Comscore Tracker

David O. Russell dan Christian Bale Bongkar Proses Pembuatan Amsterdam

Film Amsterdam sudah disiapkan sejak 6 tahun lalu

Yogyakarta, IDN Times - Pengumuman akan diluncurkannya film Amsterdam (2022) mendapat antusiasme yang begitu tinggi. Bagaimana tidak, film yang disutradarai David O. Russell ini menggaet banyak bintang Hollywood sekaligus.

Dalam konferensi pers virtual, Minggu (18/9/2022), para cast Amsterdam seperti Christian Bale, Margot Robbie, Rami Malek, dan David, membagikan cerita seru di balik proses pembuatan film 'mewah' ini. Margot sampai diprotes suaminya!

1. Film Amsterdam bertabur bintang Hollywood ternama

David O. Russell dan Christian Bale Bongkar Proses Pembuatan AmsterdamAnya Taylor-Joy, Rami Malek, Christian Bale, Robert De Niro, dan Margot Robbie di film Amsterdam (dok. 20th Century Studios)

Film Amsterdam mengikuti cerita tentang dua tentara perang, Burt Berendsen (Christian Bale) dan Harold Woodsman (John David Washington). Mereka berdua berteman dengan perawat Valerie Voze (Margot Robbie) yang kemudian menjadi partner in crime bertiga .

Mengambil latar era 30-an, sutradara David O. Russell menggandeng banyak sekali aktor Hollywood dengan nama mentereng. Selain 3 aktor tokoh utama tadi, Amsterdam juga diramaikan oleh Rami Malek, Anya Taylor-Joy, Chris Rock, Zoe Saldana, bahkan hingga Taylor Swift.

Belum lagi aktor-aktor senior seperti Robert De Niro, Mike Myers, dan Michael Shannon juga mengambil peran di sini. Gak heran kalau Amsterdam dijuluki film yang mewah.

2. Proyek film yang sudah disiapkan sejak 6 tahun lalu

David O. Russell dan Christian Bale Bongkar Proses Pembuatan AmsterdamChristian Bale, Margot Robbie, dan John David Washington di film Amsterdam (dok. 20th Century Studios)

David O. Russell terakhir kali duduk di kursi sutradara film layar lebar ketika mengarahkan film Joy (2015). Sejak saat itu, David belum lagi terlihat menjadi sutradara film manapun.

Siapa sangka, ternyata ia dan Christian Bale sedang menyiapkan proyek Amsterdam ini sejak 6 tahun lalu. David, sang otak dari proyek film ini, mengajak Bale untuk turut mengembangkan ceritanya.

"Aku terlibat dengan (proyek) ini selama 5 sampai 6 tahun. Aku merasa seperti, ini adalah seluruh hidupku, selama ini aku hidup untuk mengerjakan ini. Aku merasa sangat terhormat karena David mengundangku ke perjalanan yang epik ini," ujar Christian Bale.

Baca Juga: 5 Film Sejarah Dibintangi Margot Robbie, Ada Amsterdam

3. Koneksi David-Bale membuat film ini terasa spesial

David O. Russell dan Christian Bale Bongkar Proses Pembuatan AmsterdamChristian Bale, Margot Robbie, dan John David Washington di film Amsterdam (dok. 20th Century Studios)

Ini bukan pertama kali David O. Russell dan Christian Bale terlibat di proyek yang sama. Amsterdam adalah film ketiga yang sudah mereka kerjakan bersama-sama. Namun Bale gak akan bosan untuk melakukan kerja sama dengan David di masa yang akan datang.

"Seperti pembuat film hebat lainnya, David sangat unik. Dia istimewa, memiliki perspektif sendiri yang membuat film jadi hebat dan menarik. Dia salah satu yang terhebat," ungkapnya.

4. Begini awal mula David dan Bale membangun proyek Amsterdam

David O. Russell dan Christian Bale Bongkar Proses Pembuatan AmsterdamChristian Bale di film Amsterdam (dok. 20th Century Studios)

Ide membuat film Amsterdam datang dari otak jenius David O. Russel yang sudah tidak diragukan lagi. Kemudian ia mengajak Christian Bale ke sebuah tempat makan, hanya berdua, untuk membicarakan proyek film mewah ini.

Bale menyebutkan keduanya menghabiskan waktu berjam-jam di restoran tersebut. Mereka brainstorming ide, hingga mencoret-coret serbet restoran hanya untuk menjelaskan ide brilian yang ada di kepala mereka berdua.

"Dari mulai duduk makan malam, mencoret-coren serbet, mencari tahu peristiwa sejarah yang belum pernah kita dengar, mendengarkan musik, menonton film dokumenter, membaca buku, menciptakan karakter-karakter. Aku menikmati prosesnya dari awal hingga akhir," ujar pemeran Gorr di film Thor: Love and Thunder tersebut.

5. Margot Robbie diprotes suami saat melakukan pendalaman karakter

David O. Russell dan Christian Bale Bongkar Proses Pembuatan AmsterdamChristian Bale, Margot Robbie, dan John David Washington di film Amsterdam (dok. 20th Century Studios)

Di film ini, Margot menjadi salah satu pemeran utama. Ia berperan sebagai Valerie Voze yang merupakan seorang perawat. Margot mendapat waktu yang cukup lama untuk mempersiapkan karakter Valerie. Bahkan ia sudah resmi mendapat karakter itu sejak sebelum pandemik COVID-19.

Dalam melakukan proses pendalaman karakter, banyak hal yang Margot lakukan di rumahnya. Ia turut membuat banyak lukisan tentang Valerie yang beberapa ikut ditampilkan di film.

Selain itu, ia juga memakai kostum-kostum aneh di rumahnya seperti memakai topeng, merias wajahnya seperti anak metal, hingga melumurkan darah palsu di sekujur tubuhnya. Karena aksi gilanya ini, Margot sampai diprotes suaminya sendiri.

"Di satu momen suamiku masuk kamar dan melihatku melakukan hal-hal gila. Dia berkata, 'kayaknya kamu terlalu berlebihan mendalami karakter ini'," ujarnya sembari tertawa.

Film Amsterdam rencananya akan tayang di bioskop pada 7 Oktober 2022. Film ini wajib ada di daftar tontonan kamu!

Baca Juga: 9 Fakta Amsterdam, Film Terbaru David O. Russell yang Bertabur Bintang

Topic:

  • Triadanti

Berita Terkini Lainnya