Comscore Tracker

7 Trio Vokal SM Entertainment Ini Buktikan Bakat Suara yang Mumpuni 

Suaranya bikin hati adem #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Dikenal sebagai agensi hiburan terbesar di Korea Selatan, SM Entertainment tentu juga dijuluki mempunyai artis dengan kemampuan yang mengagumkan, salah satunya dalam bidang vokal. Dengan kemampuan bernyanyi yang mumpuni, tidak heran jika agensi yang anniversary pada 14 Februari lalu selalu membuat proyek terbaru untuk para artisnya. Dimulai dengan debut menjadi member boy group atau girl group, debut solo, hingga mempunyai sub unit yang disesuaikan dengan karakter suara mereka.

Berbicara mengenai sub-unit, sampai sekarang SM Entertainment sudah mempunyai empat grup sub-unit vokal yang dibentuk dari masing-masing grup. Tidak hanya sub-unit, dalam beberapa kesempatan, agensi ini juga menunjukkan kebolehan beberapa idol terpilih untuk tampil bersama. Siapa saja?   

1. S.E.S

https://www.youtube.com/embed/vAO_OcRz6xQ

Penggemar drama Penthouse pasti tau dong dengan pemeran karakter Oh Yeon Hee? Yap, dia bukan hanya terampil dalam seni peran, namun juga merupakan member dari group S.E.S, yang mana generasi pertama dalam sejarah KPop. Eugene, bersama dua member lainnya, yaitu Bada dan Shoo, tidak hanya mempunyai wajah yang cantik namun juga kualitas vokal yang mumpuni.

Bahkan pada akhir tahun 1990-an, S.E.S bersama dengan rekan satu agensinya HOT, sempat dilarang tampil dalam acara musik mingguan karena terlalu terkenal. Reputasi mereka dianggap akan mengurangi perhatian untuk group lainnya. Grup yang debut pada tahun 1997 ini, menampilkan konsep girl crush, yang membuktikan bahwa perempuan juga bisa mendominasi panggung dan mengenakan pakaian sesuai keinginan dan kenyamanan mereka.

2. Super Junior K.R.Y

https://www.youtube.com/embed/n0LZmB2UjxA

Sub-unit pertama SM Entertainment yang dibentuk pada tahun 2006 ini tidak perlu diragukan lagi kualitas vokalnya. Terdiri atas tiga vokalis utama grup Super Junior yaitu Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung, yang baru merilis album pertama mereka yaitu When We Were Us setelah 14 tahun debut. Wah, selamat!

Berbeda dengan sub-unit lainnya, masa debut mereka diisi dengan debut dan perilisan album solo masing-masing member, perilisan single untuk sub-unit, tidak pernah absen mengisi soundtrack drama, bahkan bersinar di panggung musikal. Terkenal dengan julukan King of Ballad, pada Juni 2020 salah satu membernya yaitu Kyuhyun masuk dalam line-up vokalis idol terbaik menurut pakar musik Korea Selatan bersama 13 idol KPop lainnya.

3. SNSD TaeTiSeo 

https://www.youtube.com/embed/JmM04_OgajU

Beranggotakan Taeyon, Tiffany dan Seohyun, sub-unit ini mampu menunjukkan kualitas vokal yang powerful. Lewat mini album Twinkle, mereka berhasil menduduki posisi #126 di Bilboard 2012 dan menjadi artis KPop pertama yang memasuki chart tersebut. Meskipun sudah vakum lebih dari lima tahun, dilansir Top Star News, TaeTiSeo terpilih menduduki peringkat pertama sebagai sub-unit yang menunjukkan pesona berbeda dari kegiatan grup.

Baca Juga: Dominan Rapper, Ini Pesona Duality 5 Idol SM Entertainment Line 99

4. EXO CBX 

https://www.youtube.com/embed/CUEVug5PUIU

Debut dengan single "Hey Mama", sub-unit yang beranggotakan Chen, Baekhyun, dan Xiumin ini, diketahui sebagai sub-unit trio dengan penjualan album terbanyak sepanjang sejarah KPop. Tidak heran, sejak debut pada tahun 2016 mereka sudah mempunyai empat album, yaitu Hey Mama, Girls, Blooming Days, dan Magic.

Semakin lengkap, setiap member atau pun sub-unit, tidak pernah absen mengisi soundtrack drama, bahkan lagu yang mereka bawakan menjadi OST utama pada drama tersebut. Seperti "For You" untuk drama Moon Lovers: Scarlet Heart, OST drama Live yaitu "Someone Like You", dan Anime Running Man dengan judul "It's Running Time".

5. NCT U (Jaehyun, Doyoung, dan Taeil) 

https://www.youtube.com/embed/y6OcvS54KYQ

Sub Unit NCT U ini, beranggotakan Jaehyun, Doyoung, dan Taeil. Meskipun dirilis pada tahun 2016 atau jadwal debut dari para member NCT ini, mereka sudah mampu membuktikan kualitas vokalnya lewat lagu "Without U". Tidak berselang lama, NCT U merilis kembali single "Without U" versi Mandarin dengan menambah anggota, yaitu Kun.

6. NCT U ( Taeil, Renjun, dan Xiaojun) 

https://www.youtube.com/embed/frNbS3Ez2uc

Era Resonance, trio vokal ini berhasil menarik perhatian tersendiri dari penggemar. Didominasi dengan lagu bergenre EDM, serta dinyanyikan oleh lebih dari lima member dalam setiap lagu. Khusus untuk "My Everything" hanya melibatkan tiga member beda unit yaitu, Taeil NCT 127, Renjun NCT Dream, dan Xiaojun Way V. Meskipun tidak merilis music video-nya, lagu yang bernada lembut dengan lirik romantis ini wajib untuk masuk dalam playlist kamu.

7. Red Velvet (Wendy, Seulgi dan Joy) 

https://www.youtube.com/embed/rxh8l62zT1M

Belum pernah merilis single dan debut sebagai sub-unit, tiga vokalis Red Velvet, Wendy, Seulgi dan Joy menarik perhatian netizen berkat penampilan mereka pada tahun 2015 di channel KBS. Dengan menyanyikan lagu "Goodbye", berkat kemampuan vocal yang mumpuni, mampu membuat netizen semakin berharap SM Entertainment akan membentuk sub-unit untuk mereka.

Tujuh trio vokal di atas, bisa membuktikan bahwa para idol vokalis SM Entertainment bisa mempersembahkan penampilan terbaik dalam berbagai jenis penampilan. Biasanya terlihat memukau dengan penampilan solo, namun juga berkualitas ketika tampil sebagai grup. Vokal mereka gak kaleng-kaleng ya? 

Baca Juga: Membanggakan, 5 Idol 94 Line SM Entertainment Ini Cocok jadi Panutan 

Maisix Dela Desmita Photo Verified Writer Maisix Dela Desmita

https://lynk.id/maisixdela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya