Comscore Tracker

5 Lagu Ciptaan G-Dragon BIGBANG Ini Nyindir Standar Sosial, Kamu Tahu?

Cermati, deh! 

G-Dragon merupakan pemimpin grup BIGBANG yang terkenal multitalenta. Ia bahkan sudah menciptakan beragam lagu dengan berbagai hal yang dibahas. Hal yang dibahas G-Dragon dalam lagu ciptaannya dinilai tidak membosankan, selalu ada hal bagus di dalamnya jika lebih dicermati.

Bahkan, G-Dragon juga pernah, lho, menciptakan lagu yang liriknya menyindir standar sosial yang ditetapkan orang lain. Masih banyak yang nggak menyadari, tetapi harusnya lebih diapresiasi. Jika kamu mau tahu, yuk, simak! 

1. Black - G-Dragon solo 

https://www.youtube.com/embed/fbM9tUR_vZg

Black merupakan lagu solo G-Dragon yang sebetulnya menyinggung soal orang-orang yang bertahan dalam hubungan penuh kepalsuan alih-alih memilih sendiri. Jika kamu lebih mencermati liriknya, kamu bakal memahami bahwa lagu ini sedikit kelam, juga sesuai realita betapa sebuah senyuman palsu dapat begitu mudah ditampakkan kepada orang lain walaupun tidak berada dalam hubungan yang bahagia.

Tentu lagu ini memasuki kategori yang membahas standar sosial. Tidak semua hubungan itu benar-benar sempurna seperti yang terlihat. Pesan yang sebetulnya dapat kamu petik jika lebih mengerti, yakni Kamu tidak perlu memenuhi standar kesempurnaan untuk suatu hubungan. Jalani hal yang membuatmu bahagia, meskipun orang lain mendesakmu untuk menjalin hubungan.

Semua orang berusaha keras untuk tersenyum
Menyembunyikan kebenaran
Bersikap seolah mereka bahagia
Kebohongan dalam kata cinta
Menyembunyikan kebenaran
Seolah akan kekal selamanya

2. Gossip Man - G-Dragon solo 

https://www.youtube.com/embed/M3rWGzTl8UU

Gossip Man merupakan lagu solo G-Dragon yang berada di album Heartbreaker. Menyenangkan didengarkan, namun liriknya menyinggung standar sosial yang ada dan terus berkembang saat ini.

G-Dragon seolah memposisikan dirinya sebagai seorang penggosip pada lirik lagunya ini. Penggosip yang merasa paling benar, keren, dan merasa segala gosip memang menyenangkan.

Beberapa penggemar menganggap lagu ini menyinggung soal orang-orang yang takut terkena gosip, sehingga mulai menggosipkan kehidupan orang lain. Standar sosial sekarang memang kian tidak masuk akal, sih, sehingga orang yang dianggap tidak benar akan menjadi bahan gosip.

Hari ini, pena wartawan seolah akan menemukan api
Apakah kamu melihat ranking mesin pencari?
Sudah banyak jari-jari netizen yang letih
Situasinya menjadi lebih serius

3. Loser - BIGBANG

https://www.youtube.com/embed/1CTced9CMMk

Loser merupakan lagu BIGBANG, namun G-Dragon juga turut berpartisipasi dalam pembuatan lagu ini. Lagu ini memiliki lirik yang punya kesan kelam, kamu bakal menyadari soal keputusasaan saat mengamati liriknya.

Lagu ini menggambarkan rasa jengkel serta frustrasi akan diri sendiri. Menganggap diri sendiri tidak mampu mengikuti standar yang ada, hanya bisa memasang topeng sandiwara demi mengikuti standar sosial yang ada. Seolah bahagia, namun sebenarnya kesepian.

Sejujurnya dunia ini rasanya tidak cocok buatku yang selalu sendirian
Sudah lama sejak aku lupa artinya cinta
Aku tak dapat lagi mendengarkan lagu cinta penuh pengharapan
Kau dan aku sama saja, hanyalah badut
Yang hanya dapat bersedih, tunduk, dan selalu diatur
Sudah terlalu jauh, aku ingin pulang
Ingin kembali saat aku masih muda dulu

Baca Juga: 13 Gaya Rambut Nyentrik G-Dragon BIGBANG yang Buktikan Pesonanya 

4. Dirty Cash - BIGBANG

https://www.youtube.com/embed/CAQIvr-rjBk

Dirty Cash merupakan lagu BIGBANG yang rilis di tahun 2006. G-Dragon berperan sebagai penulis liriknya. Meskipun Lagu ini masih menjadi favorit VIP (sebutan fans BIGBANG). Lagu ini juga memiliki lirik yang berbeda dari lagu grup KPop lainnya, menyinggung soal uang yang dapat mengubah segalanya.

Kamu pasti menyadari, kan, bahwa kenyataannya banyak orang yang berubah karena uang? Nah, hal itulah yang disinggung G-Dragon pada salah satu lagu ciptaannya ini. Tentang betapa uang bahkan dapat mengubah segalanya, termasuk kepedulian pada keluarga. Standar sosial yang ditetapkan banyak orang soal kekayaan juga menjadi faktor mengapa uang dianggap sesuatu yang paling dibutuhkan.

Kehilangan uang, mendapatkan uang, ide-ide licik yang membuatmu berada dalam masalah
Karena uang kotor, masyarakat membusuk
Orang dewasa dan anak-anak menjual impiannya
Bagaimana mungkin mimpi dapat sangat berubah?
Dimanakah orang yang bahagia hanya dengan 100 won?
Uang mengubahku, apakah benar-benar mengubah kita?
Dunia gila yang kelewat sibuk

5. Middle Fingers Up - G-Dragon solo 

https://www.youtube.com/embed/Bvaptx9ndeQ

Middle Fingers Up merupakan lagu solo G-Dragon yang juga menyinggung standar sosial. Ketika kamu lebih mengamati maknanya, kamu bakal menyadari bahwa lagu ini menyinggung soal rasa jengkel kepada orang-orang yang mendekat hanya karena ketenaran yang dipunya. G-Dragon juga menyinggung nama Seungri di sini, tentang beberapa orang yang mendekat hanya karena mengaku mengenali Seungri.

Tentu siapapun takkan senang jika ada orang yang bersikap dengan kesan sok akrab. Bahkan standar sosial saat ini memang makin tak masuk akal saja, salah satunya yakni bahwa dekat dengan seorang selebriti atau orang terkenal merupakan hal yang keren. Padahal jika terlalu terobsesi dengan selebriti dan orang terkenal tentu akan berkesan mengganggu privasi.

"Kita sudah pernah bertemu," katamu
Tidak, belum pernah
"Aku kenal Seungri."
Terus kenapa?
"Berikan nomormu, agar nanti kita bisa minum-minum bersama. Aku kenal banyak gadis cantik."
Kenapa aku harus memberikan nomorku? Siapa kau?

Itulah 5 lagu ciptaan G-Dragon yang menyinggung standar sosial. Kamu menyadari, gak, nih? Menurutmu, lagu-lagu G-Dragon di atas sesuai banget, gak, sih sama standar sosial yang ditetapkan orang-orang? 

Baca Juga: Wajib Masuk Playlist, 6 Lagu G-Dragon Ini Gak Melulu 'Ramai' kok!

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya