Comscore Tracker

5 Mantan Artis YG Entertainment yang Pernah Mendirikan Agensi Sendiri 

Tak sedikit yang justru jadi lebih sukses! 

Mendirikan agensi sendiri menjadi pilihan yang banyak diambil oleh artis Korea setelah kontrak dengan agensi sebelumnya berakhir. Pengalaman di industri hiburan selama bertahun-tahun pun mampu membantu mereka jalankan bisnis tersebut. 

Ternyata, cukup banyak mantan artis YG Entertainment yang mendirikan agensi tepat setelah kontraknya berakhir. Mereka ternyata punya alasan yang berbeda-beda dalam mengambil keputusan tersebut. Yuk, simak!

1. Minzy eks 2NE1

5 Mantan Artis YG Entertainment yang Pernah Mendirikan Agensi Sendiri Minzy eks 2NE1 (instagram.com/_minzy_mz)

Setelah meninggalkan YG Entertainment, Minzy sebenarnya bergabung dengan The Music Works untuk promosi sebagai artis solo. Namun, ia memilih meninggalkan agensi tersebut setelah perselisihan hukum selesai. Kemudian, Minzy mendirikan agensinya sendiri yang bernama MZ Entertainment. 

Agensi tersebut juga akan mendebutkan artis baru dan berkomitmen untuk selalu mendukung mereka. Ini sejalan dengan keinginan Minzy yang ingin mendukung setiap orang yang ingin membuktikan talentanya.

2. One 

5 Mantan Artis YG Entertainment yang Pernah Mendirikan Agensi Sendiri One (instagram.com/onlyoneprivate)

Private Only merupakan agensi yang didirikan oleh One setelah meninggalkan YG Entertainment pada tahun 2019 lalu. Alasannya agensi itu didirikan, karena sang rapper ingin membantu orang lain menghadapi kesulitan saat tak dapat berkarya dengan bebas. 

Setelah mendirikan agensinya, One merilis album pertamanya yang bertajuk PRVT 01. Menurutnya, kejujuran merupakan satu kata yang tepat untuk mendeskripsikan album yang sepenuhnya dibuat olehnya tersebut.

Baca Juga: 10 Artis JYP Ent yang Punya Hak Cipta Lagu Terbanyak hingga Juni 2021

3. PSY 

5 Mantan Artis YG Entertainment yang Pernah Mendirikan Agensi Sendiri artis agensi P NATION (instagram.com/pnation.official)

PSY mendirikan agensi bernama P NATION setelah kontraknya dengan YG Entertainment berakhir. Ia ternyata ingin berbagai beragam pengetahuannya sebagai produser, manajer, hingga direktur selama 19 tahun untuk agensi itu. 

Agensi P NATION nyatanya makin populer karena PSY mengelolanya dengan baik. Agensi ini pun menaungi banyak artis terkenal, seperti Jessi, HyunA, Dawn, Crush, Heize, dan D.ark yang aktif berpromosi.

4. SE7EN 

5 Mantan Artis YG Entertainment yang Pernah Mendirikan Agensi Sendiri SE7EN (soompi.com)

Tepat setelah kontrak dengan YG Entertainment berakhir, SE7EN secara resmi mendirikan agensinya yang bernama Eleven Nine. Kabarnya, penyanyi tersebut melakukan berbagai hal dalam merencanakan bisnis ini saat baru dimulai, dari membangun gedung hingga merencanakan beragam hal. 

Staf yang bekerja bersama SE7EN sejak tahun 2003 pun turut bekerja sama dalam mengembangkan perusahaan di bidang musik, manajemen artis, hingga penampilan. Kabar didirikannya agensi ini disambut dengan baik oleh publik dan artis yang masih bernaung di YG Entertainment saat itu.

5. Taehyun eks WINNER 

5 Mantan Artis YG Entertainment yang Pernah Mendirikan Agensi Sendiri Nam Taehyun (instagram.com/souththth)

Tak lama setelah meninggalkan YG Entertainment, Taehyun bergabung dengan band South Club dan mendirikan agensi bernama The South. Sayangnya, agensi tersebut hanya bisa berjalan selama 3 tahun karena pendirinya merasa cukup kesulitan hingga memilih tak melanjutkannya. 

Walaupun begitu, band tersebut pada akhirnya menemukan agensi baru yang tepat untuk lanjut berkarya sebagai artis. Mereka masih melanjutkan kegiatan merilis berbagai lagu hingga saat ini, lho.

Walaupun bukan pilihan yang mudah, mantan artis YG Entertainment di atas berani untuk mencoba hal baru. Tentu, pendiri dari agensi tersebut juga tetap memberikan dukungan terhadap mantan artisnya yang mencoba mengembangkan hal baru.

Baca Juga: 10 Artis Korea Ini Religius Banget, Ada Siwon hingga Dahyun TWICE

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya