Comscore Tracker

10 Film tentang Penguin yang Penuh Canda Tawa hingga Cerita Bermakna

Bisa sekaligus belajar kehidupan penguin

Penguin merupakan salah satu hewan yang menggemaskan. Jalannya yang lucu dengan warna kulit hitam putih membuat banyak orang tertarik. Bahkan dunia film, ia cukup terkenal sehingga kerap dibuat film tentang penguin.

Dalam banyak film, penguin digambarkan sebagai makhluk yang unik. Ditambah cerita yang menarik tentu saja, film tentang penguin banyak yang suka. Apalagi tak sedikit film tentang penguin ditampilkan dengan penuh kehangatan seperti film-film ini. Ada yang lucu dan menggemaskan hingga perjalanan penguin yang penuh perjuangan.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Macaroni Penguin, Spesies Penguin yang Memiliki Jambul

1. Penguins 2019 

https://www.youtube.com/embed/VubxHFy7ocE

Untuk melihat kehidupan penguin seperti bagaimana cara bertahan hidup, mencari pasangan hingga bersarang, film dokumenter Penguins ini bisa jadi referensi. Dibawakan dengan apik sehingga seperti melihat live-action dari sebuah film.

Dalam narasinya, penguin bernama Steve bergabung dengan penguin jantan lainnya untuk melewati musim semi Antartika. Ia bersama dengan yang lain mencari pasangan dan sarang yang cocok hingga membentuk sebuah keluarga.

Namun tak hanya peristiwa mengharukan dan senang-senang, ada juga saling serang berburu anjing laut macan tutul yang bikin anak-anak tidak nyaman. 

2. March of penguins 

https://www.youtube.com/embed/oY8YvreAFl4

Di bulan Maret pada akhir musim semi, penguin Kaisar akan melakukan perjalanan sejauh 70 mil. Dengan jarak tersebut, perjalanan memakan waktu selama seminggu lamanya untuk ke tempat berkembang biak.

Setelah bertemu dengan pasangan, mereka akan kawin dan melakukan transfer telur dari betina ke jantan untuk diinkubasi selama musim dingin. Perjalanan tersebut bukanlah hal mudah karena telur bisa saja pecah karena cuaca yang dingin.

Film dokumenter yang dinarasikan oleh Morgan Freeman ini menarik untuk dilihat. Apalagi untuk kamu yang tertarik dengan dunia satwa utamanya penguin yang lucu ini. Dalam dokumenter ini akan terekam bagaimana perjalanan penguin membentuk keluarga bersama dengan anak-anaknya.

Baca Juga: Kenalan dengan Penguin Gentoo, Perenang Tercepat di Keluarga Penguin

3. Penguins of madagascar 

https://www.youtube.com/embed/4jsFpmFWOSs

Petualangan sekelompok penguin ini menarik perhatian, tak hanya anak-anak tapi juga orang dewasa. Skiiper, Kowalski, Rico dan Prive berhasil membuat penonton tersenyum lebar dengan tingkah konyol mereka. 

Film ini di awali ketika mereka bertiga bertemu dengan telur yang kemudian menetas dan dipanggil prive. Beranjak dewasa, mereka bergabung dengan sirkus namun segera ditinggalkan untuk misi khusus penyelamatan dunia. Mereka akan melawan Dr. Octavius ​​Brine, seekor gurit yang jahat.

Perjalanannya tak hanya dilakukan di Antartika tapi juga Shanghai hingga Madagaskar. Cerita semakin menarik dengan beberapa hewan lain yang juga turut membuat cerita semakin asyik untuk ditonton.

4. MR. POPPER'S PENGUINS

https://www.youtube.com/embed/Y3cSmpfsl9c

Ketika tahu bahwa pemeran utamanya adalah Jim Carrey tentu yang dibayangkan adalah film komedi. Yup, begitu juga Mr. Popper's Penguin yang bergenre komedi dengan bumbu drama kehidupan dari Mr. Popper. 

Awalnya, ia adalah seorang pria yang sukses dalam kariernya namun tidak dengan keluarganya. Ia memiliki hubungan yang jelek dengan ayahnya, istrinya dan anak-anaknya. Di balik bisnisnya yang sukses, ia berusaha untuk memperbaiki kehidupan rumah tangganya.

Hal itu ditambah ketika ayahnya yang meninggal tiba-tiba meninggalkan enam penguin yang dikirim untuknya. Ia kemudian bertekat untuk membawanya ke kebun binatang namun anehnya, berkat ada penguin ia semakin dekat dengan anak dan istrinya.

5. Happy Feet

https://www.youtube.com/embed/aIBsnOyJB7Y

Saat musik kawin tiba, penguin betina dan jantan akan bernyanyi 'Heartsongs' satu dengan yang lain. Jika tertarik, mereka akan berpasangan kemudian kawin dan memiliki anak. Seperti Norma Jean dan Memphis yang saling tertarik dan memiliki anak bernama Mumble.

Berbeda dengan penguin yang lain, Mumble cenderung tidak bisa diam. Ia bisa melompat-lompat kesana kembali dan yang paling beda adalah ia tak bisa bernyanyi. Orangtuanya mengirimkan ke guru suara namun gagal, hanya pekikan yang keluar dari mulutnya.

Semakin dewasa ia tahu bahwa ia tahu bahwa ia tak bisa bernyayi. Ia hanya tahu bahwa ia bahagia bisa menari di atas es. Namun tariannya tersebut dibenci karena dinilai membuat banyak ikan pergi.

6. Surfs up 

https://www.youtube.com/embed/7mPdQRXFiPA

Seteah meliat penguin bernyanyi dan menari, tak lengkap rasanya jika tak melihat penguin bermain selancar. Surf up bercerita tentang seorang penguin bernama Cody Moverick yang akan ikut kejuaraan berselancar.

Walaupun sejak kecil sering berselancar menggunakan es tapi ia masih harus belajar lagi lebih banyak. Untuk kejuaraan tersebut, ia belajar lanfsung dari legenda surfing bernama Big Z.

Dalam film ini terdokumentasi secara lengkap bagaimana perjalanan Cody untuk ikut kejuaraan tersebut. Mulai dari belajar memakai seluncur hingga ketenaran yang ia dapatkan.

7. Pebble penguins

https://www.youtube.com/embed/OPGRkDfw2mk

Walaupun film ini adalah film lama tapi tak ada salahnya untuk dinikmati sambil bersantai bersama dengan keluarga. Film ini berkisah tentang seorang penguin bernama Hubie yang pemalu dan canggung. Hubie suka dengan Marina namun ada Drake yang juga mengincarnya. 

Drake yang tak suka dengan Hubie membuat Huie keluar dari pantai asalnya. Namun untung, ada Rocko yang membantunya kembali ke rumah untuk kembali kepada pujaan hatinya. Selain itu, Rocko juga mengajari Hubie cara bertarung dengan anjing laut ataupun musuh lainnya.

8. Encounters At The End Of The World

https://www.youtube.com/embed/R3leTaf2Txw

Film ini juga termasuk film dokumenter yang merekam bagaimana kehidupan di Antartika. Tak hanya berfokus pada kehidupan penguin, ada banyak elemen masyarakat yang terlibat dalam film ini. Ada ilmuwan yang mempelajari neutrino, peneliti susu induk anjing laut, pemandu wisata yang mengajarkan murid-muridnya bertahan hidup.

Serta ada pula wawancara dengan ilmuwan penguin yang membahas dengan penguin disorientasi. Hal ini menarik untuk disimak mengingat banyak sekali fakta fauna yang masih bisa digali di alam ini termasuk di Antartika.

Walaupun sosok penguin sangat menggemaskan tapi tak semua penguin memiliki kehidupan yang menyenangkan. Dalam film dokumenter misalnya, mereka harus bertahan hidup dan berjuang untuk anak-anaknya dari marabahaya ataupun cuaca. 

Baca Juga: Ratusan Little Blue Penguin Mati di Selandia Baru karena Kelaparan

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya