Comscore Tracker

6 Film Paling Ramai Dibicarakan di Twitter Tahun 2019, Sudah Nonton?

Sudah tonton yang mana?

Sepanjang tahun 2019 ada puluhan film yang berhasil tayang di bioskop tanah air dengan beragam jenis genre mulai dari komedi, drama, hingga horor. Beberapa diantaranya bahkan berhasil menjadi pembicaraan para pengguna media sosial twitter. Seperti dilansir dari hashtag #RameDiTwitter, 6 judul film berikut menjadi yang paling ramai dibicarakan di Twitter Indonesia tahun 2019. Apa saja ya?

1. Avengers: Endgame

https://www.youtube.com/embed/TcMBFSGVi1c

Tidak mengagetkan jika yang satu ini masuk ke dalam salah satu film yang paling banyak dibicarakan sepanjang tahun 2019. Bagaimana tidak, Avengers:Endgame akan menutup perjalanan kisah para Avengers di fase ketiga ini. "Avengers:Endgame" menceritakan kelanjutan kisah selepas Avengers: Infinity War (2018) di mana separuh dari populasi di bumi musnah. Perjuangan para Avengers  untuk melawan Thanos berlanjut demi mengembalikan tatanan alam semesta. Tidak sendiri para anggota Avengers, juga turut mendapat bantuan dari kawan-kawan pahlawan super milik Marvel lainnya seperti Captain Marvel, Ant-Man, dan Hawkeye. Perkumpulan para superhero inilah yang memicu rasa penasaran dan antusiasme para penggemar.

Perbincangan para penikmat film di Twitter berhasil menjadikan Indonesia sebagai negara ke-9 dengan tweet terbanyak  terkait film karya Anthony dan Joe Russo ini. Diketahui sejak awal tahun hingga bulan Mei 2019 "Avengers:Endgame" dicuitkan netizen hingga 50 juta kali. Di Indonesia sendiri, tweet-tweet ini beragam bentuknya mulai keluhan sebab kehabisan tiket, meme, hingga kampanye #dontspoilendgame. Avengers: Endgame yang tayang 24 April 2019 di Indonesia dengan durasi tayang 3 jam 1 menit. 

2. Spiderman: Far From Home

https://www.youtube.com/embed/Nt9L1jCKGnE

Selain penasaran terhadap Avengers:Endgame, para netizen Twitter juga ramai membicarakan kisah Peter Parker dalam filmnya Spiderman: Far From Home. Hal yang wajar mengingat bahwa sekuel sebelumnya yakni "Spiderman: Homecoming" adalah salah satu film Marvel Cinematic Universe (MCU) dengan pendapatan tertinggi yakni USD880,2 juta atau lebih dari Rp12 triliun di seluruh dunia pada tahun 2017. Selain karena sosok Parkery popular, penggemar yang menantikan film karya Jon Watts ini penasaran akan film yang digadang-gadang menyimpan banyak detail penting terkait Endgame.

"Spiderman: Far From Home" mengisahkan tentang kehidupan Peter Parker selepas Avengers:Endgame dan ditinggalkan oleh mentornya, Tony Stark. Parker kemudian berusaha menghibur diri dengan fokus ke dunia akademiknya. Namun, Nick Furry meminta bantuannya untuk bergabung bersama Mysterio demi melawan The Elementals yang terdiri dari Sandman, Molten Man, dan Hydro Man. Tayangnya "Spiderman: Far From Home" sekaligus menandai tutupnya fase ketiga dari seluruh rangkaian film Marvel.  Sekuel film ini dijadwalkan tayang pada 16 Juli 2021 mendatang.

3. Gundala

https://www.youtube.com/embed/8rauD1vxMCw

Tidak hanya superhero mancanegara yang berhasil mencuri perhatian Twitter melalui #RamaiDiTwitter, nyatanya Gundala: Negeri Ini Butuh Patriot karya Joko Anwar juga masuk ke dalam tagar hiburan yang banyak dibicarakan sepanjang 2019. Film yang dinaungi Bumilangit dan Screenplay ini sekaligus menjadi pembuka jagat Bumilangit Cinematic Universe (BCU) yang nantinya juga memunculkan sederetan jagoan lainnya. Inilah mengapa banyak penikmat film yang tak sabar menantikan kehadirannya di bioskop pada 29 Agustus 2019 lalu.

Tidak hanya itu, antusiasme para penikmat film juga muncul sebab kehadiran Gundala seakan mengobati rasa rindu akan sosok tokoh superhero lokal yang sudah lama menghilang. Pengimplementasian konflik politis dan konteks sosial dalam film juga menjadikannya terasa lebih dekat dengan penonton dibandingkan dengan film-film jagoan dari luar negeri.

Baca Juga: Awas Baper, 6 Film Korea dengan Karakter Keterbelakangan Mental

Film berdurasi 123 menit ini menceritakan tentang tokoh Sancaka (Abimana Aryasatya) yang berprofesi sebagai seorang petugas keamanan. Sancaka kemudian mengalami berbagai kejadian yang menjadikannya memiliki kemampuan memancarkan petir dari telapak tangannya dan juga kekuatan lari secepat angin. Dengan kekuatan super miliknya, Sancaka membantu menumpas kejahatan di berbagai tempat dengan kostum hitam ketat dan cawat merah. Gundala sendiri diadaptasi dari komik "Gundala Putra Petir" karya Harya Suraminata. 

4. Captain Marvel

https://www.youtube.com/embed/Z1BCujX3pw8

Kembali lagi dengan film superhero produksi Marvel, kali ini ada "Captain Marvel" yang menjadi perbincangan popular di twitter Indonesia sepanjang 2019. Apa yang menjadikan film ini mendapat banyak sorotan? Tidak lain dan tak bukan adalah karena film ini menjadi jawaban akan misteri pager berlogo Captain Marvel pada after credit scene Avengers: Infinity War. Tidak hanya itu, film ini juga menjadi ajang perkenalan akan sosok Captain Marvel, superhero tunggal perempuan pertama dalam MCU, yang konon akan menjadi sosok pengganti Captain America pada fase MCU berikutnya. Dengan dirilisnya film ini, sekaligus melengkapi kepingan puzzle yang hilang dari film Avengers serta Guardian of The Galaxy.

Tayang serentak di seluruh bioskop Indonesia pada 6 Maret 2019, "Captain Marvel" bercerita tentang seorang angkatan udara Amerika Serikat, Carol Danvers (Brie Larson) yang mendapat kekuatan super setelah mengalami kecelakaan hebat. 

Dengan latar tahun 1990an, kisah Captain Marvel terjadi jauh sebelum peristiwa hilangnya setengah populasi di bumi akibat ulah Thanos di Avengers: Infinity War. Captain Marvel juga akan bergabung dengan para anggota Avengers lainnya untuk melawan Thanos di Avengers: Endgame yang tayang sebulan setelahnya.

5. Twivortiare

https://www.youtube.com/embed/dh2rJbFsJRo

Tidak hanya film superhero, kali ini #RamaiDiTwitter 2019 juga membicarakan tentang "Twivortiare". Sebuah film adaptasi dari novel Ika Natasha berjudul sama dengan genre drama romantis, genre yang selalu sukses menggaet banyak penonton. Film ini dirilis di hari yang sama dengan Gundala yakni 29 Agustus 2019, diperankan oleh Reza Rahadian sebagai Beno Wicaksono dan Raihanun sebagai Alexandra Rhea. Beno dan Alex dikisahkan sebagai sepasang suami istri yang telah bercerai namun masih saling menyimpan rasa. Beberapa kejadian juga seringkali mempertemukan keduanya kembali seakan mendukung mereka berdua untuk rujuk. 

Beno dan Alex lantas memutuskan untuk kembali membina rumah tangga bersama dan menjalaninya dengan lebih dewasa serta saling mengerti dan mengalah. Kali ini keduanya berusaha menjadikan cinta dan rasa sayang sebagai landasan kisah mereka. Cerita tentang cinta dan impian ditambah dengan akting apik dari Reza dan Raihanun yang mampu membawa emosi para penontonnya larut dalam kisah mereka sehingga tak kuasa untuk membicarakannya di media sosial.

Film berdurasi 103 menit ini dibintangi juga oleh Arifin Putra, Denny Sumargo, Citra Kirana, Anggika Bolsterli, Dimas Aditya, Boris Bokir, Ferry Salim, Lydia Kandou, dan Roy Marten.

6. Perempuan Tanah Jahanam

https://www.youtube.com/embed/XY7falovJiI

Film besutan Joko Anwar kembali menjadi pembicaraan popular di twitter sepanjang 2019. Kali ini datang dari genre horor thriller berjudul "Perempuan Tanah Jahanam" (selanjutnya akan disebut PTJ). Dalam trailernya, PTJ menjanjikan tontonan horor dengan storyline berbeda yang bisa membuat penonton tidak hanya sekadar merasakan jumpscare saat menonton tapi juga masuk ke dalam pikiran dan hati. Sehingga penonton akan tetap merasakan sensasinya meski telah beberapa hari menonton. Itulah mengapa banyak orang kemudian penasaran dan tidak berhenti membicarakannya di media sosial khususnya twitter. Ditambah sederetan nama pemain handal seperti Tara Basro, Marissa Anita, Ario Bayu, Asmara Abigail, serta Arswendy Bening yang semakin meyakinkan kualitas film yang diproduksi oleh tiga rumah produksi sekaligus yaitu Ivanhoe Pictures, CJ Entertainment, BASE Entertainment serta RAPI Films ini.

PTJ menceritakan kisah Maya (Tara Basro) yang berusaha menguak asal-usul keluarganya sekaligus mengambil alih rumah peninggalan orang tuanya seperti yang terlihat di foto keluarga yang dimiliki Maya, satu-satunya kenangan yang ia miliki. Ditemani oleh sahabatnya, Dini (Marissa Anita), keduanya pun pergi ke sebuah desa yang diyakini sebagai rumah orang tuanya sesuai dengan yang tertulis dalam foto.

Dalam perjalanan menuju desa tempat keluarganya tersebut, Maya mengalami beberapa kejadian yang janggal hingga akhirnya mereka sampai dan menemukan rumah yang dicari. Meski begitu Maya tidak dapat serta merta memilikinya begitu saja. Semakin lama mereka tinggal, Maya dan Dini semakin banyak merasakan pengalaman dan kejadian yang tak lumrah dan menyadari bahwa desa tersebut bermasalah.

PTJ mencatat perolehan 117.001 orang penonton pada hari pertama penayangan, 17 Oktober 2019.

Itu tadi keenam judul film yang sempat #RamaiDiTwitter 2019. Sebelum menyambut 2020 dengan film-film yang lebih seru, kamu sudah tonton belum semua judul di atas?

Baca Juga: Awas Baper, 6 Film Korea dengan Karakter Keterbelakangan Mental

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya