Comscore Tracker

Sesepuh, Ini 5 Tokoh Kartun Tertua di Dunia!

Udah pernah nonton belum?

Siapa sih yang gak suka sama film kartun? Baik anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa pun banyak yang suka dengan tontonan ini. Seiring perkembangan zaman, makin banyak karakter kartun muncul.

Banyak tokoh kartun yang sangat populer di dunia saat ini. Tapi dari sekian banyak tokoh kartun di dunia, kamu tahu gak siapa yang tertua? Pasti belum banyak yang tahu, kan. 

Penasaran gak sih tokoh kartun tertua di dunia itu siapa? Berikut lima tokoh kartun tertua di dunia!

1. Felix the Cat

Sesepuh, Ini 5 Tokoh Kartun Tertua di Dunia!Hollywood.com

Mungkin banyak di era sekarang ini yang lebih mengenal karakter kartun Tom. Tapi jauh sebelum Tom muncul, sudah ada Felix the Cat yang muncul di tahun 1919 atau sebelum Indonesia merdeka.

Karakter kartun ini diciptakan oleh Otto Messmer dan Pat. Felix the Cat dahulu muncul ketika zaman televisi masih belum bersuara alias bisu. Meski begitu, kartun ini sangat populer di eranya. Salah satu ciri khas Felix adalah tubuhnya yang bewarna hitam dan tas ajaib yang selalu ia bawa kemanapun.

2. Mickey Mouse

Sesepuh, Ini 5 Tokoh Kartun Tertua di Dunia!Instagram.com/mickeymouse

Setelah Felix the Cat, muncul lah Mickey Mouse yang menjadi ikon kartun dunia hingga kini. Mickey Mouse muncul pada tahun 1928 atau sekitar 90 tahun lalu lewat karya Walt Disney.

Sebelumnya, Mickey Mouse memiliki nama lengkap Mortimer Mouse. Namun istri Walt Disney, Liliana Disney mengganti nama Mortimer menjadi Mickey. Pada episode pertamanya, Plane Crazy, Mickey belum mendapatkan pesonanya di mata distributor saat itu. Bahkan kedua kalinya di episode Gallopin Gauchi Mickey masih belum berhasil. 

Meski begitu, hingga kesempatan ketiganya, Mickey Mouse berhasil memukau distributor lewat episode Steamboat Willie. Pada awal kemunculannya hingga 1929, Mickey Mouse tidak bersuara. Hanya ada satu kata yang terus Mickey yaitu, Hot Dogs yang suaranya diisi oleh Walt Disney sendiri. Mickey sendiri sering dipasangkan dnegan Minnie Mouse.

3. Donald Duck

Sesepuh, Ini 5 Tokoh Kartun Tertua di Dunia!Instagram.com/donaldduck

Masih dari keluarga Walt Disney, Donald Fauntleroy Duck, atau Donald Duck adalah salah satu tokoh kartun yang tertua dan sangat populer hingga kini. Donald sendiri lahir pada tahun 1934.

Donald selalu tampil dengan baju pelaut khasnya yang berwarna biru muda. Tokoh yang satu ini adalah karakter kartun yang sering mendapatkan nasib sial di filmnya. Donald, mendapatkan peran pertamanya lewat film The Wise Little Hen. Sama seperti Mickey, Donald juga punya pasangannya yaitu, Daisy Duck. 

Baca Juga: 8 Rumah di Film Kartun Terkenal yang Dibangun di Dunia Nyata, Keren!

4. Fred Flintstone

Sesepuh, Ini 5 Tokoh Kartun Tertua di Dunia!Banan1015.com

Memasuki tahun 1960, muncul lah karakter kartun pra-sejarah, Fred Flintstone yang lahir lewat karya William Hanna dan Joseph Barbera. Berbeda dengan karakter kartun yang lain, Fred Flintstone adalah tokoh prasejarah yang hidup dengan beragam gaya modern.

Fred memiliki penampilan layaknya manusia purba namun dnegan dasi biru yang sering melekat di lehernya. Meski setting kartun ini berada di zaman purbakala dan banyak dinosaurus di filmnya, namun tingkah Fred dan tokoh lainnya sangat mencerminkan kehidupan modern. Salah satunya adalah bermain bowling dengan bola batu.

5. Scooby Doo

Sesepuh, Ini 5 Tokoh Kartun Tertua di Dunia!Wired.com

Scooby Doo, tokoh kartun seekor anjing yang memiliki sahabat manusia dengan bergam petualangan menyenangkan. Scooby Doo diciptakan oleh William Hanna dan Joshep Barbera pada tahun 1969.

Scooby Doo diceritakan sebagai seekor anjing yang memiliki teman manusia bernama Shaggy, Velma, Fred, dan Daphne. Scooby Doo tak sepenuhnya dapat berbicara, biasanya ia berbicara dengan awalan kata "R." Meski begitu, keempat temannya mampu mengerti apa yang diinginkan Scooby Doo.

Itulah kelima tokoh kartun tertua di dunia. Kalian suka yang mana? Atau suka semuanya?

Baca Juga: Bukan Anak Kecil, 5 Karakter Ini Dimiliki Si Penyuka Film Kartun

Muhammad Imam Maulana Photo Community Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You