Comscore Tracker

7 Anime yang Menceritakan Susahnya jadi Orangtua, Wajib Nonton!

Sayangi orangtuamu seperti mereka menyayangimu

Anime memang identik dengan kisah hubungan antar insan manusia. Hal tersebut tentu saja dimaksudkan agar penonton dapat belajar sekaligus mengambil nilai kehidupan dari anime tersebut. Hubungan yang dimaksud dapat berupa persahabatan, cinta dan kasih sayang orangtua.

Di berbagai anime biasanya kasih sayang antara orangtua dan anak-anaknya selalu digambarkan tiada batas. Nah, berikut ini adalah 10 anime yang khusus menangkat tema keluarga, yang wajib kamu tonton bersama-sama dengan keluarga kamu, check it out!

1. Wolf Children

7 Anime yang Menceritakan Susahnya jadi Orangtua, Wajib Nonton!wolfchildrenmovie.com

Suatu hari Hana bertemu pria misterius yang sangat tertarik dengan ilmu pengetahuan. Hana pun membantu sang pria untuk belajar bersama di kampusnya. Lambat laun tumbuh rasa cinta antara mereka berdua.

Si pria yang tak ingin mengecewakan Hana pun mengungkapkan jati dirinya, seorang manusia serigala. tak disangka Hana tidak takut sama sekali dan mereka berdua pun menjalin hubungan dan dikarunia seorang anak bernama Yuki.

Namun suatu hari terjadi tragedi yang membuat sang suami meninggal saat Hana masih mengandung bayi kedua, Ame. Dia pun terpaksa harus merawat anak-anaknya tanpa sang suami.

Film buatan Mamoru Hosoda ini sukses menceritakan susahnya jadi single parent. Setelah menonton ini kamu pasti mengerti beratnya orangtua harus melepaskan anak yang ingin melebarkan sayapnya ke dunia yang sebenarnya.

2. Usagi Drop

7 Anime yang Menceritakan Susahnya jadi Orangtua, Wajib Nonton!imdb.com

Menceritakan Daikichi pria 30 tahun yang harus menjadi ayah angkat dari Rin, gadis berumur 6 tahun yang merupakan anak sah dari kakeknya yang baru saja meninggal. Dia rela mengadopsi Rin karena semua orang menganggap Rin adalah anak haram sang kakek dan tidak dianggap keluarga.

Meski mau jadi ayah angkat, Daikichi sama sekali tidak mengerti tentang menjadi orangtua. Daikichi pun berusaha keras membesarkan dan membahagiakan Rin meski harus mengesampingkan kariernya.

Anime fokus kepada seorang ayah tunggal yang harus membesarkan putri angkatnya yang beranjak tumbuh menjadi remaja.

3. Alice To Zouroku

7 Anime yang Menceritakan Susahnya jadi Orangtua, Wajib Nonton!thechunnicorner.com

Sana mempunyai kekuatan untuk menciptakan apapun yang dia pikirkan, dengan kekuatan tersebut Sana melarikan diri dari Laboratorium penelitian tempatnya dikurung. Dalam pelarianya dia bertemu degan kakek-kakek bernama Zoruku.

Zoruku yang kasihan dengan keadaan Sana kemudian menolongnya kabur dan mengajarkan dia cara hidup normal layaknya gadis belia di usianya. Membesarkan Sana bukan hal mudah bagi Zoruku, dia harus mengajarkan sang gadis kecil tentang tanggung jawab memiliki kekuatan besar.

With great power comes great responsibility, seperti yang dikatan Paman Ben pada Spider-Man.

4. The Boy And The Beast

7 Anime yang Menceritakan Susahnya jadi Orangtua, Wajib Nonton!cinemafaith.com

Lagi-lagi film dari Mamoru Hosoda mengangkat kisah drama keluarga namun kali ini dipadukan dengan genre action dan fantasy yang membuat film ini terasa sangat komplit.

Menceritakan Ren yang baru saja kehilangan sang ibu karena sakit, sang ayah pun sudah lama menghilang tak ada kabar. Ren yang menolak di adopsi oleh kerabatnya kemudian melarikan diri. 

Pelarian membawanya ke dunia lain dimana binatang memiliki fisik dan gaya hidup layaknya manusia. Disana dia bertemu Kumatetsu, murid dari maha guru penguasa dunia binatang. kebetulan Kumatetsu sedang mencari murid untuk membantunya bersaing mendapatkan posisi maha guru selanjutnya. Ren pun diangkat menjadi murid dan diajarkan Ilmu pedang.

Sepanjang film kamu akan dibuat tertawa dengan tingkah konyol Ren dan Kumatetsu. porsi drama dan action sangat berimbang kamu akan sangat menikmati adegan bertarung dan scene mengharukan dalam film ini.

Baca Juga: 7 Ahli Pedang Terbaik dalam Anime yang Pernah Ada

5. Fullmetal Alchemist Brotherhood

7 Anime yang Menceritakan Susahnya jadi Orangtua, Wajib Nonton!animecracks.com

Kamu pasti sudah familiar dengan anime ini. Anime yang menceritakan perjalanan Edward dan Alphonse ini sarat akan drama keluarga. Kedua orangtua Ed dan Al sangat menyayangi mereka, sang Ibu Trisha seorang diri membesarkan mereka setelah sang ayah Von Hohenheim pergi dan tidak pernah kembali.

Terungkap di pertengahan seri bahwa sang Ayah adalah manusia abadi berkat Philosopher Stone dalam dirinya. Hohenheim meninggalkan mereka demi melindungi keluarganya dari Homonculus serta mencari cara menghilangkan keabadiannya.

Meski cerita utama tidak berfokus pada hubungan orangtua dengan anaknya. Tetapi selalu dimunculkan porsi drama keluarga di sebagian besar episode.

6. Amaama To Inazuma

7 Anime yang Menceritakan Susahnya jadi Orangtua, Wajib Nonton!Myanimelist.com

Sepeninggal sang istri, Kouhei Inuzuka harus merawat putrinya seorang diri. Kouhei yang adalah seorang guru Matematika ini sangat kerepotan mengurus kebutuhan sehari-hari sang anak, lebih buruknya lagi karena tidak bisa memasak Kouhei memberi makan anaknya dengan makanan cepat saji yang tidak bergizi.

Karena cemas dengan masa depan sang anak Kouhei pun meminta bantuan kepada salah seorang muridnya, Kotori lida. Kotori pun membantu mengajarkan Kouhei untuk merawat putrinya. dimulai dari mengajarinya memasak.

Selain hubungan ayah-anak yang jadi sorotan, Anime ini juga fokus kepada kuliner, akan ada banyak adegan memasak dalam anime ini.

7. Aishiteruze Baby

7 Anime yang Menceritakan Susahnya jadi Orangtua, Wajib Nonton!animekaizoku.com

Ippei adalah remaja playboy yang suka godain cewek, suatu hari tante Ippei pergi dan meninggakan anaknya, Yuzuru yang masih berumur 5 tahun di depan rumah Ippei. Ippei pun dengan terpaksa merawat sepupunya tersebut selama kepergian sang ibu.

Ippei yang notabene adalah laki-laki berengsek ini perlahan akan tumbuh dewasa menjadi sosok pria yang dapat diandalkan. Anime shoujo ini berjumlah 26 episode, dan di setiap episode selalu ada keseruan Ippei dan Yuzuru yang sayang untuk dilewatkan.

Setelah menonton anime di atas, kamu jadi jauh lebih paham bagaimana perjuangan orangtua kamu membesarkan dirimu. mulai sekarang kamu juga harus sering-sering tunjukkan kasih sayang kamu kepada mereka ya!

Baca Juga: 7 Anime Laga Fantasi Terbaik Sepanjang Masa, Dijamin Seru!

Mito Rudito Photo Verified Writer Mito Rudito

Menulis tentang hobi sambil meminum secangkir kopi perlahan menjadi rutinitas yang menyenangkan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya