Comscore Tracker

5 Fakta California, Lagu Baru Rich Brian, NIKI, dan Warren Hue

Angkat kisah perjuangan anak Indonesia di California

Tiga musisi asal Indonesia yang berada di bawah naungan label 88rising, yaitu NIKI, Rich Brian, dan Warren Hue baru saja merilis single kolaborasi berjudul California. Single ini merupakan bagian dari album kolaborasi Head in The Clouds III.

Lagu ini sangat lekat dengan mereka, menceritakan perjalanan anak muda Indonesia yang merantau ke Amerika Serikat, khususnya di California, di mana perjuangan untuk meraih mimpi mereka dimulai dari situ.

IDN Times mendapat kesempatan untuk mengikuti konferensi pers virtual bersama NIKI, Rich Brian, dan Warren Hue pada Kamis (10/6/2021). Mereka cukup banyak mengungkapkan cerita di balik terciptanya lagu California ini. Penasaran? Langsung simak di bawah ini, yuk.

1. Berawal dari lagu instrumental

5 Fakta California, Lagu Baru Rich Brian, NIKI, dan Warren HueWarren Hue, NIKI, dan Rich Brian pada konferensi pers virtual California, Kamis (10/6/2021) (dok. 88rising)

Rich Brian mengawali konferensi pers tersebut dengan menceritakan bagaimana awalnya lagu ini bisa tercipta. Pemilik nama asli Brian Imanuel ini mengungkapkan bahwa lagu California diciptakan mulai dari track instrumental.

"Berawal dari lagu instrumental, lalu masing-masing NIKI dan Warren menambahkan bagian (lirik) yang mereka tulis masing-masing," kata Brian.

NIKI menambahkan, setiap bagian lirik yang mereka nyanyikan ditulis masing-masing secara terpisah dan bahkan hanya bertemu lewat online untuk membahas lagu ini.

"Kita gabungkan semua itu di akhir dan berakhir sangat baik. Kami menikmatinya, sangat indah, natural, dan kami semua suka," tambah Warren Hue.

2. California di mata NIKI, Rich Brian, dan Warren Hue

5 Fakta California, Lagu Baru Rich Brian, NIKI, dan Warren HueWarren Hue, Rich Brian, dan NIKI (instagram.com/nikizefanya)

California menjadi kota penting bagi karier tiga musisi asal Indonesia ini dengan kenangan tersendiri di benak masing-masing. Bagi Warren, California adalah kota impian. Di mana, ia sering melihat California di film-film Hollywood yang ia tonton saat masih kecil.

Sementara NIKI awalnya gak menyangka bisa pindah ke California, sebab awalnya pindah hanya karena berkuliah di University Nashville. Tahun pertama kuliah dan juga tahun pertama ia berkarier bersama 88rising, NIKI langsung jatuh cinta dengan California.

"Hebat, saya cinta cuaca California," ujar NIKI.

Rich Brian punya cerita gila mengenai California. Sudah berada di sana sejak usia 16 tahun, Brian juga pernah berada di Amerika Serikat tanpa memiliki visa. Tapi tentunya, kota inilah yang menjembatani karier musik Brian, NIKI, dan Warren.

Baca Juga: 5 Fakta Lagu Baru Rich Brian, 'California', bareng NIKI dan Warren Hue

3. Video musik California merepresentasikan kultur Asia

5 Fakta California, Lagu Baru Rich Brian, NIKI, dan Warren HueWarren Hue, Rich Brian, dan NIKI (instagram.com/88rising)

Video musik pada lagu California ini membawa cerita yang cukup menarik. Menceritakan tentang bagaimana kehidupan orang Asia yang tinggal di Amerika Serikat dan bagaimana mereka beraktivitas di sana.

Begitu juga dengan aktivitas NIKI, Brian, dan Warren yang diceritakan saling berkumpul, memakan snack Indonesia, dan bermain permainan tradisional.

"Penambahan snack Indonesia di video klip ini sangat berdampak besar bagi gambaran kultur Asia dari perspektif kami. Video musiknya dibuat ala vintage membuatnya semakin keren," kata Warren Hue.

4. Liriknya terselip kenangan nostalgia

5 Fakta California, Lagu Baru Rich Brian, NIKI, dan Warren HueWarren Hue, Rich Brian, dan NIKI (instagram.com/warrenhue)

NIKI, Brian, Warren menulis lirik bagian mereka masing-masing. Ketiganya memiliki dasar tersendiri dalam memilih rangkaian kalimat yang berujung jadi lirik tersebut, salah satunya adalah kenangan nostalgia.

Seperti Warren, misalnya, ia menyebut pada bagiannya, orangtuanya sering merasa khawatir ketika ia tinggal pertama kali di California. Sedangkan untuk Brian, ia menggunakan nostalgia perjuangannya ketika pertama kali memulai karier di Amerika Serikat meski pada awalnya sering mendapat tekanan.

"Pada bagianku aku bilang, 'Kau berhasil, meski awalnya cemas, tapi kau berhasil, California.' Ya, itu adalah gambaranku dulu bagaimana ketika masih muda, di bawah tekanan, tapi kamu bisa mengatasinya," ujar Brian.

5. Keunikan Indonesia yang ingin NIKI, Brian, dan Warren bawa ke California

https://www.youtube.com/embed/_KzHGbpxMOY

California begitu spesial untuk mereka bertiga, pun dengan Indonesia yang merupakan Tanah Air mereka. Kalau misalnya disuruh memilih keunikan Indonesia yang ingin dihadirkan di California, kira-kira apa ya?

"Kalau aku sih makanan tentunya. Kamu tahu, makanan-makanan pedas dan sebagainya, yo, itu beda banget dengan yang ada di sini," ungkap Warren.

"Kamu tahu apa yang aku inginkan ada di sini? Pasar!" kata NIKI.

"Gila, sih, kalau di California ada pasar. Aku juga pengin lihat orang-orang yang pakai kaus merek rokok di California," kata Brian sambil tertawa.

Itu dia beberapa fakta yang terselip di balik lagu California milik Rich Brian, NIKI, dan Warren Hue. Wah, ternyata ada cerita seru di baliknya. Jangan lupa dengerin lagunya, ya!

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Warren Hue yang Kolab dengan Rich Brian dan NIKI

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya