Comscore Tracker

5 Film Superhero dengan Genre Horor, Berani Nonton?

Buat yang bosen dengan genre mainstream

Film superhero biasanya identik dengan film laga penuh aksi memukau dan  CGI-heavy. Ceritanya pun tidak jauh dari menyelamatkan dunia dari serangan Alien atau semacamnya. Yang biasanya alur cerita selalu disisipi humor yang bikin ketawa penonton. Hal tersebut menjadi ramuan manjur yang disukai penonton terutama remaja dan anak-anak.

Kini setiap tahunya film superhero tidak pernah absen rilis. Namun, apakah kamu kadang merasa bosan menonton film superhero dengan pembawaan cerita yang itu-itu aja? Kamu bisa coba film superhero yang dipadu padankan dengan genre horor yang tentu saja punya sensasi beda. Berikut ini 5 film superhero dengan genre horor buat kamu yang pengin nonton superhero dengan sudut pandang lain. Check it out !

1. Constantine

https://www.youtube.com/embed/DEa508Xmmio

Constantine merupakan film adaptasi dari salah satu karakter komik superhero DC terkenal, John Constantine. Pertama kali muncul di The Saga of Swamp Thing #37 (1985). Constantine merupakan penyihir dan detektif yang mengurusi hal-hal ghaib. Beda dengan Superman dan Batman yang lebih sering berurusan dengan alien dan orang sinting.

Tentu saja sebagai detektif supranatural Constantine harus berurusan dengan hantu, iblis dan semacamnya. Film yang dirilis tahun 2005 ini mengusung genre horor dimana John harus berurusan dengan para korban kerasukan iblis. Namun seiring perjalananya John malah terseret ke dalam konflik lebih besar antara iblis dan malaikat utusan tuhan.

Film ini dibintangi oleh salah satu aktor laga paling terkenal saat ini yakni Keanu Reeves sebagai sang karakter utama John Constantine. Sederet nama terkenal lain seperti Rachel Weisz dan Shia LaBeouf juga turut tampil di film ini.

2. Man-Things

https://www.youtube.com/embed/nigFA60GTJA

Man Things adalah film adaptasi dari superhero Marvel Man-Things. Man-Things sendiri pertama muncul dalam komik Savage Tales #1 (1971). Dengan desain unik dimana tubuhnya dipenuhi tumbuhan rawa dengan mata menyala merah dan bisa menyerap apa saja yang bersentuhan fisik denganya.

Terdengar cukup menyeramkan untuk seorang superhero bukan ? studio film Lions Gate sepertinya berpikiran demikian karena setelah mendapatkan lisensi karakter ini, yang mereka buat bukanlah film superhero biasa melainkan film Horor dimana Man-Things adalah teror utama  dalam film ini.

Sheriff baru Kyle William melakukan penyelidikan serangkaian kasus hilangnya para pekerja pertambangan minyak saat melakukan survei tempat pengeboran baru di sebuah rawa. Belum sampai terkuak kasus hilangnya orang disekitar rawa terus bermuculan. Beberapa dari orang hilang tersebut ditemukan mati secara brutal dimana tanaman rawa muncul dari dalam tubuh mereka. Dibantu oleh shaman dari suku pedalaman lokal Kyle harus mengehentikan terror monster rawa yang terus mengancam dari kegelapan.

3. Brightburn

https://www.youtube.com/embed/prNrOGVqQHw

Apa jadinya jika Superman tidak pernah diajarkan untuk mengontrol kekuatanya dari kecil? Bagaimana jika Superman tidak tumbuh menjadi anak baik dan suka menolong tapi malah menjadi anak sociopath  ? kemungkinan-kemungkinan itulah yang sering dipertanyakan para pembaca komik. Nah, film ini mencoba memberikan kamu jawaban atas kemungkinan yang akan terjadi.

Tori dan Kyle Breyer adalah pasangan suami istri muda yang hidup damai di pedesaan Brightburn, Kansas. Suatu malam sebuah pesawat luar angkasa jatuh di ladang mereka yang di dalamnya berisi bayi laki-laki. Tori dan Kyle memutuskan mengadopsi anak itu, menamainya Brandon.

Namun karena orang tuanya yang tidak tahu akan kelebihan Brandon mereka tidak bisa mengajarkan Brandon untuk mengendalikan kekuatanya sehingga dia seenaknya sendiri menggunakan kekuatanya. Ditambah lagi Brandon tumbuh menjadi anak yang introvert dan sociapath. Setelah serangkaian kejadian buruk, Brandon memutuskan untuk menggunakan kekuatanya untuk meneror Brightburn.

Baca Juga: Sedih Banget, 7 Kematian Paling Tragis dalam Film Superhero

4. Faust: Love of the Damned

https://www.youtube.com/embed/R20724MykwI

Film ini merupakan adaptasi dari komik superhero dengan judul Faust  karya komikus Tim Virgil yang pertama kali dirilis tahun 1987 oleh Rebel Studios dan kemudian diambil alih oleh Avatar Press. Komik ini  ditujukan untuk penonton dewasa karena mengandung adegan kekerasan brutal dan seksual yang tentu saja dibawa juga dalam film nya. Alhasil lahirlah film superhero yang bergenre horror-slasher  yang brutal dan mencekam.

Setelah pacarnya diperkosa dan dibunuh secara keji oleh komplotan gengster. John Jaspers rela menjual jiwanya pada Iblis bernama Mephistotheles untuk dapat membalaskan dendamnya. Diapun dirubah menjadi monster bertanduk menyerupai Iblis yang haus darah bernama Faust.

Namun pertemuanya dengan psikiater bernama Jade merubah jalan hidup John, John mencoba bertobat dan balik melawan Mephistotheles yang berencana membuka gerbang neraka ke dunia manusia. Kamu tidak akan menyangkan bahwa Faust adalah superhero dengan tampang dan kekejamanya dalam memutilasi musuhnya.

5. Blade

https://www.youtube.com/embed/kaU2A7KyOu4

Film trilogi Blade merupakan salah satu film adaptasi komik superhero dari Marvel yang cukup menuai kesuksesan sebelum jauh adanya dominasi dari Marvel Cinematics Universe (MCU). Film ini menggabungkan genre superhero, action dan juga horor dalam satu cerita epik tentang dominasi vampir atas manusia.

Menceritakan seorang pemburu vampir bernama Blade. Blade adalah seorang Dhampir, ,manusia setengah vampir yang memiliki kekuatan mereka namun tidak kelemahanya membuatnya menjadi mesin pembunuh vampir paling dapat diandalkan. Blade pun harus melindungi manusia dari para vampir haus darah yang selalu mengintai di kegelapan malam.

Aktor Wesley Snipes yang dikala itu sedang naik daun dipilih memerankan sang pemburu vampir. Kemampuanya sebagai ahli bela diri dan beperanya membuat film ini begitu menarik. Perlu diingat film ini memiliki Rating-R karena banyak adengan khas film horror-slasher di dalamnya.

Gimana menurutmu ? anti mainstream banget kan! Yah, dasarnya film superhero mau bagaimanapun genre yang dibawa dan cerita yang diusung, pasti masih ada pesan moral yang dapat diambil dari berbagai karakter 'pahlawan' di filmnya. Tak terkecuali film-film diatas. Berani nontonya kan ?

Baca Juga: 7 Film Superhero Terpopuler di 2019, Bikin Semangat hingga Baper!

Mito Rudito Photo Verified Writer Mito Rudito

Menulis tentang hobi sambil meminum secangkir kopi perlahan menjadi rutinitas yang menyenangkan. Lebih asik lagi jika ditemani kacang..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya