Comscore Tracker

7 Lagu Kelulusan JKT48 yang Wajib Didengarkan, Bikin Gagal Move On!

Jadi ingat mantan member, nih #IDNTimesHype

JKT48 mengenal istilah lulus bagi setiap personelnya yang keluar dari grup. Biasanya untuk mengenang kelulusan mereka, member akan diberikan sebuah lagu kelulusan. Namun, tidak semua member yang lulus bisa dapat graduation song, lho.

Di bawah ini ada 7 lagu kelulusan yang pernah dibawakan oleh JKT48. Bisa bikin kamu ingat para mantan member JKT48, apa saja lagunya?

1. So Long

https://www.youtube.com/embed/dZhr5mpaxPc

Lagu "So Long" merupakan single ke-16 JKT48 sekaligus yang terakhir untuk Jessica Veranda. Selama kurang lebih 6 tahun Veranda menjadi member, ia pun kemudian memutuskan untuk lulus pada 2017 lalu.

Lagu ini dibawakan oleh 16 orang member. Lagu "So Long" sendiri bisa dikatakan sebagai single tersedih JKT48 karena memiliki meolodi yang melow ditambah lagi liriknya yang cukup menyentuh hati. 

2. Dirimu Melody

https://www.youtube.com/embed/j5im1CSITnY

Pada masanya, Melody merupakan wajah dari JKT48. Dari sekian banyaknya member, nama Melody yang paling akrab ditelinga fans dan orang awam. 

Untuk mengenang seluruh pengabdiannya di JKT48, Melody diberi sebuah single kelulusan bertajuk "Dirimu Melody". Single ini terasa sangat spesial karena di dalam judul lagu tersebut ada nama Melody itu sendiri. 

3. Sungai Impian

https://www.youtube.com/embed/BUEvB_UWrts

Di AKB48 lagu "Yume no Kawa" atau yang dalam bahasa Indonesia disebut "Sungai Impian" adalah lagu kelulusan untuk Atsuko Maeda. Namun untuk versi JKT48 sendiri, "Sungai Impian" digunakan sebagai lagu perpisahan Haruka Nakagawa.

Lagu ini tergabung dalam single ke-15 JKT48 berjudul "Luar Biasa" yang dirilis pada 2016. Haruka sendiri awalnya adalah anggota AKB48 yang kemudian ditransfer ke JKT48. 

Baca Juga: Beda Konsep, 5 Fakta Lagu Cara Ceroboh Untuk Mencinta JKT48

4. Di antara kekuatan dan kelemahan

https://www.youtube.com/embed/mh5-NRZBUVo

Cindy Yuvia merupakan member generasi 2 yang resmi lulus pada 2019 lalu. Selama berkarier di JKT48, ia pernah sekali memenangkan pemilihan senbatsu untuk singel "High Tension".

Namun, tak lama setelah memenangkan senbatsu tersebut, Cindy Yuvia memutuskan untuk lulus. Lagu yang dipilih sebagai pengantar kelulusannya adalah " Di Antara Kekuatan dan Kelemahan".

5. Bukan salah air mata

https://www.youtube.com/embed/evE85JC3IYg

Lagu "Bukan Salah Air Mata" adalah graduation song untuk Shania Junianatha. Perempuan yang akrab disapa Shanju ini adalah member generasi 1 seangkatan dengan Melody. 

Lagu ini ada di dalam single digital JKT48 berjudul "JKT48 Sousenkyou Top 3 2018". Kamu dapat mendengarkan lagu ini secara online di aplikasi layanan musik streaming.

6. Better

https://www.youtube.com/embed/8rGe84BMjZ0

Berbeda dengan lagu-lagu sebelumnya yang dikhususkan untuk satu member saja, "Better" merupakan graduation song untuk 9 member sekaligus.

Mereka adalah Thalia Ivanka Elizabeth, Sonia Natalia, Viviyona Apriani, Ayana Shahab, Ratu Vienny Fitrilya, Adhisty Zara, Jennifer Rachel Natasya, Michelle Christopher Kusnadi, dan Syafira Angela Nurhaliza. 

Suasana haru pun mengantar kelulusan 9 member ini. Apalagi dengan jumlah member sebanyak itu, tak sedikit fans yang merasa sangat sedih atas kelulusan massal yang terjadi pada Desember 2019 tersebut. 

7. Mari Menjadi Pohon Sakura

https://www.youtube.com/embed/BVkZSLLhREA

"Mari Menjadi Pohon Sakura" menjadi lagu kelulusan untuk Desy Genoveva, Rona Anggraeni, Friska Anstasia Laksani, Beby Chaesara Anadila, dan Nadila Wantari.

Lima member tersebut merupakan orang-orang yang memiliki cukup banyak penggemar, mengingat mereka adalah anggota generasi 1, 2, dan 3.

Rata-rata lagu kelulusan member JKT48 mempunyai nada yang melow. Adakah lagu yang sudah ditambahkan ke playlist kamu?

Baca Juga: Ulang Tahun ke-19, 10 Potret Terbaru Oniel JKT48 yang Kian Stunning

Zam Zam Photo Verified Writer Zam Zam

Masa depan tidak akan seburuk itu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya