Comscore Tracker

5 Cerita Menarik dari Folklore: Grandma's Kiss, Horor Indonesia di HBO

Wawancara ekslusif Lydia Kandou dan Ingrid Widjanarko

Kisah mitos horor asal Indonesia bakal mengguncang layar HBO. Serial Folklore dengan episode berjudul Grandma's Kiss ini dibintangi oleh beberapa aktris kenamaan, seperti Lydia Kandou, Ken Zuraida, Ingrid Widjanarko, Alexandra Gottardo, dan disutradarai oleh Billy Christian.

Menjelang hari tayangnya, IDN Times berkesempatan wawancara eksklusif dengan Lydia Kandou, Ingrid Widjanarko, dan sutradara Billy Christian. Dua aktris senior dan sutradara muda ini mengungkapkan cerita menarik di balik proses pembuatan episode Grandma's Kiss yang bakal tayang 12 Desember 2021 di HBO dan HBO GO. Simak wawancara lengkapnya, yuk.

1. Cerita yang relate dan humanis bikin dua aktris ini mantap mengambil peran di Grandma's Kiss

5 Cerita Menarik dari Folklore: Grandma's Kiss, Horor Indonesia di HBOLydia Kandou di Folklore: Grandma's Kiss (dok. HBO GO)

Serial Folklore episode Grandma's Kiss ini menceritakan tentang kehidupan para ibu di rumah jompo. Kebanyakan dari mereka datang ke situ karena diserahkan sang anak yang sudah tidak mampu lagi mengurusnya.

Cerita tentang orangtua yang berada di rumah jompo ini menarik perhatian tersendiri bagi Ingrid Widjanarko. Aktris yang 5 tahun terakhir banyak berkecimpung di dunia film horor ini merasa premis cerita tersebut terlihat sangat humanis dan sering terjadi di dunia nyata.

"Ya, ini sangat menarik, menarik sekali. Ini sangat humanis terjadi pada orangtua-orangtua di dunia nyata. Sayangnya, kalau di Indonesia itu masih belum membudaya, orangtua tidak harus diasuh oleh anak. Padahal sebenarnya mungkin orangtua senang-senang saja kalau disuruh mandiri dan diserahkan ke panti atau rumah jompo," ujar Ingrid.

Pun dengan Lydia Kandou, ia pun merasa cerita yang ada di episode Folklore ini relate banget. Bagaimana seorang ibu yang 'disingkirkan' sang anak ke rumah jompo, saat anak-anaknya sudah tidak membutuhkan sosok ibu lagi. Saat membaca skenarionya, perasaan itu langsung sampai ke hati Lydia.

"Jadi si ibu ini kayak disingkirkan, padahal tidak, tapi perasaan seorang ibu pasti sakit. Dia merasa, 'kok gue kayak dibuang, ya?' Nah, saya merasakan itu, saya membayangkan kalau itu terjadi, gimana, ya? Makanya itu yang membuat saya tertarik mengambil peran ini," kata Lydia.

2. Main di film horor, ada ritual 'permisi' yang dilakukan Ingrid Widjanarko

5 Cerita Menarik dari Folklore: Grandma's Kiss, Horor Indonesia di HBOFolklore: Grandma's Kiss (dok. HBO GO)

Grandma's Kiss merupakan salah satu serial yang kisahnya diambil dari mitos horor yang dekat dengan masyarakat. Bagi para aktornya, berakting dan mendalami peran di sini merupakan proses yang cukup sakral.

Seperti yang dilakukan Ingrid misalnya, sebelum memulai proses syuting, ia melakukan ritual 'permisi' yang dilakukan di tempat-tempat syuting. Dalam melakukan ritual ini, Ingrid hanya meminta izin kepada 'penunggu tempat' saja.

"Namanya juga kita mau masuk ke rumah orang, kita kulo nuwun dulu. Kita juga ada di outdoor, di hutan yang pepohonannya banyak. Rasanya itu yang kita harus lakukan, di film atau bukan, horor atau pun tidak horor. Bahwasannya masuk ke mana saja harus menyapa-nyapa yang 'menjaga' di situ," katanya.

Baca Juga: Diisukan Pindah Agama, 10 Potret Lydia Kandou bersama Naysila Mirdad

3. Mendalami peran hanya lewat proses reading

5 Cerita Menarik dari Folklore: Grandma's Kiss, Horor Indonesia di HBOLydia Kandou dan Ken Zuraida di Folklore: Grandma's Kiss (dok. HBO GO)

Di salah satu episode serial Folklore yang sudah memasuki musim kedua ini, Ingrid memerankan sosok Linda dan Lydia memainkan karakter bernama Marni. Keduanya bertemu di rumah jompo tersebut dan menjalin pertemanan.

Untuk mendalami peran Linda dan Marni, baik Ingrid dan Lydia tidak menemui kesulitan berarti. Mereka hanya butuh melewati proses reading untuk bisa memahami karakter yang dimainkan masing-masing seutuhnya.

"Gak ada persiapan khusus, sih. Cuma memang itu, reading, terus pengenalan karakter lawan main kita, jadi di reading ini yang penting banget," ungkap Lydia Kandou.

4. Pengalaman paling seram selama proses syuting

5 Cerita Menarik dari Folklore: Grandma's Kiss, Horor Indonesia di HBOFolklore: Grandma's Kiss (dok. HBO GO)

Film horor gak cuma membawa kengerian kepada penonton. Bagi mereka pelaku filmnya pun juga mengalami pengalaman mistis saat proses syuting maupun di balik layarnya.

Lydia Kandou menceritakan pengalaman paling seram yang ia alami selama syuting episode Grandma's Kiss. Menurutnya, adegan Ken Zuraida di hutan yang gelap dan hanya dicahayakan oleh lilin sukses membuat bulu kuduknya berdiri.

"Adegan Mbak Ken pakai peti, pakai lilin-lilin di hutan tengah malam syuting. Nah, itu yang bikin sampai lambung saya agak naik. Sampai saya minum obat lambung, sampai gemeteran," kata aktris senior ini.

5. Ini yang membedakan horornya Grandma's Kiss dan episode Folklore lainnya

5 Cerita Menarik dari Folklore: Grandma's Kiss, Horor Indonesia di HBOKen Zuraida di Folklore: Grandma's Kiss (dok. HBO GO)

Serial Folklore musim kedua ini memiliki enam episode, sama seperti musim sebelumnya. Dari keenam episode tersebut, cerita horor yang disajikan berasal dari mitos rakyat di enam negara berbeda.

Sejak penayangan episode pertama pada 14 November 2021 lalu, sudah ada kisah horor dari negara Taiwan, Jepang, Thailand, dan Filipina yang tayang di HBO. Episode Grandma's Kiss dari Indonesia akan menyusul tayang pada 12 Desember 2021 dan episode pamungkas ada cerita mistis dari Singapura.

Billy Christian sebagai sutradara sangat yakin kalau episode Folklore Indonesia punya ini bakal lebih nendang daripada yang lain. Billy memasukkan ilmu hitam yang Indonesia banget sebagai ujung tombak cerita mistis di episode ini. Billy juga mengambil sosok kuyang atau palasik yang dinilai sangat seram untuk ditampilkan di serial horor ini.

"Aku yakin setiap negara punya latar belakang budaya yang berbeda. Untuk itu, dari Indonesia aku mengangkat tentang black magic-nya Indonesia, ada kuyang di situ, ada palasik. Aku di sini gak hanya mengejar dari segi supranatural saja, tapi juga lebih ke cerita yang menyentuh. Cerita tentang seorang nenek yang melakukan praktik ilmu hitam untuk bertemu dengan cucunya," kata sutradara 37 tahun ini.

Wah, ini, sih, wajib banget ditonton. Kalau begitu, berarti kuyang sudah siap go international, nih!

Baca Juga: 10 Film Horor Barat yang Banyak Adegan Dewasanya, Bikin Salah Fokus! 

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya