Comscore Tracker

6 Lagu yang Membahas Sisi Kelam Bagi Idol KPop, Kamu Menyadari? 

Cermati, deh! 

Berbagai idol KPop telah menghadirkan beberapa lagu dengan beragam topik yang bahkan dapat membuat pendengarnya merasa terhubung, pun sesuai realita. Bahkan sebetulnya, ada beberapa lagu yang membahas soal sisi kelam bagi idol KPop. Jika kamu belum menyadarinya, yuk, simak! 

1. Agree 

https://www.youtube.com/embed/AbBXYk2ncaE

Lagu solo Mino yang berada pada album solo bertajuk XX ini memiliki lirik yang terkesan menyindir orang-orang yang mau bersusah payah melakukan banyak hal demi menjatuhkan idol, atau sekadar mendapatkan informasi dan melanggar privasi.

Mino sendiri mengibaratkan pembenci seperti angin yang mengusiknya. Ia juga menyebutkan dalam lagunya betapa pembenci akan selalu lebih peduli terhadap kenaikan berat badan idol ketimbang prestasi.

Tentu, seperti yang diketahui, idol KPop mendapatkan beragam kebencian berlebihan yang bisa saja berpengaruh terhadap kesehatan mental. Gak sedikit idol KPop yang dibenci hanya karena masalah sepele. Lagu ini akan menyadarkanmu soal privasi yang berkurang juga, dan menjadi idol tidaklah mudah.

Banyak isu yang dibahas Mino pada lagu berdurasi singkat ini. Penggemar lagi-lagi takjub terhadapnya, pun menganggap lagu ini perlu lebih banyak apresiasi.

Kehilangan berat badan menjadi isu yang lebih besar ketimbang kemenangan di tempat teratas
Padahal bukan gym yang menghilangkan berat badan saya 
Lagi-lagi, saya berbalik bertahan dari orang-orang mengerikan

2. Super Star - G-Dragon 

https://www.youtube.com/embed/geI4Y4xdFms

Lagu ini sebenarnya asyik didengarkan berulang kali, namun liriknya agak suram. G-Dragon menggambarkan soal hal-hal yang ia miliki seperti mobil, koleksi seni, serta wine mahal. Namun pada liriknya dinyatakan pula kebingungan ingin minum-minum dengan siapa, sekalipun memiliki banyak wine mahal. 

Jelas bahwa segala barang mewah yang dideskripsikan pada lagu ini bukan untuk dipamerkan, namun untuk lebih menunjukkan apa yang mungkin dimiliki dan tidak dimiliki untuk kalangan selebritas. 

Tentu, sebagai selebriti, banyak hal-hal mahal yang dapat dimiliki. Namun, rasa sepi boleh jadi hinggap dan menimbulkan rasa tak nyaman. Mungkin, akan menyadarkanmu tentang kehidupan selebriti yang tak mudah.

Aku bekerja, menciptakan lagu dan syuting berbagai iklan
Aku berkeliling dunia lewat tur (I need some)
Aku tahu bahwa pernyataanmu benar
Ya, aku letih
Aku hari ini, besok, dan setiap hari dipenuhi pekerjaan
Namun tanpa pekerjaan esok hari, rasanya aneh

Baca Juga: 5 Idola KPop yang Ahli Menulis Lagu-lagu Terambyar

3. I Don't Want To Be An Idol - VIXX 

https://www.youtube.com/embed/2nikAjzGJ_s

Dinyanyikan oleh Ken dan Leo, lagu ini memiliki kesan emosional dan sesuai realita. Idol KPop tak memiliki kebebasan seperti yang dibayangkan, tak sedikit idol KPop dibenci hanya karena menjalin hubungan. Bahkan, beberapa menganggapnya sebagai pengkhianatan, padahal itu hal manusiawi. 

Karena aku seorang idol 

Karena aku seorang selebriti 

Aku tak dapat menggenggam tanganmu, ketika kita berjalan

4. Loser - BIGBANG 

https://www.youtube.com/embed/1CTced9CMMk

Lagu BIGBANG yang satu ini memiliki lirik yang terkesan penuh rasa putus asa, rendah diri, serta berusaha menyembunyikan jati diri untuk mengikuti standar yang ada. Seolah bahagia, namun kesepian dan lebih banyak dikendalikan.

Tentu saja lagu ini bisa jadi sesuai dengan realita bagi idol KPop. Mungkin, mereka tidak begitu bebas seperti yang kamu kira. Mungkin pula ada beban berat yang tersimpan dibalik kepopuleran.

Sejujurnya, dunia ini rasanya tidak cocok buatku yang selalu sendirian
Sudah lama sejak aku lupa artinya cinta
Aku tak dapat lagi mendengarkan lagu cinta penuh pengharapan
Kamu dan aku sama saja, hanyalah badut yang hanya dapat bersedih, tunduk, pun selalu diatur
Sudah kelewat jauh, aku ingin pulang
Ingin kembali ke masa di mana aku masih muda

5. Ugly - 2NE1 

https://www.youtube.com/embed/NGe0hHvAGkc

2NE1 sebetulnya terkenal akan lagu-lagunya yang menunjukkan kekuatan wanita, namun lagu berjudul Ugly ini menimbulkan kesan berbeda dengan menyatakan soal rasa rendah diri pada liriknya.

Seperti yang diketahui, ada beberapa standar kecantikan untuk idol KPop yang masih bertahan hingga saat ini. Yang tidak mengikuti standar kemungkinan akan menerima beberapa komentar kebencian yang menimbulkan rasa rendah diri. Bukan hanya idol KPop, lagu ini mungkin saja relate denganmu saat kamu mencermati liriknya.

Kupikir aku jelek, hingga tak ada yang mau mencintaiku 

6. Fan - Epik High

https://www.youtube.com/embed/eINjPkO7w4M

Lagu Epik High yang rilis tahun 2011 ini menggambarkan tentang perasaan penuh obsesi terhadap sosok idola yang bahkan tidak mengenal dengan baik penggemarnya. Obsesi yang kian meningkat tiap kali melihat sang idola, juga keinginan memiliki sepenuhnya.

Seperti yang diketahui, idol KPop kemungkinan memiliki banyak sasaeng fans yang rela mencari informasi pribadi yang sebenarnya termasuk bagian dari privasi untuk lebih mengetahui tentang sosok idola. Perilaku obsesif macam ini menakutkan, dan kemungkinan membayangi kehidupan selebriti.

Bahkan jika aku tak dapat memilikimu, kamu ada dalam pikiranku 

Bahkan jika aku tahu betul mimpi ini tak dapat jadi kenyataan 

Bahkan jika tak kukatakan dan bersembunyi dari jauh 

Kamu tahu, aku mencintaimu

Nah, itulah 6 lagu yang membahas soal sisi kelam bagi idol KPop. Kamu setuju, gak, kalau lagu-lagu di atas memang sesuai dengan realita yang ada? 

Baca Juga: 8 Lagu KPop Ini Bisa Menyadarkanmu akan Kesulitan Idolamu, Inspiratif!

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya