Comscore Tracker

Badass Maksimal, Ini 6 Fakta Unik dari Mixtape "D-2" Milik Suga BTS

King Agust D is back!

Pada (22/5) Suga BTS telah merilis mixtape keduanya yang bertajuk D-2. Berbagai teka-teki yang membuat ARMY panas dingin telah terjawab melalui perilisan resmi mixtape tersebut. Satu hal menarik dalam kabar ini adalah adanya genre musik baru yang diangkat oleh Suga. Biar lebih jelas, simak ulasannya pada keenam fakta berikut ini.

1. Merupakan mixtape ke-2 yang dirilis oleh Suga

Badass Maksimal, Ini 6 Fakta Unik dari Mixtape D-2 Milik Suga BTSYoutube.com/Big Hit Labels

Sebelum merilis D-2 pada 22 Mei kemarin, Suga telah mengeluarkan mixtape bertajuk Agust D pada 16 Agustus 2016 lalu. Mixtape ini disebut-sebut sebagai peralihan dari mixtape pertama karena nuansa lagu-lagu utamanya mempunyai kesinambungan. D-2 menandakan bahwa Suga saat ini menjadi member BTS ke-2 yang sudah merilis dua mixtape sejak debut setelah RM.

Perilisan mixtape ini sempat mengalami penundaan, dan menurut RM faktor-faktor yang menyebabkan penundaan itu meliputi hal-hal eksternal sekaligus adanya ketidakpuasan dari dalam diri Suga. RM sendiri diketahui telah merilis mixtape berjudul RM pada tahun 2015 dan Mono pada tahun 2018. Hm, kira-kira siapa lagi ya member yang selanjutnya bakalan menyusul dua rapper line BTS ini?

2. Terdiri atas sepuluh tracks

Badass Maksimal, Ini 6 Fakta Unik dari Mixtape D-2 Milik Suga BTSTwitter.com/bts_bighit

Sama seperti mixtape Agust D, D-2 pun terdiri atas sepuluh lagu yang mana semuanya diproduseri oleh musisi ternama dan juga Suga sendiri. Kesepuluh lagu itu adalah Moonlight, What do you think?, 28, Burn it, People, Honsool, Interlude: Set me free, Dear My Friend, Strange, dan Daechwita.

Dalam menyanyikan lagu-lagu tersebut, Suga menggaet beberapa penyanyi bersamanya, mulai dari NiiHWA, MAX, Kim Jong Wan, dan sahabatnya sendiri, yakni RM.

3. MV title track-nya mengangkat unsur modern-tradisional

Badass Maksimal, Ini 6 Fakta Unik dari Mixtape D-2 Milik Suga BTSYoutube.com/Big Hit Labels

Berbeda dari mixtape pribadi maupun album-album BTS sebelumnya, kali ini Big Hit Entertainment memasukkan unsur modern sekaligus tradisonal lewat MV Daechwita selaku title track mixtape.

MV ini, kita akan disuguhi berbagai tempat yang mengambil latar era Joseon karena kata Daechwita yang dipilih sebagai single utama memiliki arti yang merujuk pada genre musik tradisional asal Korea Selatan di mana instrumen angin dan perkusi digunakan untuk memainkan musik bernuansa militer.

Seperti MV BTS yang lain, MV yang diambil dengan angle kamera yang unik ini benar-benar dapat memanjakan mata kita layaknya sebuah film lewat kesan unik dan megah pada setiap properti tradisionalnya.

Baca Juga: Dari GD hingga Suga, Ini 10 Idol yang Berkolaborasi dengan IU!

4. Menampilkan sisi badass Suga dalam dua sosok

Badass Maksimal, Ini 6 Fakta Unik dari Mixtape D-2 Milik Suga BTSYoutube.com/Big Hit Labels

Seperti yang telah disinggung di poin sebelumnya, Daechwita merupakan lagu gabungan antara dua musik, lebih tepatnya yakni musik tradisional dan rap intens. Lagu tersebut membuktikan bahwa kemampuan nge-rap yang dimiliki oleh Suga patut diapresiasi.

Selaras dengan nuansa lagunya, Suga yang sering dijuluki ARMY sebagai Eminem-nya Korea pun kali ini tampil dalam dua sosok, yaitu seorang raja dari kerajaan Joseon dan manusia biasa yang berasal dari zaman modern.

Meskipun disampaikan lewat dua sosok, gaya nge-rap Suga lewat lagu ini ternyata justru tampak lebih garang dan powerful dari lagu Agust D dan Give it to Me dalam mixtape Agust D, lho.

Suga mengaku bahwa mixtape ini seperti peralihan dari mixtape pertama karena di mixtape Agust D ia menceritakan tentang kisah-kisahnya yang kelam (salah satunya yaitu momen di mana Suga pernah mengalami depresi berat) sedangkan di mixtape D-2 ia lebih menitikberatkan pada bagaimana kehidupannya yang semakin dewasa di usia 28 tahun.

Siap-siap saja untuk merasa gemas sebab di sini Suga tak hanya menampilkan gaya bernyanyi rap yang sangat swag tetapi juga kebolehannya dalam bermain pedang!

5. Mempunyai plot twist yang bikin pusing

Badass Maksimal, Ini 6 Fakta Unik dari Mixtape D-2 Milik Suga BTSTwitter.com/BigHitEnt

Bukan Big Hit Entertainment namanya jika tidak bisa membuat para penggemar pusing akan teori-teori lagu artisnya. Dalam hal ini, ARMY dibuat bertanya-tanya mengapa Big Hit selalu membuat kisah yang sambung-menyambung pada setiap lagu dan semua itu ternyata sudah dispoiler oleh Big Hit sendiri sejak jauh-jauh hari tanpa ARMY sadari.

Demikian pula yang terjadi pada mixtape terbaru Suga. Seolah bertujuan untuk mengecoh dan meski bukan album grup, teaser yang ditampilkan untuk mixtape ini rupanya sempat dikira ARMY sebagai sejenis countdown karena menyebutkan hitungan mundur mulai dari D-7, D-6, hingga D-3 sebelum akhirnya menggunakan D-2 untuk tajuk mixtape.

Selain itu, ARMY juga baru bisa yakin bahwa mixtape tersebut akan segera dirilis karena mereka menemukan kesamaan antara profil terbaru di Apple Music yang menggunakan foto Suga dan foto teaser yang telah dibagikan oleh Big Hit Entertainment. Gak tanggung-tanggung, akibat antusiasme yang besar dari ARMY, tagar #AGUSTD2ISCOMING sampai menjadi trending topic nih!

6. Ada Jin dan Jungkook yang muncul sebagai cameo!

Badass Maksimal, Ini 6 Fakta Unik dari Mixtape D-2 Milik Suga BTSYoutube.com/Big Hit Labels

Satu lagi fakta menarik dari mixtape D-2 milik Suga adalah munculnya Jin dan Jungkook di MV title track-nya. Apabila di MV Agust D dan Give it to Me hanya terdapat scene Suga secara solo, maka kali ini suasananya lebih ramai dan menegangkan.

Jin dan Jungkook yang notabenenya adalah rekan segrup Suga di BTS muncul sebagai rakyat Joseon yang tidak sengaja bertabrakan dengan Suga di MV Daechwita. Keduanya sukses membuat ARMY terhibur sebab hubungan Tom and Jerry masih saja mereka perlihatkan lewat MV tersebut walau dalam durasi yang sangat singkat.

Itulah enam fakta mixtape D-2. Jika kamu ingin mendengar keseluruhan tracks-nya, kamu dapat mendownloadnya secara gratis lewat Google Drive dan Dropbox. Tonton juga MV-nya berikut jika kamu tidak sempat menontonnya kemarin!

https://www.youtube.com/embed/qGjAWJ2zWWI

Baca Juga: 10 Potret Suga BTS dengan Outfit Antimainstream, Cute Banget!

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya