pecinta film yang hobi nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya