Comscore Tracker

TREASURE hingga SECRET NUMBER, 12 Grup KPop Rookie Populer di 2020

Bangga ada orang Indonesia debut di Korea #WaktunyaKorea

2020 menjadi tahun yang baik untuk beberapa agensi hiburan Korea. Alasannya, banyak boyband dan girlband yang meraih kesuksesan di tahun 2020. Selain diramaikan oleh comeback dari grup senior, boyband dan girlband baru juga sukses debut di tahun 2020 ini.

Tidak hanya berasal dari agensi besar, beberapa pendatang baru juga hadir dari perusahaan kecil. Gak boleh dipandang sebelah mata, rookie yang debut tahun ini semuanya berbakat, loh.

Mau tahu grup pendatang baru paling populer di tahun 2020? Yuk, simak berikut ini.

1. aespa

TREASURE hingga SECRET NUMBER, 12 Grup KPop Rookie Populer di 2020soompi.com

aespa merupakan girlband pendatang baru di bawah naungan SM Entertainment yang debut pada 17 November lalu. Kabar debut dari aespa ini paling menarik perhatian publik maupun media di tahun 2020. Pasalnya, adik dari Red Velvet ini memiliki konsep yang unik, setiap anggota memiliki avatar vitrual masing-masing. Kemampuan vokal dan dance mereka pun mendapat pujian dari publik.

Saat ini, video musik aespa yang berjudul Black Mamba telah ditonton lebih dari 65 juta kali. Lagu debut aespa juga berhasil menempati berbagai tanggal lagu, seperti Billboard, QQ Music, dan Kuwo Music.

2. STAYC

TREASURE hingga SECRET NUMBER, 12 Grup KPop Rookie Populer di 2020soompi.com

STAYC merupakan girband pertama dari High Up Entertainment. Grup yang beranggota enam orang ini debut pada 12 November 2020 lalu. Video musik debut berjudul So Bad telah dilihat sebanyak 2 juta kali. Sering cover banyak lagu KPop dari senior, kemampuan vokal setiap anggota pun mendapat pujian dari publik. Pasalnya, mereka berhasil membawakan lagu dengan ciri khas dan karakter suara mereka sendiri.

Menurut data brand reputasi bulan Oktober-November, STAYC berhasil menempati posisi ke-17. Wah, awal yang baik nih!

3. ENHYPEN

TREASURE hingga SECRET NUMBER, 12 Grup KPop Rookie Populer di 2020soompi.com

ENHYPEN merupakan boyband jebolan ajang survival I-LAND yang diproduseri langsung oleh Bang Si Hyuk selaku CEO Big Hit Entertainment. Grup yang beranggotakan Heeseung, Jay, Jake, Sunghoon, Sunoo, Jungwon, dan Niki ini debut di bawah naungan Belift Lab pada 30 November 2020.

Debut dengan Mini album bertajuk BORDDER: DAY ONE, mereka berhasil menjual 300 ribu kopi. Tidak hanya itu, video musik Given-Taken juga telah mencapai 14 juta views dalam 4 hari.

4. TREASURE

TREASURE hingga SECRET NUMBER, 12 Grup KPop Rookie Populer di 2020soompi.com

TREASURE menjadi salah satu boyband yang paling dinanti debutnya sepanjang 2020. Rookie dari YG Entertainment ini memang sudah populer sebelum akhirnya debut. Popularitas mereka dibuktikan dengan penjualan album mereka yang mencapai lebih dari 200 ribu kopi. Berkat album THE FIRST STEP: CHAPTER ONE, TREASURE menduduki peringkat No.2 di Gaon Chart. Tak berhenti sampai disitu, TREASURE juga berhasil membawa pulang piala Rookie of the Year di AAA 2020.

5. SECRET NUMBER

TREASURE hingga SECRET NUMBER, 12 Grup KPop Rookie Populer di 2020allkpop.com

Siapa yang masih terngiang-ngiang lagu Who Dis?? Girlband yang memulai debut pada 19 Mei 2020 ini memang punya lagu yang bikin ketagihan. Walau bukan berasal dari agensi besar, SECRET NUMBER tetap populer dan menarik perhatian, lho. Kemunculan Dita Karang sebagai anggota girlband Korea pertama dari Indonesia pun berhasil menarik perhatian publik Korea maupun Indonesia. 

Debut SECRET NUMBER juga mendapat respon positif, bahkan video musik Who Dis?  sudah ditonton sebanyak 32 juta kali. Bikin bangga, Dika bersama kawan-kawan juga mendapat penghargaan Rookie of The Year di AAA 2020.

6. WEEKLY

TREASURE hingga SECRET NUMBER, 12 Grup KPop Rookie Populer di 2020allkpop.com

Debut dengan mini album We Are, Weekly juga masuk jajaran rookie yang cukup populer di tahun 2020 ini. Debut di bawah naungan Play M Entertainment, video musik Tag Me telah dilihat sebanyak 15 juta kali. Tidak hanya itu, Weekly juga masuk 20 besar brand reputasi bulan November dan mempati posisi ke-14.

Baca Juga: Multitalenta, 10 Idol KPop yang Debut Jadi Aktor pada 2020

7. BAE173

TREASURE hingga SECRET NUMBER, 12 Grup KPop Rookie Populer di 2020allkpop.com

Debut dengan konsep futuristik, BAE173 menjadi idol yang tak boleh kamu sepelekan, nih. Pasalnya, Do Hyon dan Lee Han Gyul juga kembali debut menjadi anggota boyband setelah sukses duo.

Video musik Crush on U milik BAE173 telah ditonton sebanyak 10 juta kali. Boyband yang debut di bawah MBK Entertainment ini telah menunjukkan kemampuan vokal mereka lewat lagu pop ballad berjudul Every Little Thing Is You yang baru dirilis pada 28 November lalu.

8. CRAVITY

TREASURE hingga SECRET NUMBER, 12 Grup KPop Rookie Populer di 2020allkpop.com

CRAVITY merupakan grup pendatang baru dari Starship Entertainment. Album debut mereka yang HIDEOUT: REMEMBER WHO WE ARE berhasil menempati posisi No.6 di Gaon Chart dan terjual lebih dari 100 kopi. Pencapaian lainnya adalah album tersebut juga masuk di tangga lagu Billboard. Grup yang beranggotakan sembilan pria ini bahkan berhasil debut menempati posisi No.12 di chart Social 50 Billboard. 

Video musik yang dirilis CRAVITY juga selalu ditonton banyak orang, lho. Berkat lagu Flame, CRAVITY telah mendapat trofi kemenangan pertama di acara musik The Show.

9. P1Harmony

TREASURE hingga SECRET NUMBER, 12 Grup KPop Rookie Populer di 2020allkpop.com

Tak kalah populer, P1Harmony memulai debut pada 19 Oktober 2020. Adik dari SF9 ini cukup unggul dengan lagu debutnya berjudul SIREN. Bagi kamu yang suka lagu hip-hop dance dengan irama urban yang kuat, kamu wajib nih dengar lagu mereka. Tampil dengan sinkronisasi dance yang baik serta vokal stabil, aksi panggung mereka kerap mendapat pujian. Tidak hanya itu, video musik juga telah ditonton sebanyak 11 juta kali. Keren, kan?

11. DKB

TREASURE hingga SECRET NUMBER, 12 Grup KPop Rookie Populer di 2020allkpop.com

DKB merupakan boyband pertama dari agensi Brave Entertainment. Di balik penampilan mereka yang garang, ternyata suara setiap anggota enak didengar, lho. Gak percaya? Coba deh dengarkan lagu mereka yang berjudul Work Hard, dijamin ketagihan. Video musik tersebut juga telah ditonton lebih dari 11 juta kali. Walau bukan lagu debut, Work Hard menjadi lagu yang membuat nama DKB makin dikenal.

12. DRIPPIN

TREASURE hingga SECRET NUMBER, 12 Grup KPop Rookie Populer di 2020allkpop.com

Tampil dengan konsep flower boys, DRIPPIN mengingatkan publik dengan boyband Infinite. Setuju, gak? Grup yang beranggota tujuh remaja pria kelahiran tahun 2000-an ini merupakan rookie dari Wollim Entertainment. Debut dengan lagu Nostalgia, kemampuan vokal dan dancer dari setiap anggota tak boleh dipandang sebelah mata, lho. Koreografi lagu tersebut juga cukup indah, di mana setiap anggota tampil mengenakan pakaian putih dan hitam.

Itulah daftar 12 pendatang baru yang sukses menarik perhatian di tahun 2020. Ada bias barumu gak, nih? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 11 Boyband Korea Paling Populer Sepanjang Tahun 2020, BTS hingga NCT

Topic:

  • Mega Anita
  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya