Comscore Tracker

Bedah Hingga Jiwa, 7 Drama Jepang tentang Profesi Dokter Spesialis

Drama unik yang mengupas profesi dokter spesialis, nih!

Drama Jepang memang memiliki tempat tersendiri di mata para penggemarnya. Dengan jumlah episode yang sedikit, cerita dalam dorama dikemas dengan detil. Hal yang unik adalah drama dan film Jepang kerap kali mengangkat sebuah profesi yang dikulik dan dibahas secara mendalam.

Profesi dokter sering muncul dalam berbagi kisah namun kali ini profesi dokter itu sendiri dikupas habis dan dijadikan sebagai cerita utama. Hal tersebut menjadikan drama-drama Jepang berikut memiliki alur yang tidak biasa.

Memberikan pengetahuan dan pengalaman baru bagi penontonnya, berikut tujuh drama Jepang yang mengulas profesi dokter spesialis di berbagai bidang.

1. Unnatural 

https://www.youtube.com/embed/7aWxHSFVmLc

Tahun 2018 diawali dengan drama seru yang mengupas tentang dunia kedokteran forensik, Unnatural. Mikoto Misumi diperankan oleh aktris terkenal, Satomi Ishihara yang merupakan seorang dokter patologi forensik muda. Di Indonesia sendiri profesi ini bergelar Sp. F di belakang nama.

Misumi bekerja di laboratorium forensik Unnatural Death Investigation. Mereka melakukan pemeriksaan luar maupun dalam mayat yang terlibat kasus kriminal berdasarkan permintaan pihak berwajib.

Misumi bukan satu-satunya dokter forensik yang bekerja. Kai Nakado yang merupakan seniornya selalu bersikap tak acuh terhadapnya. Ternyata Kai Nakado masih memiliki kenangan buruk karena belum bisa menemukan kebenaran di balik kematian sang kekasih. Unnatural menguak kebenaran yang tersembunyi dalam kematian.

2. Doctor X 

https://www.youtube.com/embed/vAYlHW8I86k

Daimon Michiko merupakan dokter spesialis bedah yang handal namun tidak mau terikat dengan peraturan dan tidak mau diatur sehingga ia pun bekerja sebagai dokter paruh waktu. Keahliannya tidak diragukan lagi. Sang manajer pun kerap memasang tarif tinggi untuk setiap operasi yang dilakukan. Karena namanya tidak diketahui, ia pun disebut Doctor X.

Ia juga berani menantang dokter lain yang meski jabatannya tinggi namun kemampuannya masih di bawah dirinya. Drama Doctor X sudah mendapatkan hingga 7 season yang tayang 2012 hingga 2021 yang senantiasa disambut baik oleh penonton. Tidak hanya mengulas tentang operasi dan penyakit, namun juga mengenai manajemen rumah sakit dan sisi gelapnya.

3. Burakku Pean / Black forceps 

https://www.youtube.com/embed/jBlr3PUAMn4

Masih tentang dokter bedah, Black Forceps melibatkan aktor sekaligus anggota Arashi, Kazunari Ninomiya. Dengan kemampuan aktingnya yang sudah tidak diragukan lagi, Nino memerankan Seishiro Tokai, dokter angkuh dan sarkas namun memiliki keberhasilan operasi 100 persen. Teknik penjahitannya dikatakan sempurna.

Tokai-sensei ini merupakan dokter yang bekerja di rumah sakit universitas. Seorang dokter baru memperkenalkan alat canggih yang dapat menolong operasi tanpa perlu dokter bedah yang handal. Wah, tentunya dokter Tokai tidak menyetujui keberadaan benda itu. Ia pun mulai membongkar satu per satu kasus pejabat yang terlibat kriminalitas dalam rumah sakit.

Drama ini disambut dengan antusias oleh masyarakat Jepang dan mendapatkan rating yang memukau. Selain Nino, Black Forceps juga menggaet Ryoma Takeuchi, aktor muda berjuta fans yang dalam hal ini menjadi orang yang selalu ditekan Tokai-sensei.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Drama Jepang yang Tidak Kalah Bagus dari KDrama

4. Kokoro no kizu wo iyasu to iu koto  

https://www.youtube.com/embed/FclvlxCkK7s

Drama berepisode sedikit, Kokoro no Kizu o Iyasu to Iu Koto atau To Heal Wounds of Heart mengangkat biografi seorang psikiater bernama Katsumasa An dalam 4 episode. Drama ini dibuat untuk memeringati 25 tahun pasca gempa. Tokoh utama digantikan namanya menjadi Kazutaka An.

Kazutaka An (An nama keluarga) lahir di Osaka dari ayah dan ibu yang merupakan orang Korea dan tinggal di Jepang disebut Zainichi. Anak kedua dari tiga bersaudara ini masuk ke Fakultas Kedokteran Universitas Kobe. Sang kakak telah menjadi insinyur energi nuklir. Kazutaka menyatakan pilihannya mengambil spesialis jiwa (di Indonesia bergelar Sp. KJ atau spesialis kesehatan jiwa) yang ditentang keras oleh sang ayah.

Terjadi gempa Hanshin-Awaji Tahun 1995. Kobe terletak 20 km dari pusat gempa dengan korban tewas terbanyak. Dokter An terjun ke tempat pengungsian untuk memberi bantuan terapi kejiwaan bagi para korban, membantu mereka untuk bangkit, memberikan solusi agar para korban selamat ini dapat tidur nyenyak dan melanjutkan hidupnya kembali. Drama ini membuat kita tersadar bahwa sebuah bencana tidak hanya memberikan dampak secara fisik namun juga mental.

5. Radiation House 

https://www.youtube.com/embed/8MhX2Fe3KUM

Sesuai dengan judulnya, cerita dalam Radiation House berputar dalam Departemen Radiologi sebuah rumah sakit. Beberapa petugas yang bekerja di departemen tersebut antara lain seorang dokter spesialis radiologi, An Amakasu yang diperankan Honda Tsubasa. Dokter spesialis ini bergelar Sp. Rad di belakang nama. Beberapa radiografer yang bekerja bersamanya seperti Iori (Masataka Kubota) dan Hirono Hirose (Alice Hirose).

Drama ini diangkat dari manga berjudul sama karya Tomohiro Yokomaku. An meremehkan para radiografer namun sebenarnya dia tidak begitu percaya diri. Sejak bertemu Iori, seorang radiografer berbakat, An perlahan berubah. Suka duka bekerja sebagai radiologis dan radiografer terkuak di sini.

6. Kounodori / Dr. Storks 

https://www.youtube.com/embed/8V0WN67PmEgl

Go Ayano berperan sebagai Sakura Konotori, seorang dokter spesialis kandungan yang di indonesia bergelar Sp. OG (spesialis Obsetri dan Ginekologi). Pekerjaan yaitu membantu persalinan wanita hamil yang mengalami kesulitan. Meski merupakan ketua departemen Ginekologi, Sakura juga merupakan seorang pianis dengan nama panggung Baby.

Suatu ketika, saat ia hendak memulai penampilannya di sebuah klub di Tokyo, ia mendapat panggilan darurat dari rumah sakit. Seorang wanita hamil yang tidak tahu berapa usia kehamilannya. Kasus dengan risiko tinggi itu pun ditangani Sakura dan tim bersama dengan bantuan tim neonatologi.

Kounodori merupakan serial drama adaptasi manga berjudul sama. Drama ini telah mendapatkan 2 season yang tayang pada tahun 2015 dan 2017.

7. Sakanoue Animal Clinic Story / Boku to Shippo to Kagurazaka 

https://www.youtube.com/embed/dXBRZ040pW4

Drama ini cocok buat kamu pecinta binatang. Seperti rekannya di Arashi yakni Kazunari Ninomiya, Masaki Aiba juga dapat kesempatan memerankan profesi dokter. Tokoh Tatsuya yang diperankannya merupakan seorang dokter hewan yang bekerja di klinik hewan di Kagurazaka setelah pemilik sebelumnya yang sudah tua renta menghilang begitu saja dan memercayakan klinik tersebut pada Tatsuya.

Karakter ini cocok sekali dengan Masaki Aiba yang memang dikenal mencintai binatang. Ia pun pernah menjadi pembawa acara variety show tentang binatang. Meski hanya terdiri dari 8 episode, drama yang tayang akhir tahun 2018 ini mengupas tentang berbagai penyakit yang diderita hewan dan kehidupan Tatsuya sebagai bumbunya. Dfama ini memang cocok ditonton untuk melepas penat. Memberikan kehangatan dan juga lagu temanya juga menenangkan.

Dikemas dengan unik dan aktual, wajar saja jika drama medis di atas mendapat jumlah menjadi judul dengan jumlah penonton yang tinggi. Tidak hanya membahas profesi dokter secara umum melainkan spesialistik. Drama Jepang mana yang sudah dan hendak kamu tonton?

Baca Juga: Bikin Ngiler! Ini 5 Rekomendasi Drama Jepang Bertema Kuliner

Malmal Amalia Photo Verified Writer Malmal Amalia

everything is not a giving, it is a blessing https://malmalredholic.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya