Comscore Tracker

Bakal Comeback, 5 Lagu Artis Lain Ini Ternyata Ciptaan Suga BTS

Sudah tahu belum, nih? 

Baru-baru ini, Bighit Entertainment menyatakan bahwa BTS akan melangsungkan comeback pada tanggal 21 Februari. BTS diketahui akan merilis album bertajuk Map of the Soul: 7. Karenanya, banyak yang antusias menanti lagu terbaru dari boyband dengan tujuh anggota tampan tersebut. Lebih-lebih karena salah satu produser lagunya, Suga, kerap menciptakan lagu yang relate dengan kehidupan penggemar.

Suga BTS merupakan produser lagu serta rapper yang berbakat. Nama Suga selalu tertera sebagai produser lagu dari boyband BTS dari awal debut hingga sekarang. Walau begitu, rupanya, Suga tak hanya menciptakan lagu untuk BTS saja. Suga juga menciptakan lagu untuk artis lain dan mendapatkan banyak apresiasi dari publik dan penggemar. Penasaran lagu apa saja yang diciptakan Suga untuk artis lain? Yuk, simak! 

1. Wine - Suran ft. Changmo

https://www.youtube.com/embed/g8wlcQTf3p4

Lagu berjudul Wine ini merupakan salah satu track yang berada di album debut solois cantik bernama Suran, Walkin'. Suga berpartisipasi dalam pembuatan lagu ini, di mana ia merupakan komposer musiknya bersama Slow Rabbit, Suran, dan June. 

Lagu ini cukup meraih banyak perhatian, terlebih memang lagunya nyaman didengarkan, pun bergenre R&B. Bukti dari banyaknya orang yang menyukai lagu ini saat lagu ini memenangkan penghargaan Melon Music Awards 2017 pada kategori Hot Trend Award, membuktikan kekuatan Suga sebagai salah satu produser lagunya. 

2. Song Request - Lee Sora ft. Suga

https://www.youtube.com/embed/ij0SQZcqnPU

Suga menulis lirik lagu berjudul Song Request ini bersama Tablo Epik High. Keduanya memang diketahui merupakan penulis lagu yang baik. Lagu ini dinilai amat menenangkan dengan suara Lee Sora yang mendominasi dilengkapi oleh suara Suga. Pun, lagu ini meraih posisi 9 pada chart digital platform Gaon dengan kategori Hot 100. 

3. Eternal Sunshine - Epik High

https://www.youtube.com/embed/yzXXG9AzMag

Lagu ini merupakan salah satu track di album Sleepless in yang rilis tanggal 11 Maret 2019. Suga merupakan komposer serta orang yang mengaransemen lagunya. Sedangkan, penulis liriknya yakni Tablo dan Mithra Jin Epik High. Lagu ini memiliki makna yang begitu dalam, sehingga banyak orang merasa nyaman mendengarnya serta terhubung dengan makna lagunya. 

Baca Juga: 10 Potret Memukau Suran di Umur 34 Tahun, Pernah Duet dengan Suga BTS

4. We Don't Talk Together - Suran ft. Giriboy

https://www.youtube.com/embed/xStlRYcFXDg

Lagu yang rilis tanggal 7 Juli 2019 ini meraih banyak perhatian sejak rilisnya. Suga berpartisipasi menulis lirik lagu ini bersama Heize. Pun, Suga diketahui turut berpartisipasi sebagai komposer. 

5. Suga's Interlude - Halsey ft. Suga

https://www.youtube.com/embed/VhD4GIQcIGE

Lagu ini berada pada album bertajuk Maniac, rilis tanggal 6 Desember 2019. Suga merupakan komposer serta penulis liriknya. Suga juga berpartisipasi mengisi bagian rapnya, lho. 

Halsey sendiri pernah menyatakan alasannya memilih Suga untuk menciptakan bahkan mengisi bagian rap pada lagunya di live Instagramnya. Alasannya yakni karena Halsey merasa Suga begitu cerdas dalam mengambil perspektif soal kehidupan. Terbukti, lagu ini memang mempunyai lirik yang dalam mengenai perjuangan tanpa batas walau dalam kebingungan, sehingga banyak orang merasa terhubung akan liriknya. 

Nah, itulah 5 lagu yang ternyata merupakan ciptaan Suga BTS. Kamu suka lagu ciptaan Suga yang mana, nih? Kamu pasti kagum banget, kan, akan kemampuan Suga dalam menciptakan lagu?

Jangan lupa dukung album terbaru BTS nantinya, sebab kemungkinan besar Suga akan berpartisipasi lagi dalan pembuatan lagunya. 

Baca Juga: 7 Part Lagu Suga BTS yang Sukses Bikin Hati Tersentuh, Pernah Dengar?

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

let's go up to the sky --Winner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya