Comscore Tracker

10 Fakta Unik SM Entertainment, Agensinya Idol KPop Ternama

Anniversary pada bulan Februari lalu lho #WaktunyaKorea

SM Entertainment merupakan salah satu agensi terbesar di Korea Selatan yang sukses mencuri hati penggemar dalam berbagai aspek. Tidak hanya kualitas para idola yang didebutkan, namun perjalanan bisnis perusahaan, biografi pendiri hingga CEO pun tidak luput dari pembicaraan.

Sering dibahas, tidak heran jika agensi yang berdiri pada 14 Februari 1995 ini mempunyai ciri khas yang unik, orisinil, dan berbeda. Dimulai dengan konsep para idola yang beragam, teknologi yang digunakan, hingga proyek aksi sosial yang berkembang dengan pesat.

Seperti sepuluh fakta di bawah ini, jika para penggemar mendengar atau membacanya, pasti akan langsung teringat pada agensi para idol ini. Apa saja?

1. Lee Soo Man

10 Fakta Unik SM Entertainment, Agensinya Idol KPop Ternamatwitter.com/jaemrolocude

Lee Soo Man, tidak hanya sebagai CEO, namun juga pendiri, produser, hingga representasi dari agensi para idola Korea Selatan, SM Entertainment. Tidak hanya itu, pengalaman hidup Lee Soo Man bisa menjadi life goals setiap orang.

Dimulai lahir pada tahun 1952, debut tahun 1972, membentuk band metal pada tahun 1980, mendirikan agensi sendiri tahun 1989, dan masuk dalam daftar pebisnis paling berpengaruh di dunia selama empat tahun berturut-turut tahun 2017 hingga 2020.

Seperti para artisnya, ia juga punya pesona duality, mempunyai otak yang brilian dalam dunia bisnis dan KPop. Namun, menjadi seorang ayah yang multitalenta dan penuh kasih sayang terhadap keluarganya dan anak didiknya di SM Entertainment. Tidak heran ya, jika para idol SM Entertainment sering memanggilnya sebagai guru di setiap kesempatan?

2. Identik dengan warna merah jambu

10 Fakta Unik SM Entertainment, Agensinya Idol KPop Ternamamarketeers.com

Tidak hanya warna favorit dari Lee Soo Man dan Tiffany SNSD, namun merah jambu mempunyai kesan yang mendalam. Dimulai dengan mempunyai makna cinta, kehangatan, kebersamaan, dan tanggal berdirinya SM Entertainment adalah 14 Februari yang tepat dengan hari Valentine.

Kantor agensi yang berdiri di Gangnam-gu pun dijuluki The BINK, yang terdiri dari kata Box dan Pink dengan harapan semua pegawai memiliki kehangatan dan kebersamaan seperti yang dilambangkan oleh warna merah jambu ini.

3. Anniversary yang dibarengi tanggal lahir para idol

10 Fakta Unik SM Entertainment, Agensinya Idol KPop Ternamatwitter.com/nctnightnight

Bertabur bintang, tidak hanya merayakan anniversary perusahaan pada tanggal 14 Februari. Para SM Stan juga merayakan hari lahir para idolanya. Seperti Doyoung, Jisung, Johnny, Jaehyun, Jungwoo, dan Ten NCT, Kyuhyun Super Junior, Yunho dan Changmin TVXQ, serta Seulgi dan Wendy Red Velvet.

Baca Juga: 9 Alasan Unik, Mengapa Idol SM Entertainment Selalu Terlihat Berbeda 

4. Mempunyai banyak anak perusahaan dan kemitraan strategis yang menonjol

10 Fakta Unik SM Entertainment, Agensinya Idol KPop Ternamasoompi.com

Dimulai dengan SM C&C (SM Culture and Contents) agensi multientertainment untuk aktor dan komedian, FNC Add dan KEYEAST yaitu agensinya para aktor, serta Label SJ yang eksklusif untuk boy group Super Junior.

Untuk kemitraan strategis tercatat ada Galaxia SM yaitu perusahaan bidang olahraga, Esteem yang merupakan agensinya para 'Coordi Noona' para idol SM Entertainment, dan Mystic Entertainment. Tidak lupa Speeker yang merupakan perusaahan gabungan dari SM Entertainment dan Esteem.

5. Bekerja sama dengan perusahaan hiburan terbesar dunia

10 Fakta Unik SM Entertainment, Agensinya Idol KPop Ternamasoompi.com

Tidak selalu dengan akuisisi perusahaan lain, kesuksesan SM Entertainment juga dipengaruhi kerjasama yang kuat dengan perusahaan besar dunia. Yang terbaru, dilansir Gilbo News dan Various, melalui SM Life Design telah bekerja sama dengan Disney untuk memproduksi konten berkualitas UHD 4K dan menjadi distributor untuk DVD/Blue Ray resmi Disney. Tidak ketinggalan, perusahaan multinational Korea Selatan yang bergerak di bidang teknologi, juga bekerja sama lewat platform LYSN.

Perusahaan Alibaba Group juga ikut andil dalam kesuksesan SM Entertainment di Tiongkok, salah satunya dengan menerapkan lisensi khusus artis SM di platform QQ Music.

6. Mempunyai idol dengan ekstraterrestial dan blueprint visual

10 Fakta Unik SM Entertainment, Agensinya Idol KPop Ternamatwitter.com/NCTsmtown

SM Entertainment selalu mendebutkan para idol dengan visual yang unik dan berbeda. Seperti Ekstraterrestial Visual dan Blueprint Visual.

Ekstraterrestial Visual merupakan visual para idol yang tidak nyata, bahkan seperti datang dari luar bumi, seperti anime, karakter game, hingga berhubungan dengan AI atau teknologi. Idol yang dinyatakan mempunyai visual ini adalah Jaejong JYJ, Kris Wu, Taeyong NCT, dan Karina aespa.

Sedangkan Blueprint visual merupakan visual berkarakter yang hak patennya hanya dimiliki oleh SM Entertainment. Seperti Kangta, Jaejong JYJ, Taeyon SNSD dan Donghae Super Junior. Jika ada idol ataupun trainee yang terlihat mirip dengan mereka, sudah dipastikan ia adalah milik SM.

Berikut idol yang terlihat mirip dengan empat idol di atas:

  1.  Kangta : Siwon Super Junior, Zhoumi Super Junior M, dan Suho EXO
  2. Jaejong JYJ : Taeyong, Yuta, dan Sungchan NCT
  3. Taeyon SNSD : Irene Red Velvet, Doyoung NCT, dan Winter aespa.
  4. Donghae Super Junior : Jeno NCT dan Amber f(x).

7. Konsep unik dan terbaru

10 Fakta Unik SM Entertainment, Agensinya Idol KPop Ternamatwitter.com/SMTOWN_USA

SM Entertainment memang sangat terkenal sebagai pencetus konsep yang unik, orisinil, dan menarik. Seperti konsep aespa yang debut dengan konsep avatarnya, S.E.S sebagai pencipta konsep girl crush, dan Red Velvet yang berorientasi pada konsep dan vokal anggota.

Tidak hanya itu, air SM Entertainment yang sempat heboh di kalangan penggemar pada beberapa bulan lalu. Ternyata pada tahun 2016, bekerja sama dengan E-Mart Korea , SM Entertainment meluncurkan minuman Sparkling Water SM edisi Red Velvet dengan rasa jeruk, EXO dengan rasa plain, dan SHINee dengan rasa lemon. Tidak lupa dikemas dengan botol lucu khas warna fandom.

8. Konser keluarga SM Entertainment

10 Fakta Unik SM Entertainment, Agensinya Idol KPop Ternamatwitter.com/Yeol4400

Agensi yang memiliki grup aktif terbanyak pada tahun 2021 ini, rutin mengadakan konser keluarga yang bertabur bintang. Tidak hanya melihat keseruan konser dan kehebatan teknologi yang mendukung, juga dapat melihat interaksi hangat antar lintas grup tanpa persaingan, kecanggungan, namun tetap sopan dan menghargai satu sama lain.

Tidak hanya sekedar cerita, senior yang turun langsung mendidik adiknya, berbagi ruang latihan, serta tidak ada perbedaan hak gender, bisa dilihat hasilnya dalam konser ini.

9. Mobil studio kerja sama Hyundai dan SM Entertainment

https://www.youtube.com/embed/0WtYsiDPdvw

Para KPopers pasti pernah bukan mengikuti live para idol SM Entertainment di dalam mobil yang dilengkapi teknologi seperti sebuah studio? Yap, mobil itu bernama Hyundai Solati Moving Studio. Merupakan mobil teknologi studio bertenaga matahari yang dikembangkan secara eksklusif oleh SM Entertainment dan Hyundai Motors.

Sedangkan desajn interiornya merupakan hasil rancangan dari UK Automobile Specialist 'Top Bear', yang tahan air dan api. Kerangkanya terbuat dari baja terbaik di kelasnya.

10. Aktif dalam aksi sosial

10 Fakta Unik SM Entertainment, Agensinya Idol KPop Ternamatwitter.com/ArchivesSuju

Dilansir dari Various Source, selain terlatih dalam kesehariannya, SM Entertainment juga mengajarkan kedermawanan dan bakti sosial kepada setiap idol dan trainee melawati proyek SMile For U. Diharapkan bisa memberikan pengaruh baik terhadap sesama.

Seperti member Super Junior, Siwon, tidak hanya aktif dengan Unichef, namun juga penggerak WONASIA Organization yang merupakan Non Govermental Organization di bidang sosial. Jadi, jangan heran ya kalau nanti kamu ketemu dengan bias ketika jadi relawan.

Tidak hanya sepuluh fakta di atas, jika dibahas lebih lanjut masih banyak keunikan dan prestasi SM Entertainment, agensi para idola. Tidak hanya fokus pada pendebutan penyanyi, namun tidak meninggalkan kewajiban untuk berbagi dengan sesama. Tidak lupa, tidak hanya diisi oleh para visual namun juga bertalenta. Selain beberapa fakta di atas, kira-kira apalagi ya yang menjadi ciri khas SM Entertainment?

Baca Juga: 6 Hal Ini Bisa Ditiru dari Lee Soo Man, Pendiri SM Entertainment

Maisix Dela Desmita Photo Verified Writer Maisix Dela Desmita

http://maisixdela.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya