Comscore Tracker

Kenalan dengan 13 Desainer Perancang Outfit Idol dan Artis Korea

Orang-orang kreatif di balik kerennya fashion Korea

Meningkatnya minat dunia terhadap KPop tidak lepas dari performance dan penampilan para selebriti Korea yang stylish. Karena fashion dapat meningkatkan value mereka, tidak jarang agensi dan selebriti rela menghabiskan uang banyak hanya demi outfit. Para stylist pun harus memutar otak untuk mendandani artis mereka dengan outfit yang tepat.

Beberapa outfit yang dipakai oleh selebriti merupakan pakaian jadi karya desainer yang pernah dipamerkan di fashion show. Ada juga kostum yang dipesan dan dirancang desainer secara khusus untuk artis tertentu. Siapa saja desainer yang pernah merancang outfit selebriti Korea? Simak daftar berikut.

1. Kim Ri Eul

Kenalan dengan 13 Desainer Perancang Outfit Idol dan Artis Koreapotret desainer Kim Rieul dan contoh karyanya (instagram.com/rieul.kim)

Kim Ri Eul adalah desainer pakaian pria sekaligus pemilik brand Rieul. Rancangan Ri Eul selalu bertema hanbok. Spesialisasinya adalah rancangan setelan pria yang terbuat dari kain hanbok. Ia juga mendesain hanbok modern yang dapat digunakan dalam acara formal.

Rancangan pemilik nama asli Kim Jong Won ini banyak dipakai oleh selebriti Korea. Beberapa di antaranya adalah Tiger JK, Zico, Monsta X dan G-Dragon. Ia juga merancang hanbok yang dipakai Jimin, Suga dan j-hope BTS saat tampil di istana Gyeongbokgung untuk acara The Tonight Show Starring Jimmy Fallon.

2. Han Seon Mi

Kenalan dengan 13 Desainer Perancang Outfit Idol dan Artis Koreadesainer Han Seonmi dan contoh karyanya (youtube.com/AYO 에이요 | instagram.com/lingerie_han)

Han Seon Mi adalah seorang desainer lingerie. Ia mendirikan brand miliknya Lingerie Han, setelah berkarir selama sepuluh tahun sebagai desainer. Ia mendirikan toko sendiri pada tahun 2013 untuk brand miliknya, dan menjadi satu-satunya butik lingerie di Korea. Seluruh rancangannya dibuat custom dan hand-made.

Lingerie yang didesain bukan sekedar untuk pakaian dalam, tetapi menjadi outift modern yang modis. Beberapa kali rancangannya dipakai oleh selebriti Korea seperti girl group Apink saat tampil membawakan lagu "%%", kostum Irene dan Seul Gi Red Velvet dalam video musik "Monster", dan model Jang Yoon Ju dalam video musik aespa "Black Mamba" mengenakan lingerie buatannya. Ia juga yang merancang lingerie aktris Kim Min Hee dan Kim Tae Ri dalam film The Handmaiden.

3. Kim Min Ju

Kenalan dengan 13 Desainer Perancang Outfit Idol dan Artis Koreadesainer Kim Minju dan contoh hasil karyanya (twitter.com/winter_joonie | kdramastars.com)

Kim Min Ju adalah pemenang kompetisi Next in Fashion Netflix tahun 2020. Ia juga memenangkan 2013 H&M Design Award dan semi finalis LVMH Prize for Young Fashion Designers tahun 2014. Ia memiliki brand sendiri yang diberi nama MINJUKIM dan menjadi pengajar di universitas Kookmin di Korea.

Hasil rancangannya banyak dipakai oleh selebriti Korea seperti girl group Red Velvet, Twice dan aktris Seo Ye Ji dalam drama It’s Okay to Not Be Okay. Walau spesialisasinya mendesain pakaian wanita, ia tidak kalah dalam mendesain pakaian pria. Hasil rancangannya untuk pakaian pria bisa dilihat pada outfit BTS saat membawakan lagu "I Need U" dan "DNA" pada tur dunia mereka.

4. Hwang Leesle

Kenalan dengan 13 Desainer Perancang Outfit Idol dan Artis Koreadesainer Hwang Leesle dan contoh karyanya (instagram.com/leesle | n.news.naver.com)

Hwang Leesle adalah desainer hanbok yang berasal dari Korea Selatan. Pendiri brand Leesle ini pertama kali mendesain hanboknya sendiri saat berusia dua puluh tahun. Sejak itu, kecintaannya pada hanbok mulai tumbuh. Hanbok yang dirancang oleh Leesle adalah hanbok modern, yang dapat dikenakan sehari-hari.

Karena hanbok rancangannya modis dan elegan, beberapa kali selebriti Korea terlihat mengenakan karya Leesle. Selebriti yang pernah memakai hanbok rancangannya adalah girl group Loona, Twice, Mamamoo, dan Yu Jeong dari Brave Girls.

Rancangannya yang sempat jadi perbincangan hangat di Korea adalah hanbok yang dipakai Jimin BTS saat menampilkan tari kipas di panggung Melon Music Award tahun 2018. Leesle juga pernah berkolaborasi dengan KARD untuk desain hanbok khusus.

Baca Juga: 6 Leader Grup HYBE Labels yang Berbakat sebagai Produser Lagu, Kagum!

5. Kim Seo Ryong

Kenalan dengan 13 Desainer Perancang Outfit Idol dan Artis Koreadesainer Kim Seo Ryong dengan contoh karyanya (youtube.com/CJ DONORSCAMP | instagram.com/kimseoryong_official)

Kim Seo Ryong adalah desainer pakaian pria yang telah berkarier selama 27 tahun. Pada awalnya ia bekerja sebagai pelukis dan mendesain pakaian hanya sebagai hobi, dan membuat pakaian untuk dirinya saja.

Suatu saat, temannya memintanya membuat pakaian pengantin bagi calon istri. Ia pun menyanggupi permintaan itu. Pada hari pernikahan temannya, banyak tamu yang kagum dan menyukai gaun pengantin hasil rancangannya. Sejak itu ia mulai menerima pesanan untuk dibuatkan pakaian.

Rancangan desainer senior ini telah berkali-kali tampil di runway Seoul Fashion Week. Agar tetap spesial dan orisinal, ia juga membuat tekstilnya sendiri. Desain miliknya juga banyak dipakai oleh selebriti Korea seperti Psy, BTS, GOT7, NCT, Gang Dong Won, Nam JooHyuk, Lee Min Ho dan Kim Woo Bin. 

6. Dan Ha

Kenalan dengan 13 Desainer Perancang Outfit Idol dan Artis Koreadesainer Dan Ha dan contoh karyanya (instagram.com/danhagramm | instagram.com/jennierubyjane)

Pemilik brand Danha Seoul ini adalah desainer yang merancang hanbok BLACKPINK dalam video musik "How You Like That". Dan Ha sangat menyukai hanbok dan alam, sehingga semua rancangannya terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan. Salah satu item yang menjadi best seller bahkan terbuat dari daur ulang botol plastik bekas. 

Yang membuat desain Dan Ha spesial adalah pola pada tekstil yang digunakannya. Pola-pola tersebut terinspirasi dari pola relik tradisional Korea. Ia dan timnya bahkan sampai mengunjungi National Palace Museum of Korea untuk mencari inspirasi dari artefak-artefak yang ada di sana. 

Dan Ha juga berhasil mematahkan stereotype bahwa hanbok hanya dipakai pada saat tertentu saja. Dengan modifikasi yang modis dan simpel, ia menjadikan hanbok sebagai pakaian yang dapat digunakan sehari-hari, tanpa menghilangkan esensi tradisionalnya. Selebriti lain yang pernah memakai karya Dan Ha adalah Loona, Oh My Girl, Alexa, GFriend dan IZ*ONE.

7. Lang dan Lu

Kenalan dengan 13 Desainer Perancang Outfit Idol dan Artis Koreadesainer Lang dan Lu dan contoh karya mereka (instagram.com/designer_lang | instagram.com/roses_are_rosie)

Lang&Lu adalah brand pakaian wanita yang didirikan oleh dua orang sahabat asal Korea Selatan, Lang dan Lu. Mereka desainer sekaligus muse dari merk pakaian mereka sendiri. Dress yang feminim, simpel, berwarna cerah dan pattern bunga-bunga menjadi ciri khas rancangan mereka. 

Melansir kanal The Sylist TV, brand mereka dipilih oleh Direktur Korea Fashion Stylist Association sebagai salah satu dari tiga designer brand yang paling populer dan sering dipakai oleh selebriti Korea. Beberapa artis yang pernah memakai karya pemilik nama asli Park Min Sun and Byun Hye Jeong ini adalah Rosé BLACKPINK, IU, HyunA, Tae Yeon, Sunmi, dan Chungha.

8. Kathleen Kye

Kenalan dengan 13 Desainer Perancang Outfit Idol dan Artis Koreadesainer Kathleen Kye dan contoh rancangannya (instagram.com/ kkye | instagram.com/kye_official)

Kathleen Kye adalah desainer muda berprestasi. Ia meluncurkan brand-nya KYE pada tahun 2011 begitu menyelesaikan pendidikan di Central Saint Martins College of Art and Design London. Perempuan berusia 29 tahun ini pernah menjadi finalis LVMH Prize tahun 2014 dan menerima penghargaan Samsung Fashion Design Fund tahun 2015. 

Desainer kelahiran Detroit ini memiliki rancangan yang berkesan witty, casual dan rude. Warna yang bold dan aksen robekan-robekan pada kain menjadi trade mark KYE. Karyanya telah dipakai banyak selebriti seperti model Irene Kim, aespa, Dreamcatcher, iKON, Cungha, ITZY, CL, G-Dragon hingga Kourtney Kardashian.


9. Park Seung Gun

Kenalan dengan 13 Desainer Perancang Outfit Idol dan Artis Koreadesainer park Seung Gun dan contoh karyanya ( instagram.com/seoulfashionweek_official | instagram.com/jennierubyjane)

Park Seung Gun dulunya adalah seorang penyanyi Kpop yang beralih menjadi desainer dan mendirikan brand miliknya yang diberi nama pushBUTTON pada tahun 2003. Nama tersebut diambil dari lirik lagu Madonna berjudul "Holywood". Rancangan miliknya sangat kental dengan pengaruh fashion era 80-an. Salah satu trade mark desainnya adalah kantong, sehingga semua hasil rancangannya memiliki kantong. 

Warnya yang cerah dan bahan tekstil yang menarik menjadi ciri khas pushBUTTON. Park Seung Gun juga pernah berkata ia ingin produk pushBUTTON rancangannya bisa dipakai pria maupun wanita. Beberapa selebriti Korea yang pernah memakai rancangannya adalah girl group ITZY, Jennie BLACKPINK, Sandara Park eks-2NE1, penyanyi Lee Hyo Ri, aktris Ko Hyo Jin, dan rapper Jessi.

10. Kang Dong Jun

Kenalan dengan 13 Desainer Perancang Outfit Idol dan Artis Koreadesainer Kang Dong Jun dan contoh karyanya (twitter.com/DGNAK | instagram.com/dgnakofficial)

Kang Dong Jun adalah desainer pakaian pria pemilik brand D.GNAK yang berasal dari Korea Selatan. Nama brand tersebut diambil dari namanya sendiri yang dibaca dari belakang. D.GNAK pertama kali tampil di fashion week pada tahun 2008, tepatnya di Seoul Fashion Week. Desain dengan warna gradasi hitam, abu, dan putih menjadi trade mark rancangan brand tersebut.

Menjadi sebuah brand yang populer dan berdiri di antara underground dan mainstream adalah visi Kang Dong Jun untuk D.GNAK. Ia mewujudkan visi ini dengan menggabungkan street style, military style dan style formal. Alhasil, desain high-end miliknya diminati oleh banyak selebriti seperti Lee Dong Wook, aktor dan komedian Lee Kwang Soo, Jin dan V BTS, Wanna One, iKON, dan rapper Zion. T.

11. Park Youn Hee

Kenalan dengan 13 Desainer Perancang Outfit Idol dan Artis Koreadesainer Park Younhee dan Miju Lovelyz (instagram.com/greedilous)

Park Youn Hee adalah desainer pakaian wanita sekaligus pendiri brand Greedilous. Nama Greedilous diambil dari kata greedy dan fabulous, yang sangat mencerminkan kepribadiannya yang ceria, energic dan ambisius. Warna yang cerah, desain yang futuristik dengan pattern berupa grafik geometris menjadi ciri khas Greedilous.

Desain yang menarik dan print yang indah di setiap rancangannya membuat brand yang diluncurkan tahun 2009 ini banyak diminati oleh selebriti dari dalam maupun luar Korea. Beberapa selebriti yang pernah memakai karya Park Youn Hee adalah CLC, Lee Mi Ju dari Lovelyz, Sandara Park eks-2NE1, Beyonce, Anne Hathaway, dan Paris Hilton. 

12. Ko Tae Yong

Kenalan dengan 13 Desainer Perancang Outfit Idol dan Artis Koreadesainer Ko Taeyong dan contoh karyanya (instagram.com/beyondcloset | instagram.com/jongsuk0206)

Pemilik fashion brand Beyond Closet ini adalah desainer termuda yang pernah ikut event Fashion Week. Ko Tae Yong memilih American classic dan preppy look sebagai tema rancangannya. Berawal dari mendesain pakaian pria, kini Beyond Closet beralih menjadi brand yang unisex. Salah satu desain yang populer di antara anak muda Korea adalah kaos dengan print bergambar anjing yang disebut Gae-T, yang akhirnya menjadi simbol brand tersebut.

Desainer berusia empat puluh tahun ini mulai dikenal setelah ia merancang seragam sekolah dan pakaian lain untuk drama Boys Over Flowers yang tayang tahun 2009. Walau Beyond Closet cukup populer di kalangan selebriti Korea, ia masih berambisi untuk menguasai pasar underground dan high-end.

Beberapa selebriti yang pernah memakai rancangannya adalah Kang Seung Yoon dan Song Min Ho dari boy group WINNER, aktor Lee Jong Suk, juga MC dan komedian kondang Korea, Yoo Jae Suk.

13. Cho Eun Ae

Kenalan dengan 13 Desainer Perancang Outfit Idol dan Artis Koreadesainer Cho Eunae dan contoh karyanya (instagram.com/tibaeg | instagram.com/aileeonline)

Sebagai pencinta teh, Cho Eun Ae meluncurkan fashion brand miliknya, Tibaeg, nama yang diambil dari kata tea bag yang berarti kantong teh. Perancang busana perempuan ini sangat terinspirasi dari alam saat mendesain. Ia juga memastikan setiap karyanya dibuat dari bahan-bahan ramah lingkungan dan diproses dengan cara yang tidak merusak alam. 

Desain Tibaeg yang berkesan lembut, ceria dengan print  unik dan kasual mendapat perhatian dari banyak selebriti. Beberapa selebriti yang pernah memakai rancangannya adalah Cherry Bullet, Lovelyz, Oh My Girl dan Twice. Eun Ae juga mendirikan brand untuk pakaian anak bernama I Love Veg, dengan harapan bisa membuat anak-anak semakin suka memakan sayur. Desain dan print pada I Love Veg didominasi oleh motif bertema sayuran.

Banyaknya desainer-desainer berbakat membuat Korea memiliki pengaruh besar dalam dunia fashion. Dari daftar desainer tadi, siapa yang pernah mendesain outfit selebriti favoritmu?

Baca Juga: 15 Idol KPop yang Poliglot Kuasai 3 hingga 5 Bahasa, Ada Biasmu?

MONICA GRACIA Photo Verified Writer MONICA GRACIA

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya