Comscore Tracker

10 Penyanyi Solo Wanita Paling Populer di Korea Sepanjang Tahun 2020

IU hingga Taeyeon masih tetap eksis di 2020 #WaktunyaKorea

Tidak hanya boyband dan girlband saja yang mencuri perhatian selama tahun 2020. Para solois wanita juga tak lepas dari sorotan publik dan media. Alasannya, karena ada beberapa solois yang berasal dari grup KPop dan sukses bersolo karier.

Mereka juga memiliki suara indah dan lagu-lagu yang nagih untuk didengar. Kamu dijamin ketagihan setelah mendengar suara mereka, lho.

Penasaran siapa saja solois wanita yang populer di tahun 2020? Yuk, simak berikut ini.

1. IU

10 Penyanyi Solo Wanita Paling Populer di Korea Sepanjang Tahun 2020instagram.com/dlwlrma

Solois berwajah imut, IU sukses comeback dengan merilis lagu berjudul Eight. Lagu kolaborasi IU dengan Suga BTS ini berhasil membuat penggemar kagum. Pasalnya, lagu tersebut mendominasi chart musik dometik dan chart iTunes di seluruh dunia. Tak berhenti sampai di situ, lagu Eight juga raih Perfect All Kill pada tanggal 8 Mei 2020.

Selain pencapain tersebut, IU juga menjadi sorotan publik lantaran penggemar menganggap lagu Eight didedikasikan untuk mendiang sahabatnya, Sulli dan Jonghyun SHINee.

2. Taeyeon SNSD

10 Penyanyi Solo Wanita Paling Populer di Korea Sepanjang Tahun 2020instagram.com/taeyeon_ss

Main vokalis grup SNSD, yaitu Taeyeon tidak pernah berhenti membuat penggemar bangga. Idol yang memulai debut solo pada 7 Oktober 2015 ini kerap puncaki berbagai tangga lagu dengan lagu Happy yang dirilis pada 4 Mei 2020. Hanya dalam waktu dua jam setelah dirilis, lagu tersebut berhasil menempati posisi pertama di Melon, Genie, Bugs, dan Soribada.

Saat ini, Taeyeon juga akan merilis mini album keempatnya yang bertajuk What Do I Call You pada 15 Desember 2020.

3. Baek Yerin

10 Penyanyi Solo Wanita Paling Populer di Korea Sepanjang Tahun 2020soompi.com

Baek Yerin merupakan penyanyi sekaligus penulis lagu. Walau berkarier secara independen, Baek Yerin cukup populer di industri musik Korea, lho. Baru-baru ini, Baek Yerin meraih penghargaan kategori R&B/Soul di ajang Melon Music Awards 2020. Tidak hanya itu, soundtrack drama Crash Landing on You yang dinyanyikan oleh Baek Yerin tembus Top 10 Gaon Chart National pada bulan Februari 2020. 

4. Hwasa Mamamoo

10 Penyanyi Solo Wanita Paling Populer di Korea Sepanjang Tahun 2020instagram.com/_mariahwasa

Selalu tampil percaya diri dan dikenal multitalenta, Hwasa memulai debut solonya pada tanggal 13 Februari 2019. Main vokal sekaligus maknae grup Mamamoo ini sudah meliris mini album pertamanya pada 29 Juni 2020 lalu. Lewat lagu Maria, Hwasa mencetak rekor sebagai artis solo wanita Korea pertama yang menduduki puncak tangga lagu Album Top iTunes AS. Berkat pencapaian tersebut, Hwasa makin dikenal sebagai penyanyi solo.

5. Chungha

10 Penyanyi Solo Wanita Paling Populer di Korea Sepanjang Tahun 2020instagram.com/chungha_official

Setelah sukses besar dengan lagu Snapping pada tahun 2019 lalu. Chungha semakin dikenal dan menjadi salah satu penyanyi wanita yang comeback-nya paling dinanti di tahun 2020. Solois yang menonjol dengan karakter vokal yang unik ini tengah bersiap merilis single pra-rilis berjudul X pada 10 Desember mendatang. Single tersebut menjadi penanda album lengkap pertamanya yang akan dirilis pada Januari nanti.

Baca Juga: Ada Haechan NCT, 10 Idol Pria Ini Punya Pipi Tembam Menggemaskan

6. Sunmi

10 Penyanyi Solo Wanita Paling Populer di Korea Sepanjang Tahun 2020instagram.com/official_sunmi

Sunmi makin eksis menjadi solois wanita di tahun 2020 ini. Dikenal selalu memiliki koreografi keren dan vokal yang stabil saat di atas panggung, Sunmi berhasil masuk Top 10 Gaon Chart National pada bulan Juli dengan lagu berjudul pporappippam. Sedangkan lagu kolaborasi J.Y. Park bersama dengan Sunmi bahkan menduduki peringkat 6 di Gaon Chart pada bulan September lalu.

7. Jessi

10 Penyanyi Solo Wanita Paling Populer di Korea Sepanjang Tahun 2020instagram.com/jessicah_o

Siapa yang kecanduan dengan lagu NUNU NANA? Lagu milik Jessi ini menjadi salah satu lagu populer di tahun 2020, lho. Buktinya, lagu tersebut menempati Top 10 Gaon Chart selama tiga bulan berturut-turut. Saking hype-nya, bahkan para idol dan masyarakat juga ikut melakukan challenge lagu NUNU NANA.

8. Ahn Ji Young BOL4

10 Penyanyi Solo Wanita Paling Populer di Korea Sepanjang Tahun 2020instagram.com/hey_miss_true

Ahn Ji Young menjadi salah satu penyanyi wanita dengan suara unik. Walau baru solo karier pada tahun 2020, Ahn Ji Young tetap sukses di industri musik Korea. Lagu kolaborasi Ji Young bersama Baekhyun EXO berjudul Leo turut menempati Gaon Chart pada bulan Mei 2020. Tidak hanya itu, album terbarunya bertajuk Filmlet juga mendapat respon yang baik dari penggemar. Pasalnya, salah satu lagu berjudul Dancing Cartoon ditulis langsung olehnya.

9. Jeon Somi

10 Penyanyi Solo Wanita Paling Populer di Korea Sepanjang Tahun 2020instagram.com/somsomi0309

Sukses dengan lagu BIRTHDAY pada tahun 2019, Somi kembali dengan penampilan yang gak kalah keren dari sebelumnya. Lagu berjudul What You Waiting for yang dirilis pada 22 Juli lalu ini menarik perhatian publik. Video musik telah ditonton sebanyak 34 juta kali, lho. Somi juga berhasil meraih trofi pertamanya dengan lagu tersebut.

10. Hyoyeon SNSD

10 Penyanyi Solo Wanita Paling Populer di Korea Sepanjang Tahun 2020instagram.com/hyoyeon_x_x

Hyoyeon dikenal kerap tampil swag dan memiliki suara khas serak. Main dancer sekaligus main rapper SNSD ini ternyata semakin dikenal publik berkat lagu terbarunya berjudul Dessert. Hyo juga mendapat pujian dari penggemar lantaran penampilan terbarunya dengan rambut hitam. Video musik Dessert sejauh ini sudah ditonton sebanyak 33 juta kali.

Nah itu tadi 10 penyanyi solo wanita paling populer di Korea sepanjang tahun 2020. Kamu sudah dengar lagu mereka belum, nih?

Baca Juga: Kang Daniel dan 10 Idol Korea Pria yang Jadi Model Produk Lipstik

Topic:

  • Mega Anita
  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya