Comscore Tracker

10 Film Fantasi Terbaik Era 1990-an, Salah Satunya Jumanji!

Kisahnya biikin kamu pengin ikut masuk ke dalamnya

Bagi generasi 90-an, momen di era tersebut bisa dibilang menjadi hal yang tidak akan bisa untuk dilupakan. Kehadiran internet di era 90-an juga menjadi awal di mana teknologi mulai maju. 

Kemajuan tersebut tentunya juga memberikan dampak besar bagi industri perfilman, di mana semakin maraknya film fantasi bermunculan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Walaupun teknologi di tahun 90-an tidak seperti zaman sekarang, tetapi kualitas film fantasi di era tersebut juga tidak kalah bagusnya. 

Kalau kamu sadar, ada banyak film fantasi terbaik era 90-an dengan alur yang seru serta mendebarkan. Beberapa di antaranya bahkan ada yang sampai masuk nominasi Oscar, lho!

1. Hook (1991)

https://www.youtube.com/embed/c-vwgt8cwEM

Hook (1991) merupakan film petualangan fantasi yang disutradarai oleh Steven Spielberg. Film ini melanjutkan kisah dari novel Peter and Wendy yang ditulis J.M Barrie. Film ini berfokus pada apa yang terjadi pada Peter setelah tumbuh dewasa dan melupakan petualangan yang ia lakukan di masa kecilnya.

Film ini juga memiliki banyak karakter klasik, seperti Peter Pan (Robin Williams), Captain Hook (Dustin Hoffman), Tinker Bell (Julia Roberts), Mr. Smee (Bob Hoskins), dan Granny Wendy (Maggie Smith). Film Hook masuk ke dalam lima nominasi Oscar yang ke-64. Semenjak perilisannya, film ini berhasil mendapatkan atensi hingga merilis merchandise, video gim, action figure, dan komik.

2. Beauty and the Beast (1991)

https://www.youtube.com/embed/iurbZwxKFUE

Beauty and the Beast (1991) menjadi film animasi klasik Walt Disney Animation. Film tahun 1991 ini dirilis berdasarkan dongeng dari judul yang sama dan ditulis oleh Jeanne-Marie Leprince de Beaumont.

Beauty and the Beast bercerita tentang Belle (Paige O'Hara), wanita muda yang dipenjara oleh Beast (Robbie Benson yang sebenarnya adalah seorang Pangeran yang dikutuk untuk tetap menjadi Beast sampai ia menemukan cinta sejatinya. Film ini menciptakan kesuksesan yang luar biasa hingga versi live action-nya dirilis pada 2017.

3. Dragonheart (1996)

https://www.youtube.com/embed/iRjSw-4qcgM

Disutradarai oleh Rob Cohen, Dragonheart (1996) merupakan film petualangan fantasi yang dirilis pada 1996. Film ini cukup sukses hingga berhasil masuk nominasi Oscar untuk Best Visual Effects di 1996 dan 1997.

Dragonheart menceritakan seorang pembunuh naga bernama Bowen (Dennis Quaid) yang bersekutu dengan naga terakhir bernama Draco (Sean Connery) untuk melawan raja kejam, Einon (David Thewlis). Setelah perilisan filmnya, Dragonheart juga menelurkan versi gimnya untuk PlayStation, Saturn, PC, dan Game Boy dengan judul DragonHeart: Fire & Steel.

4. Mortal Kombat (1995)

https://www.youtube.com/embed/JHIfHL5UgFs

Mortal Kombat (1995) adalah film aksi dan bela diri fantasi yang diadaptasi dari video gim waralaba dengan judul sama. Film yang dibintangi Linden Ashby, Cary-Hiroyuki Tagawa, Robin Shou, Bridgette Wilson, Talisa Soto, dan Christopher Lambert ini menceritakan sekelompok pahlawan yang berpartisipasi dalam turnamen bela diri untuk melindungi bumi dari kekuatan jahat.

Walaupun menerima beragam ulasan, film ini berhasil melahirkan empat sekuel. Pada 2021, serial ini kembali di-reboot dengan judul yang sama. Tak hanya itu, aktor laga Indonesia, Joe Taslim, juga ikut membintangi film reboot Mortal Kombat, lho.

5. The Borrowers (1997)

https://www.youtube.com/embed/lgZQ8gyUlwI

The Borrowers (1997) menceritakan kisah Pete Lander (Bradley Pierce) yang merasa bahwa barang-barang di rumahnya telah dicuri. Pete kemudian mengetahui bahwa orang-orang kerdil yang tinggal di sebuah jam di rumahlah yang ternyata mengambil barangnya.

Selain Bradley Pierce, film ini juga dibintangi John Goodman, Jim Broadbent, Mark Williams, Celia Imrie, Hugh Laurie, Ruby Wax, Flora Newbigin, Tom Felton, dan Raymond Pickard. Film The Borrowers memiliki alur cerita yang cukup menarik tentang mengapa kita harus peduli pada semua orang, bahkan orang kerdil sekalipun.

Baca Juga: 10 Film Fantasi Netflix Terbaik Versi Rotten Tomatoes, Gak Nyesel! 

6. Ghost (1990)

https://www.youtube.com/embed/jDVBHSe6W0U

Ghost (1990) merupakan film fantasi romantis yang dirilis pada 1990. Menceritakan tentang seorang pria bernama Sam (Patrick Swayze), ia terbunuh dan bertahan menjadi hantu demi menyelamatkan istrinya, Molly (Demi Moore), dari orang yang membunuhnya.

Sam bekerja sama dengan paranormal bernama Oda Mae Brown (Whoopi Goldberg) sebagai perantara di antara dirinya dan Molly. Ghost berhasil masuk ke dalam lima nominasi Oscar ke-63 dengan Goldberg yang sukses menyabet penghargaan untuk nominasi Best Supporting Actress.

7. The Nightmare Before Christmas (1993)

https://www.youtube.com/embed/wr6N_hZyBCk

The Nightmare Before Christmas (1993) merupakan film animasi stop motion yang mengombinasikan komedi dan musikal dengan tema horor fantasi. Film yang disutradarai oleh Henry Selick dan diproduseri oleh Tim Burton ini dibuat pada 1993.

Film ini mengisahkan Jack Skellington (Chris Sarandon), raja Halloween Town, yang tanpa sengaja masuk ke dalam sebuah portal dan membawanya ke Christmas Town. Jack yang setiap tahunnya mempersiapkan Halloween pun memutuskan untuk mengambil alih Natal karena terpesona dengan Natal.

Selain Chris Sarandon, film ini juga dibintangi dengan pengisi suara berbakat, seperti Catherine O'Hara, William Hickey, Ken Page, Paul Reubens, Glenn Shadix, dan Ed Ivory. Sejak perilisannya, film ini berhasil mencuri perhatian dan mendapat rating 91 persen dari Rotten Tomatoes.

8. Jumanji (1995)

https://www.youtube.com/embed/eTjDsENDZ6s

Jumanji (1995) diadaptasi dari buku bergambar milik Chris Van Allsburg dengan judul sama. Film ini menceritakan seorang anak laki-laki bernama Alan Parrish (Robin Williams) yang terjebak dalam permainan papan supranatural pada 1969 saat bermain dengan temannya, Sarah Whittle (Bonnie Hunt).

Beberapa tahun kemudian, saudara Alan, Judy (Kirsten Dunst) dan Peter (Bradley Pierce) menemukan permainan tersebut dan mulai memainkannya. Salah satu dari mereka berhasil mengeluarkan seorang laki-laki yang diketahui adalah Alan yang dahulu masuk ke dalam papan permainan tersebut.

Bersama dengan Sarah yang masih tidak percaya bahwa Alan ternyata masih hidup, keempatnya pun kembali melanjutkan permainan yang sempat tertunda selama 26 tahun. Jumanji memiliki beberapa sekuel hingga akhirnya sukses menjadi film waralaba.

9. The Green Mile (1999)

https://www.youtube.com/embed/Ki4haFrqSrw

Dirilis pada 1999,  The Green Mile (1999) menjadi film drama fantasi yang diadaptasi dari novel karya Stephen King pada 1996 dengan judul sama. Film ini mengisahkan tentang kehidupan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Cold Mountain.

The Green Mile dibintangi oleh Tom Hanks, Michael Clarke Duncan, David Morse, Bonnie Hunt, dan masih banyak lagi. Film yang tayang perdana di Amerika Serikat pada 10 Desember 1999 ini menerima banyak ulasan positif dari kritikus hingga berhasil masuk ke dalam empat nominasi Oscar.

10. Matilda (1996)

https://www.youtube.com/embed/hUGHWje7liM

Matilda (1996) yang disutradarai oleh Danny DeVito merupakan film dengan genre komedi fantasi yang dirilis pada 1996. Danny DeVito juga ikut berperan sebagai ayah Matilda.  

Film ini diangkat dari novel karya Roald Dahl berjudul sama yang menceritakan tentang Matilda (Mara Wilson) yang mengembangkan kemampuan telekinesis untuk bisa mempengaruhi dunia hanya dengan pikirannya. Matilda juga menggunakan kemampuannya untuk berurusan dengan keluarganya yang tidak peduli padanya dan kepala sekolahnya, Miss Thrunchbull (Pam Ferris).

Film Matilda juga turut dibintangi oleh Embeth Davidtz, ia berperan sebagai guru Matilda. Film anak-anak ini dikemas dengan cukup menarik dan berfokus pada topik serius tentang bagaimana menghadapi para perundung di dunia. 

Deretan film di atas menjadi film fantasi terbaik era 90-an yang wajib banget untuk ditonton. Jadi, film fantasi mana yang udah masuk ke dalam daftar tontonanmu, nih?

Baca Juga: 10 Film Fantasi Adaptasi Novel Terbaik, Visualnya Oke Banget!

Marcelina Francesca Photo Verified Writer Marcelina Francesca

The girl who loves writing and fangirling.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya