Comscore Tracker

15 Film yang Berhasil Menang Piala Oscars 2021, 'Nomadland' Terbanyak!

Film dari Netflix paling banyak borong piala #IDNTimesHype

Siapa yang sangat menantikan Academy Awards atau The Oscars 2021? Meskipun terhambat oleh pandemi, acara penghargaan film terbesar di dunia ini pun sukses berjalan dengan lancar.

Ada sebanyak puluhan nominasi yang disajikan tetapi hanya beberapa film saja yang berhasil membawa pulang deretan nominasi tersebut. Apa saja? Let's check this out!

1. Another Round (Denmark)

https://www.youtube.com/embed/bj8Jmz_srDg

Sukses bersaing dengan lima film dari berbagai negara, film Another Round berhasil dinobatkan sebagai salah satu pemenang. Film asal Denmark ini pun mendapatkan penghargaan sebagai Best International Feature Film di The Academy Awards  2021.

2. Two Distant Strangers

https://www.youtube.com/embed/j-67K-KwHbA

Kisah yang menarik dan juga melibatkan isu yang pernah terjadi Amerika Serikat, film pendek Two Distant Strangers dari Netflix sukses menyabet piala Best Short Film (Live Action).

3. If Anything Happens I Love You

https://www.youtube.com/embed/3kH75xhTpaM

Sempat viral di TikTok, If Anything Happens I Love You merupakan film animasi pendek terbaik pada tahun 20201. Tak heran, jika film tersebut berhasil menang Best Animated Short Film di Oscars 2021.

4. My Octopus Teacher

https://www.youtube.com/embed/3s0LTDhqe5A

My Octopus Teacher merupakan film dokumenter dari Netflix yang memfokuskan salah satu kehidupan mahluk laut, yakni gurita. Tidak membosankan dan kayak akan ilmu, Oscars 2021 memutuskan My Octopus Teacher sebagai Best Documentary Feature.

5. Colette

https://www.youtube.com/embed/J7uBf1gD6JY

Tak hanya My Octopus Tracher, film dokumenter berjudul Colette juga berhasil berjuang di Oscar 2021. Film ini pun sukses membawa pulang piala penghargaan Best Documentary Short Subject.

Baca Juga: 6 Fakta 'Better Days', Film Asal Hong Kong yang Tembus Oscars 2021

6. Promising Young Woman

https://www.youtube.com/embed/7i5kiFDunk8

Kisah pada film Promising Young Woman memang benar-benar kisah orisinil yang diciptakan oleh Emerald Fennell sebagai sutradara dan penulis naskah. Film yang mengutamakan tokoh wanita ini sangat layak menerima Best Original Screenplay dari Oscars 2021.

7. Tenet

https://www.youtube.com/embed/L3pk_TBkihU

Tayang saat pandemi pada pertengahan 2020 lalu, Tenet ternyata lebih unggul untuk masalah efek visual. Maka dari itu, Academy Awards 2021 memutuskan Tenet sebagai film dengan Best Visual Effect pada tahun ini.

8. Minari

https://www.youtube.com/embed/KQ0gFidlro8

Tahun lalu ada Parasite yang behasil meraih penghargaan ini. Pada 2021, giliran Minari yang sukses menyabet penghargaan dari Academy Awards.

Dari sekian banyak nominasi yang didapat, Minari ternyata lebih mencuri perhatian pada kemampuan akting Youn Yuh Jung. Piala Best Supporting Actress pun diberikan kepada aktris senior tersebut.

9. The Father

https://www.youtube.com/embed/4TZb7YfK-JI

Tak disangka, kalau film The Father ikut bersaing dalam Academy Awards 2021. Beruntung, film ini pun sukses menyabet Best Adapted Screenplay dan Best Actor untuk kemampuan akting aktor legendaris, Anthony Hopkins.

10. Judas and the Black Messiah

https://www.youtube.com/embed/6ivHf4ODMi4

Film dari Warner Bros Pictures juga tidak mau kalah bersaing. Judas and the Black Messiah menyabet piala Best Supporting Actor untuk Daniel Kaluuya dan Best Original Song untuk lagu "Fight For You" yang dibawakan oleh H.E.R.

Baca Juga: 5 Film Peraih Nominasi Best Animated Oscars 2021, Wajib Ditonton

11. Sound of Metal

https://www.youtube.com/embed/VFOrGkAvjAE

Sound of Metal merupakan satu-satunya film dari Amazon yang sukses berjaya di Oscars pada tahun ini. Ada banyak nominasi yang diperoleh, tetapi film ini sukses meraih piala Best Sound dan Best Film Editing.

12. Soul

https://www.youtube.com/embed/xOsLIiBStEs

Film kolaborasi Disney dan Pixar memang tidak pernah absen dari Academy Awards. Pada tahun ini, ada film Soul yang menyabet penghargaan Best Animated Featured dan Best Original Score.

13. Mank

https://www.youtube.com/embed/aSfX-nrg-lI

Mank merupakan satu-satunya film bernuansa hitam putih yang masuk nominasi Oscars pada tahun ini. Sempat meraih nomiasi paling banyak, film dari Netflix ini berhasil membawa pulang piala Best Production Design dan Best Cinematography.

14. Ma Rainey's Black Bottom

https://www.youtube.com/embed/ord7gP151vk

Ada lagi film Netflix berjudul Ma Rainey's Black Bottom yang ikut bersaing. Punya make up dan kostum yang paling menonjol, tak heran jika film ini pun layak mendapatkan penghargaan Best Makeup and Hairstyling dan Best Costume Design.

15. Nomadland

https://www.youtube.com/embed/6sxCFZ8_d84

Pada urutan terkahir ada film Nomadland yang paling banyak memborong piala. Film ini sukses besar memborong piala Best Director untuk Chloe Zhao, Best Picture, dan Best Actress untuk Frances McDormand.

Itulah 15 film yang berhasil memenangkan piala Academy Awards atau Oscars 2021. Tak disangka, Nomadland menjadi film terbaik pada tahun ini. Apakah kamu sudah nonton semua film di atas?

Baca Juga: 10 Film Berkualitas yang Gagal Masuk Nominasi Oscars 2021

Mahdi Ghufron Hidayat Photo Verified Writer Mahdi Ghufron Hidayat

Sedang belajar menjadi lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya