Comscore Tracker

7 Drakor tentang Cara Meningkatkan Rasa Optimis, Cewek Wajib Tahu!

Kisahnya bikin terharu nih #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Dalam beberapa situasi, seorang perempuan terkadang dapat mengalami penurunan rasa percaya diri yang cukup drastis. Perlu motivasi yang tinggi untuk mengembalikan rasa percaya diri mereka itu. Di drama Korea, ternyata tidak sedikit yang menjadikan momen-momen seperti itu sebagai tema.

Tentunya, tim produksi mengemas cerita tentang rasa pesimis perempuan itu dengan gaya yang berbeda-beda. Bikin terhibur, simak tujuh di antaranya pada daftar di bawah ini, yuk!

1. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo

7 Drakor tentang Cara Meningkatkan Rasa Optimis, Cewek Wajib Tahu!M.blog.naver.com

Sesuai judulnya, drakor ini menceritakan tentang mahasiswi bernama Kim Bok Joo yang kurang percaya diri karena sejak kecil dilatih sebagai atlet angkat besi. Bok Joo merasa dirinya tidak cantik, apalagi ketika ia harus memeragakan cara mengangkat barbel di hadapan orang yang ia sukai. Menurutnya, cantik adalah ketika seorang perempuan bisa tampil feminin dan lemah lembut. 

Namun, ia sadar bahwa pandangan seperti itu salah saat bertemu teman masa kecilnya bernama Jung Joon Hyung. Dari mahasiswa yang menjadi atlet renang ini dan juga lingkungan sekitarnya, Bok Joo belajar banyak tentang cara menghargai potensi alami serta pesona lain yang dimiliki oleh dirinya.

2. When the Camellia Blooms

7 Drakor tentang Cara Meningkatkan Rasa Optimis, Cewek Wajib Tahu!Dramabeans.com

Tayang pada tahun 2019 lalu, When the Camellia Blooms menjadi salah satu tontonan hits selama penayangannya. Ceritanya adalah tentang Oh Dong Baek, seorang ibu tunggal yang sering menuai komentar miring karena status yang ia sandang. Ia dipandang buruk oleh para tetangganya karena berparas rupawan, namun membuka restoran bar.

Sempat merasa minder dan tidak berani melawan sindiran yang ditujukan padanya, Dong Baek lama-lama mengalami peningkatan rasa optimis karena putra semata wayangnya yang tumbuh menjadi anak pintar. Ia juga disukai oleh para tetangga yang semula kerap melontarkan komentar nyinyir pada dirinya karena ia mulai berani bersikap tegas.

Baca Juga: 15 Perempuan Tangguh Masa Kini di Drama Korea 2020, Teladan Nih!

3. The Beauty Inside

7 Drakor tentang Cara Meningkatkan Rasa Optimis, Cewek Wajib Tahu!M.post.naver.com

Drama ini mengisahkan tentang seorang aktris bernama Han Se Gye yang kerap merasa insecure karena penampilannya dapat berubah secara drastis. Disebut drastis karena pada waktu-waktu tertentu, ia akan mendapati dirinya dengan penampilan orang lain, walau pria sekalipun.

The Beauty Inside mengajarkan kepada semua orang, khususnya perempuan agar selalu bersyukur terhadap apa yang dimiliki, entah itu berupa kesehatan jasmani maupun kebersamaan dengan orang-orang yang disayangi.

4. Gangnam Beauty

7 Drakor tentang Cara Meningkatkan Rasa Optimis, Cewek Wajib Tahu!Dok. JTBC

Tindakan operasi plastik hingga kini masih menjadi hal yang mengundang pro dan kontra. Drama Gangnam Beauty berani mengangkat kisah yang berdasarkan tindakan tersebut. Tokoh utama dari drama ini adalah Kang Mirae, seorang perempuan yang menerima perlakuan diskriminatif karena paras yang ia miliki. Ia dicap sebagai sosok yang ‘buruk rupa’ sampai-sampai mentalnya mengalami tekanan.

Kang Mirae memutuskan untuk mengoperasi plastik wajahnya, namun ternyata ia tetap memperoleh perlakuan yang tak jauh berbeda ketika sudah melakukannya.

Setelah bertemu dengan berbagai orang yang mengalami krisis kepercayaan diri walau sudah berparas cantik, ia pun akhirnya mengerti bahwa cantik alami pun juga tak menjamin seseorang bisa hidup bahagia. Justru, orang yang kecantikannya dipuja-puja bisa jadi tekanan mentalnya lebih berat karena tidak mampu menunjukkan kebiasaan mereka yang sesungguhnya.

5. My Mister

7 Drakor tentang Cara Meningkatkan Rasa Optimis, Cewek Wajib Tahu!Twitter.com/CJnDrama

My Mister merupakan KDrama tentang pertemanan antara gadis berusia 20-an bernama Lee Ji An dengan pria paruh baya bernama Park Dong Hun. Lee Ji An terbiasa bekerja dengan terlalu keras sejak masih remaja demi membayar hutang orangtua dan menafkahi neneknya yang bisu dan tuli.

Lee Ji An sudah sering dipandang rendah karena sikapnya yang cenderung menyendiri. Ia juga dijauhi oleh kenalannya setelah terkuak fakta bahwa ia pernah melakukan pembelaan diri hingga menyebabkan orang lain tewas.

Lee Ji An mulai optimis ketika Park Dong Hun selaku bosnya memperlakukan dirinya dengan penuh hormat. Dari cerita mereka, kita akan diperlihatkan tentang sederhananya kebahagiaan yang ditimbulkan apabila seorang perempuan bisa hidup normal, tanpa harus dihantui oleh bayang-bayang masa lalu.

6. It’s Okay to Not Be Okay

7 Drakor tentang Cara Meningkatkan Rasa Optimis, Cewek Wajib Tahu!Instagram.com/tvndrama.official

Sekilas, drama ini hampir mirip seperti My Mister. Ceritanya adalah tentang Ko Moon Young, seorang penulis buku dongeng anak-anak yang kerap terbayang oleh masa kecilnya di mana sang ibu yang ia patuhi ternyata merupakan psikopat. Tanpa ia sangka, korban dari kejahatan sang ibu adalah ibu dari Moon Gang Tae, kekasihnya. 

Dihantui oleh rasa bersalah yang membuat tingkat kepercayaan dirinya menurun, Ko Moon Young secara perlahan mulai menerima segala hal yang terjadi padanya karena ia tahu, keterpurukan yang ia alami juga bisa berdampak pada orang-orang yang ia sayangi.

7. True Beauty

7 Drakor tentang Cara Meningkatkan Rasa Optimis, Cewek Wajib Tahu!Instagram.com/tvndrama

True Beauty adalah drama yang diadaptasi dari webtoon berjudul The Secret of Angel. Walau belum ditayangkan, drama ini sudah sangat dinantikan, lho. Drama ini menceritakan tentang seorang perempuan bernama Lim Jukyung yang selalu diejek oleh teman-teman sekelasnya karena penampilannya yang nerdy.

Ia tetap merasa rendah diri di hadapan orang yang dianggapnya superior (termasuk Han Seojun selaku kekasihnya sendiri) walau sudah berpenampilan menarik berkat bantuan makeup. Rasa pesimisnya itu tanpa ia sadari lama-lama terkikis tiap kali ia bertemu dengan Lee Suho.

Pada sosok kutu buku itu, Jukyung merasa lebih luwes untuk berkeluh kesah sekaligus menunjukkan semangat, seolah-olah ia baru saja menemukan rasa percaya dirinya kembali. Dari mereka, kita akan mengetahui bahwa setiap perempuan memiliki hak untuk bahagia, tak peduli bagaimanapun penampilan dirinya.

Itu tadi tujuh KDrama yang mengisahkan tentang cara meningkatkan rasa percaya diri seorang perempuan. Buat kamu yang selalu mengganggap dirimu tidak berharga, coba tonton ketujuh drama di atas ya! Semoga dengan menontonnya, kamu jadi lebih termotivasi!

Baca Juga: 5 KDrama Romantis Tahun 2020 Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu, Bikin Baper! 

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya