Comscore Tracker

Tidak Hanya Cats, Ini 7 Film Paling Rugi dari Universal Pictures

Pernah menonton salah satunya? #IDNTimesHype

Nama besar atau studio ternama tidak menjamin suatu film dapat untung di pasaran. Mengacu pada data di situs The Numbers, beberapa film dari Universal Pictures pun ternyata merugi dengan angka yang cukup fantastis, lho.

Cats mungkin salah satu yang paling terekspos. Namun, bukan hanya Cats yang jadi film paling rugi. Berikut 7 film dari Universal Pictures ini juga tidak sukses memberi keuntungan.

1. Your Highness

https://www.youtube.com/embed/NJmsKhstdgE

Your Highness adalah film Universal Pictures yang tayang tahun 2011. Film ini menceritakan dua pewaris takhta yang mempunyai sifat berlawanan.

Sang kakak, Fabious (Danny McBride) adalah sosok laki-laki sempurna yang gagah berani dan selalu ikut berperang. Sementara sang adik, Thadeous (James Franco) merupakan anak manja yang hanya tinggal di istana saat kakaknya berperang. Kemudian, keduanya harus bekerja sama untuk membebaskan calon istri Fabious, Belladona (Zooey Deschanel).

Film ini tidak berhasil mendulang keuntungan dengan baik. Biaya produksi sebesar 50 juta dolar atau sekitar Rp725 miliar hanya menghasilkan keuntungan kotor sebesar 26 juta dolar atau Rp377 miliar. Artinya, film Your Highness rugi sebanyak Rp348 miliar.

2. News of the World

https://www.youtube.com/embed/zTZDb_iKooI

News of the World adalah film adaptasi novel dengan judul serupa yang tayang tahun 2020. Film dari Universal Pictures ini menceritakan Kapten Jefferson (Tom Hanks), seorang veteran Perang Sipil yang menghabiskan masa tuanya dengan melakukan perjalanan sebagai seorang pendongeng non-fiksi dan pembawa berita. 

Dia lalu berjumpa dengan anak 10 tahun bernama Johanna (Helena Zengel). Anak kulit putih tersebut tumbuh bersama Indian dan tidak dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Jefferson pun berinisiatif untuk mempertemukan Johanna dengan keluarga sebenarnya.

Film yang melibatkan nama besar, seperti Tom Hanks dan sutradara dari The Bourne Ultimatum, Paul Greengrass, tidak memberikan profit yang diharapkan.

Penayangannya di seluruh dunia hanya menghasilkan 12 juta dolar atau sekitar Rp174 miliar. Sedangkan modal produksinya adalah 38 juta dolar atau sekitar Rp551 miliar. Alhasil, film ini rugi sekitar Rp377 miliar.

3. Thunderbirds

https://www.youtube.com/embed/h2FJ878jSDY

Thunderbirds yang rilis tahun 2004 merupakan adaptasi dari TV series tahun 1960-an dengan judul serupa. Film ini diarahkan oleh sutradara beberapa film Star Trek tahun 90-an, yaitu Jonathan Frakes.

Film ini bercerita tentang mantan astronot bernama Jeff Tracy (Bill Paxton). Dia masuk ke sebuah organisasi rahasia yang bermarkas di pulau Tracy. Tracy adalah sebuah pulau buatan yang juga merupakan alat yang canggih karya Ray Hackenbacker (Anthony Edwards).

Hasil dari film Universal Pictures satu ini tidak terlalu baik di pasaran. Mereka mengalami kerugian 27 juta dolar alias Rp392 miliar. Dilansir CBR.com, sang sutradara pernah mengatakan pada Vulture pada tahun 2019, bahwa pemilihan Brady Corbet sebagai pemeran utama jadi salah satu faktor film ini tidak sukses.

Baca Juga: 6 Pemain Film Hollywood yang Terlibat di Film Live Action Disney

4. Land of the Lost

https://www.youtube.com/embed/uBPEr0csKCY

Keterlibatan nama besar di film genre komedi, seperti Will Ferrell dan Danny McBride, tak lantas membuat Land of the Lost selamat dari kerugian.

Film yang bercerita tentang perjalanan waktu ke zaman purba yang penuh dengan dinosaurus ini rugi 30,5 juta dolar atau sekitar Rp442 miliar.

Film yang rilis 2009 tersebut memperoleh keuntungan kotor untuk penayangannya di seluruh dunia sebesar 69 juta dolar atau Rp1 triliun. Sedangkan biaya produksi yang dikeluarkan untuk film ini adalah 100 juta dolar atau sekitar Rp1,4 triliun.

Karya dari sutradara Brad Silberling ini kalah bersaing dengan film komedi populer, The Hangover yang tayang bulan Mei 2009, sebulan sebelum Land of the Lost pada Juni 2009.

5. Welcome to Marwen

https://www.youtube.com/embed/W6dy7xQ8NeE

Film Universal Pictures yang cukup unik berjudul Welcome to Marwen tak luput dari kerugian. Film yang memadukan drama dengan animasi stop motion ini tercatat mengalami kerugian sebesar 32 juta dolar alias Rp464 miliar. 

Welcome to Marwen bercerita tentang seorang fotografer bernama Mark Hogancamp (Steve Carell) yang membuat miniatur kota fiktif berlatar PD II. Hal itu dimaksudkan untuk mengobati trauma yang dia alami setalah serangan para tentara. Dia membayangkan dirinya masuk ke miniatur tersebut dan menjadi tokoh heroik di sana. 

Film ini dibuat dengan biaya produksi 45 juta dolar atau sekitar Rp652 miliar. Namun, hanya menghasilkan keuntungan kotor sebesar 13 juta dolar atau sekitar Rp188 miliar. 

6. Scott Pilgrim vs. The World

https://www.youtube.com/embed/7wd5KEaOtm4

Scott Pilgrim vs. The World mungkin adalah film favorit sebagain orang. Namun siapa sangka, film ini tidak terlalu sukses secara finansial.

Tercatat, film yang dibintangi Michael Cera ini hanya menghasilkan 49 juta dolar atau Rp710 miliar untuk penayangannya di seluruh dunia. Sedangkan biaya produksi yang dikeluarkan sebesar 85 juta dolar atau sekitar Rp1,2 triliun.

Alhasil, film ini rugi 35,7 juta dolar atau sekitar Rp517 miliar. Dilansir thewrap.com, ada beberapa faktor yang menyebabkan film pahlawan super yang diangkat dari komik ini merugi.

Beberapa diantaranya adalah karena persona protagonis yang pemalas tidak menggambarkan karakter seorang superhero yang ingin ditonton oleh orang-orang

7. R.I.P.D.

https://www.youtube.com/embed/nt59JjtWFSU

Lagi-lagi, nama besar tidak menjamin suksenya sebuah film secara finansial. R.I.P.D. adalah film dari Universals Pictures yang mengalami kerugian senilai 51 juta dolar atau sekitar Rp738 miliar.

Film yang diproduksi dengan budget sebesar 130 juta dolar alias Rp1,8 trliun ini hanya menghasilkan keuntungan kotor sebesar 79 juta dolar atau sekitar Rp1,1 triliun dari penayangannya di seluruh dunia. 

Padahal, film ini dibintangi oleh nama besar sekelas Ryan Renolds dan Jeff Bridges. Ide ceritanya pun sebenarnya cukup menarik, yakni menceritakan 2 orang dari departemen kepolisian alam akhirat yang bertugas untuk mengembalikan roh-roh yang masih berkeliaran di dunia secara ilegal.  

Nah itu dia 7 film paling rugi dari Universal Pictures. Tidak tanggung-tanggung kerugiannya sampai miliaran! Adakah film yang kamu tidak sangka ada di daftar ini?

Baca Juga: 5 Fakta Lionsgate Play, Layanan Streaming Gudangnya Film Hollywood!

Luthfi Alimughni Photo Verified Writer Luthfi Alimughni

Pecinta film yang hobi nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya