Comscore Tracker

16 Lagu Debut Boy Group SM Entertainment, Ada 'Warrior's Descendant'!

Tahu lagu "Paradox"? #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

SM Entertainment adalah agensi yang didirikan Lee Sooman pada 14 Februari 1989. Sebelumnya perusahaaan ini memiliki nama SM Studio dan berganti nama pada tahun 1995. Agensi ini sudah mendirikan puluhan grup musik di industri KPop. Nama-nama grup musik pria yang dinaungi SM pun tentu sudah tak asing lagi. 

Terdiri atas berbagai macam genre, berikut enam belas lagu debut grup musik pria di bawah naungan SM Entertainment. Let's check it out!

1. H.O.T melangsungkan debut dengan "Warrior's Descendant" pada 7 September 1996. Sebentar lagi anniversary ke-25, hanya Kangta yang masih menandatangani kontrak dengan SM 

https://www.youtube.com/embed/T6y2psd9ti4

2. Salah satu grup generasi pertama yang masih bertahan bahkan bangun agensi sendiri, SHINHWA mengawali karier mereka dengan merilis lagu "The Solver" 

https://www.youtube.com/embed/MLCCIG8nN2w

3. Grup duo bernama Fly To The Sky yang terdiri atas Brian Joo dan Hwanhee ini merilis singel perdana yang bertajuk "Day By Day" pada tanggal 9 Desember 1999

https://www.youtube.com/embed/q5gy3Neb7KQ

4. Pamerkan vokal serta koreografi super intens kala tampil di atas panggung, Black Beat debut tahun 2002 dengan lagu "The Wing" 

https://www.youtube.com/embed/f8G-BGdpxWw

Baca Juga: 10 Lagu Debut Girl Group KPop yang Paling Hits, Ear Catching Semua!

5. "Hug" dibawakan oleh TVXQ! sebagai single debut mereka pada Desember 2003. Harmoni indah kelima member yang tak lekang oleh zaman ini sungguh menenangkan!

https://www.youtube.com/embed/xQ635vE2RQI

6. Dulunya beraliran pop rock, TRAX—sekarang berganti nama menjadi TraxX—melangsungkan debut dengan merilis singel berjudul "Paradox"  

https://www.youtube.com/embed/IqnscuWhDic

7. Debut pada 6 November 2005, "Twins (Knock Out)" yang dibawakan SUPER JUNIOR—dulunya SUPER JUNIOR 05—merupakan lagu daur ulang grup Triple 8 dengan judul sama. Bikin nostalgia!

https://www.youtube.com/embed/SrazFGFRnhM

8. 25 Mei 2008 adalah tanggal bersejarah SHINee dengan "Replay". Lagu ini tentu bukanlah sekadar omong kosong ketika disebut sebagai salah satu lagu debut terbaik di industri KPop. Ikonik! 

https://www.youtube.com/embed/VTASffPQGhY

9. EXO-K melangsungkan debut dengan lagu "MAMA" serta memperkenalkan konsep grup yang tak biasa. Punya kekuatan supernatural!

https://www.youtube.com/embed/KH6ZwnqZ7Wo

10. "MAMA" versi Mandarin ini juga dibawakan tak kalah apik oleh EXO-M. Dirilis bersamaan pada 7 April 2012, tentu kedua MV ini harus ditonton, betul?

https://www.youtube.com/embed/eQ9sTtXSDwo

Baca Juga: Rilis Lagu Baru, 5 Lagu Lawas Boyfriend Ini Wajib Masuk Playlistmu!

11. Unit pertama yang melangsungkan debut, "The 7th Sense" dengan koreografi unik dari NCT U ini dirilis pada 9 April 2016. Yeah, 'open your eyes'!

https://www.youtube.com/embed/3UGMDJ9kZCA

12. Rilis sehari kemudian, "WITHOUT YOU" juga merupakan singel debut NCT U. Tak hanya diisi oleh Taeil, Doyoung, dan Jaehyun; Kun-ge turut menyumbang vokal untuk versi Mandarin

https://www.youtube.com/embed/y6OcvS54KYQ

13. NCT 127 melangsungkan debut dengan "Fire Truck". Lagu ini ini dijamin buat kamu yang awalnya mengantuk jadi segar dan siap beraktivitas! 

https://www.youtube.com/embed/_psXn_VJ_AE

14. Mengawali karier di usia muda, NCT DREAM hadir dengan konsep ceria nan penuh warna dalam singel "Chewing Gum". Moodbooster abis!

https://www.youtube.com/embed/fwmvF5ffmhg

15. Grup berbasis CPop yang dipimpin oleh Kun-ge ini debut pada 17 Januari 2019 dengan lagu "Regular". Siapa yang rindu dengan ketujuh pangeran WayV?    

https://www.youtube.com/embed/FG0nTVU3fRM

16. Terbang ke Dubai untuk mengambil adegan video klip, SuperM suguhkan pesona serta talenta gabungan lintas grup melalui "Jopping". Sungguh memukau!

https://www.youtube.com/embed/pAnK1y7qjuE

Nah, itulah enam belas lagu debut grup musik pria SM Entertainment. Di antara lagu di atas, apakah ada yang menjadi favoritmu? 

Baca Juga: 5 Lagu Kolaborasi Antar Generasi Idol SM Entertainment, Momerable!

Matthew Suharsono Photo Verified Writer Matthew Suharsono

We're lost in the rain so let's run away

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya