Comscore Tracker

5 Aktor China yang Jago Bela Diri, Titisan Bruce Lee Nih Guys!

Eddie Peng disebut salah satu titisan Bruce Lee~

Membahas aktor China yang jago bela diri, pasti mayoritas orang terpikir nama Bruce Lee. Ya, aktor yang terkenal dalam film Fist of Fury, Enter the Dragon, dan The Game of Death, tersebut menjadi pelopor yang memperkenalkan seni bela diri China melalui media film.

Akan tetapi, aktor lainnya dari negeri Tirai Bambu, yang menonjolkan seni bela diri dalam film, mulai bermunculan. Berikut adalah beberapa aktor asal China yang jago bela diri yang patut diperhatikan, yang mungkin saja akan menjadi Bruce Lee, Jet Li, Jackie Chan, dan Donnie Yen berikutnya.

1. Wu Jing

5 Aktor China yang Jago Bela Diri, Titisan Bruce Lee Nih Guys!Aktor Wu Jing dalam film Wolf Warrior 2 (handout.com)

Sudah mulai bergabung dengan tim bela diri wushu sejak usia enam tahun, kemampuan Wu Jing tidak perlu diragukan lagi, bahkan sudah diakui di China.

Wu Jing membintangi banyak serial televisi dan film laga Tiongkok, tetapi namanya naik melalui film aksi SPL: Sha Po Lang, di mana ia memiliki adegan perkelahian dengan Donnie Yen.

Sejak itu, aktor berusia 47 tahun tersebut pernah menjadi cameo pada film blockbuster Hollywood The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor pada 2008, dan membuat debut penyutradaraannya melalui Legendary Assassin.

2. Max Zhang

5 Aktor China yang Jago Bela Diri, Titisan Bruce Lee Nih Guys!Aktor Max Zhang dalam film Master Z: The Ip Man Legacy (truemovie.com)

Max Zhang Jin juga memiliki latar belakang seni bela diri. Setelah pensiun sebagai atlet wu shu, ia memulai karir baru sebagai aktor pemeran pengganti, dengan peran utama pertamanya sebagai pemeran pengganti untuk Zhang Ziyi di Ang Lee's Crouching Tiger, Hidden Dragon.

Lakonnya juga bisa dilihat di SPL II: A Time for Consequences, Ip Man 3, dan Pacific Rim Uprising.

Baca Juga: 7 Artis Korea yang Pernah Membintangi Film China, Ada Lee Min Ho!

3. Chang Chen

5 Aktor China yang Jago Bela Diri, Titisan Bruce Lee Nih Guys!Aktor Chang Chen dalam Cannes Film Festival ke-68 pada 2015. (EPA-EFE)

Meskipun tidak dilatih sejak usia muda seperti aktor yang disebutkan sebelumnya, Chang telah muncul di beberapa film laga anggaran besar, seperti Crouching Tiger, Hidden Dragon, The Grandmaster, dan The Assassin.

Selain itu, aktor 44 tahun asal Taiwan ini juga memiliki daftar film art house yang sama panjangnya. Peran terakhirnya adalah memerankan Dr. Wellington Yueh dalam film fiksi ilmiah epik Dune yang disutradarai oleh Denis Villeneuve.

4. Andy On

5 Aktor China yang Jago Bela Diri, Titisan Bruce Lee Nih Guys!Aktor Andy On dalam film Once Upon a Time in Shanghai. (handout.com)

Andy On memulai debutnya sebagai Black Mask di Black Mask 2: City of Masks pada 2002 sebagai pengganti Jet Li. Tanpa latar belakang seni bela diri, ia dikirim ke Kuil Shaolin oleh sutradara Tsui Hark untuk pelatihan intensif sebulan sebelum syuting. 

Dalam film-film Hong Kong, ia sering diberi peran berbahasa Inggris karena bahasa Kantonnya yang terbatas, tetapi dalam beberapa tahun terakhir ia telah menguasai bahasa tersebut dengan jauh lebih baik.

5. Eddie Peng

5 Aktor China yang Jago Bela Diri, Titisan Bruce Lee Nih Guys!Aktor Eddie Peng dalam film Rise of the Legend. (handout.com)

Debut pada 2001, Eddie Peng membintangi beberapa serial televisi sebelum fokus pada film dalam beberapa tahun terakhir. Puncak kariernya adalah melalui Unbeatable, di mana ia bermain sebagai petarung seni bela diri campuran bersama Nick Cheung.

Peng menghabiskan berjam-jam berlatih tinju dan meningkatkan fisiknya, membuat ia ditawari lebih banyak kesempatan dalam film aksi lainnya.

Itulah aktor-aktor China yang dibilang titisan Bruce Lee karena kemampuan bela dirinya. Adakah aktor favoritmu?

Baca Juga: 10 Pemikiran Bruce Lee Ini Gak Heran Menjadikan Dia Orang Tangguh

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya