Comscore Tracker

5 Alasan Harus Nonton Film Rentang Kisah Extended, Cerita Mendetail!

Menjawab pertanyaan dari versi originalnya #IDNTimesHype

Film Rentang Kisah sejatinya telah rilis pada 11 September 2020 lalu. Namun jelang Lebaran kali ini, Falcon Pictures selaku rumah produksi kembali merilis film yang diadaptasi dari novel karya Gita Savitri alias Gitasav tersebut.

Bertajuk Rentang Kisah Extended, film ini punya cerita yang lebih detail dan kompleks daripada versi originalnya. Nah, berikut ini beberapa alasan kamu harus nonton versi extended dari film ini.

1. Bercerita tentang perjalanan hidup Gita Savitri

5 Alasan Harus Nonton Film Rentang Kisah Extended, Cerita Mendetail!buku Rentang Kisah (Instagram.com/falconpictures_)

Film Rentang Kisah menceritakan tentang perjalanan hidup Gita Savitri Devi, YouTuber sekaligus musisi dan juga penulis. Fokusnya adalah bercerita tentang pengalamannya bertahan hidup di Jerman saat menimba ilmu.

Film ini juga memperlihatkan pengalaman spiritual Gita memperdalam ajaran agama Islam dan menemukan kedekatan keluarga ketika mereka berjauhan.

Sosok Gita Savitri diperankan oleh Beby Tsabina, sementara Paul Partohap yang kemudian jadi suami Gita diperankan oleh Bio One.

2. Memiliki alur cerita yang lebih detail dan padat

5 Alasan Harus Nonton Film Rentang Kisah Extended, Cerita Mendetail!Danial Rifki, Beby Tsabina, Cut Mini, Donny Damara di virtual konferensi pers Rentang Kisah Extended. (dok. Falcon Pictures)

Pada konferensi virtual Rentang Kisah Extended yang dihadiri sutradara Danial Rifki dan para cast, Senin (11/5/2021), Danial membeberkan beberapa perbedaan versi extended dengan originalnya. Salah satunya adalah ceritanya lebih lengkap.

Hal ini diamini oleh aktor senior Donny Damara yang berperan sebagai ayah Gita. Detailnya cerita ia harapkan dapat lebih membangun emosi penonton.

"Karena versi ini lebih detail dan semoga semakin lengkap emosinya," tutur Donny.

 

Baca Juga: 7 Fakta Film Rentang Kisah, Duet Bio One dan Beby Tsabina Dinanti

3. Memiliki durasi yang lebih lama dan fokus cerita yang berbeda

5 Alasan Harus Nonton Film Rentang Kisah Extended, Cerita Mendetail!Beby Tsabina (Instagram.com/bebytsabina)

Pada versi originalnya yang telah rilis lebih awal, film Rentang Kisah memiliki durasi selama 98 menit. Namun di versi extended ini, Danial Rifki mengungkapkan punya durasi 20 menit lebih lama.

Selain itu, ada sedikit perubahan alur cerita di mana versi originalnya lebih menonjolkan tentang Gita dan keluarga, namun di versi extended ini dibuat lebih kompleks dan berfokus pada Gita dan lingkungan sosialnya.

"Ada tambahan 20 menit durasi. Versi awal fokusnya Gita dan keluarga, versi extended semua elemen penting. Kita masukkan lagi semuanya mendetail dan kita bagi jadi beberapa chapter. Chapter tentang temannya, kuliahnya, dan cintanya," kata Danial.

 

4. Menjawab pertanyaan dari versi originalnya

5 Alasan Harus Nonton Film Rentang Kisah Extended, Cerita Mendetail!Danial Rifki, Bio One dan Beby Tsabina (Instagram.com/bebytsabina)

Kalau kamu sudah pernah menonton Rentang Kisah versi original, mungkin ada beberapa pertanyaan di kepala tentang alur cerita film yang dibintangi oleh Beby Tsabina dan Bio One ini.

Sebab, di versi tersebut memang alur cerita dirasa lompat-lompat karena hanya ingin fokus ke cerita Gita dan keluarga saja. Tapi di versi extended kali ini, cukup banyak adegan-adegan tambahan yang tak ditemui pada versi awalnya. Seakan melengkapi puzzle dan menjawab semua pertanyaan dari versi originalnya.

5. Versi extended lahir dari perbedaan perspektif di meja editing

5 Alasan Harus Nonton Film Rentang Kisah Extended, Cerita Mendetail!poster film Rentang Kisah (Instagram.com/falconpictures_)

Falcon Pictures dan Danial Rifki punya alasan sendiri mengapa merilis Rentang Kisah Extended. Menurut pria yang pernah menyutradarai film Haji Backpacker ini, versi extended tercipta berkat perbedaan pandangan saat proses editing.

"Film itu bisa punya tahapan baru untuk dilihat saat di meja editing. Waktu editing kita pengin lihat cerita keluarga yang lebih kuat. Saat itu juga kita punya perspektif beda lagi yaitu lebih ke sosialnya," kata Danial.

Perbedaan sudut pandang ini bahkan bisa digali lebih luas. Danial mengungkapkan bahwa bukan hal mustahil kalau ada perspektif baru lagi dari film Rentang Kisah selain versi original dan extended.

"Mungkin kalau mau bikin versi ketiga bakal beda lagi. Mungkin bisa menonjolkan monolog cerita tentang Gita dan Paul-nya saja. Jadi memang punya perspektif yang berbeda di setiap momennya," tambah sang sutradara.

 

Itu dia beberapa alasan harus menonton film Rentang Kisah Extended. Dijamin rasa penasaran kamu terpuaskan deh setelah melihat yang versi extended.

 

Baca Juga: Rentang Kisah Jadi Film Favorit, 10 Foto Mesra Gita Savitri dan Suami

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya