Comscore Tracker

7 Film Korea dengan Rating Tinggi di Rotten Tomatoes

Diakui para kritikus! #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Korea Selatan memang cukup serius dalam mengembangkan industri hiburan mereka, khususnya di bagian film. Banyak film-film asal negeri ginseng memiliki kualitas yang sangat luar biasa. 

Bahkan, para kritikus film di situs Rotten Tomatoes memberikan rating tinggi untuk beberapa film Korea Selatan. Tidak tanggung-tanggung, angkanya sampai mentok di 100! Penasaran film apa saja? Let's check this out!

1. Parasite (2019) 

https://www.youtube.com/embed/SEUXfv87Wpk

Tak hanya karena diganjar rating 98% di Rotten Tomatoes, Parasaite juga berhasil memboyong 4 piala Oscar sekaligus, lho.

The New York Times pun turut memberikan review positif terhadap film ini. Mereka memuji cara sutradara Bong Joon Ho mengarahkan kamera untuk mendapatkan scene yang dia inginkan.

Tak hanya itu, sang pemenang piala Oscar untuk kategori Best Achievement in Directing tersebut juga tahu, bagaimana dapat menyampaikan kebenaran di dalam filmnya.

2. Poetry (2011) 

https://www.youtube.com/embed/rtxZOpu_YNk

Ditulis dan diarahkan oleh Lee Chang Dong , film Korea berjudul Poetry berhasil mendapatkan rating tertinggi dari para kritikus di Rotten Tomatoes, yaitu 100%!

Film yang dibintangi aktris senior, Yun Jeong Hie ini menceritakan tentang wanita paruh baya yang menderita fase awal penyakit Alzheimer. Ia juga harus dihadapkan dengan fakta cucunya yang terlibat dalam kasus kriminal.

Kemudian, pilihannya untuk bergabung ke kelas puisi ternyata mengantarkan nenek umur 60-an itu kembali menemukan kekuatan dan tujuan hidup.

3. The Age of Shadows (Mil-jeong) (2016)

https://www.youtube.com/embed/zoYsQcGV4b4

Terinspirasi dari kisah nyata di tahun 1920-an ketika Korea masih dijajah Jepang, The Age of Shadows pun dibuat di bawah arahan sutradara kawakan, Kim Jee Woon.

Film yang melibatkan sederet aktor ternama, seperti Sang Kang Ho, Lee Byung Hun, Gong Yoo, dan Han Ji Min ini meraih rating 100% di Rotten Tomatoes.

Film ini menampilkan kondisi peperangan, spionase, dan politik yang dipadukan dengan sangat baik. Tak heran jika film ini berhasil menjadi film terbaik di ajang Asian Film Awards 2017.

Baca Juga: 7 Film Agen Rahasia Korea Terbaik, Gak Kalah Seru dari Film Hollywood!

4. The Wailing (Goksung) (2016)

https://www.youtube.com/embed/VUWAgbXSJ4Y

The Wailing merupakan film horor karya sutradara Na Hong Jin yang penuh dengan plot twist. Kamu akan melihat daya tarik lain dari sebuah film horor.

Ini disbebakan, karena The Wailing (Goksung) yang mendapat rating 99% di Rotten Tomatoes ini minim jump scare. Meskipun begitu, jalan ceritanya tetap tidak kalah mengerikan.

Ceritanya mengenai pandemi misterius yang melanda sebuah desa kecil yang terjadi berdekatan dengan kehadiran seorang pendatang asal Jepang. Seorang polisi setempat pun dipaksa untuk memecahkan misteri itu demi menyelamatkan putrinya.

5. Mother (Madeo) (2009) 

https://www.youtube.com/embed/0oBwQHWeYxo

Mother adalah salah satu film Korea yang membanggakan karena menjadi nominasi Oscar untuk Best International Film. Film ini berhasil menang di kategori Best Film di Asian Film Awards 2010. Rotten Tomatoes pun memberi rating 96% untuk film ini.

Mother sendiri bercerita tentang seorang ibu yang berjuang untuk membela anaknya yang berumur 28 tahun. Saat itu, sang anak dituduh melakukan pembunuhan. Sang ibu pun perlahan dapat menemukan siapa pembunuh sebenarnya di kasus tersebut.

Film ini merupakan kolaborasi apik antara akting memukau aktris senior Korea, Kim Hye Ja dan visi yang sangat baik dari sutradara Bong Joon Ho. 

6. The Host (2006)

https://www.youtube.com/embed/1HRTy26s4hw

The Host merupakan film yang mengenalkan bakat sutradara Bong Joon Ho pada dunia. Dilansir thefilmagazine.com, Joon Ho tidak hanya menjadikan The Host sebagai film thriller yang cerdas dan menghibur. Ia juga menampilkan drama keluarga yang lembut dan komedi yang mendebarkan.

Situs Rotten Tomatoes pun memberi penilaian tinggi dengan rating 93% untuk film ini. Walau CGI yang ditampilkan sudah tidak relevan di tahun 2021 ini, tapi satire yang dibalut komedi pada film ini masih sangat menarik untuk ditonton.

7. Hotel by the River (2019) 

https://www.youtube.com/embed/tQzQ_A6oO2s

Hotel by the River adalah sebuah film rilisan 2018 dengan konsep yang unik. Film berlatar musim dingin ini disajikan dengan gaya hitam putih dan berhasil membuat keresahan yang biasa menjadi sebuah struktur yang lebih kompleks.

Film yang diarahkan oleh sutradara Hong Sang Soo ini mengisahkan seorang penyair tua (Bong Gi Ju) yang menginap di hotel tepi sungai Han pada musim dingin.

Dia memanggil kedua putranya untuk menginap bersama. Walau area hotel kecil, tapi ayah dan kedua anak tersebut kadang bertemu. Namun, kadang juga tak saling mengetahui keberadaan masing-masing.

Di sisi lain, ada gadis muda yang gagal dalam hubungannya sedang menginap bersama seorang sahabat. Mereka bersenang-senang di hotel yang sama.

Aktivitas mereka membawa sang penyair menemukan sepasang keindahan yang menginspirasinya untuk membuat puisi tentang sebuah hotel dan sungai. Keduanya adalah simbol kefanaan. Satu tidak berubah dan yang lain terus mengalir.

Itulah 7 film Korea yang mendapat rating tinggi di situs Rotten Tomatoes. Sebagai fans dari segala hal tentang Korea, sudahkah kamu menonton ketujuh film di atas?

Baca Juga: Siap-siap Tisu, 12 Film Korea Tersedih Ini  Bikin Banjir Air Mata 

Luthfi Alimughni Photo Verified Writer Luthfi Alimughni

Pecinta film yang hobi nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya